‘Full Metal Panic! Fight! Who Dares Wins’ Detilkan Sistem Gameplay

January 31, 2018 2:28 pm
‘Full Metal Panic! Fight! Who Dares Wins’ Detilkan Sistem Gameplay

Bandai Namco telah merilis informasi terbaru dari “Full Metal Panic! Fight! Who Dares Wins.” Informasi yang dirilis kali ini mendetilkan gameplay-nya.

Tactical Map

Dalam Full Metal Panic! Fight! Who Dares Wins, pertarungan antara Arm Slave akan terjadi bagian pertarungan bernama Tactical Map. Setiap peta akan menghadirkan area pertarungan yang muncul di seri Full Metal Panic! Tidak hanya di tengah kota, pertarungan juga akan terjadi di dekat Jindai Municipal High School dan di kota Asia Tenggara bernama Namusaku.

Full Metal Panic! Fight! Who Dares Wins tidak menghadirkan sistem turn-based, tetapi menggunakan sistem action order. Kalian bisa mengganti senjata sambil bergerak hanya dengan 1 tombol saja. Tetapi tentunya kalian masih bisa memilih senjata sebelum pertarungan dimulai.

Screenshot di bawah memperlihatkan gauge di bagian bawah layar yang memperlihatkan action order. Dengan ini, kalian bisa melihat dengan jelas Arm Slave mana yang akan melakukan aksi berikutnya. Contohnya adalah jika Sousuke memilih “Wait,” maka…..

Action order akan berganti ke Mao. Perlu diperhatikan bahwa action order ditentukan oleh berbagai parameter seperti “load” dari Arm Slave dan juga Action Level dari operatornya. Tentunya aksi yang dilakukan seblelumnya juga akan mempengaruhi urutannya.

The Body of an Arm Slave

Tubuh dari Arm Slave dibagi menjadi 4 bagian: Badan, Kepala, Tangan, dan Kaki. Masing-masing bagian memiliki HP. Beberapa kondisi tertentu diperlukan untuk bisa menyerang bagian tubuh tertentu, contohnya skill atau senjata tertentu.

Berikut adalah detil dari masing-masing bagian tubuh:

  • Kepala: Jika HP habis, maka hit dan evasion akan berkurang drastis.
  • Badan: Jika HP habis, maka Arm Slave akan hancur.
  • Tangan: Jika HP habis, maka kekuatan serangan akan berkurang.
  • Kaki: Jika HP habis, maka jangka gerakan akan berkurang signifikan, dan kalian tidak bisa lagi naik ke wilayah yang lebih tinggi.

Selain itu, jika ada bagian yang hancur, ada juga senjata yang jadi tidak bisa digunakan.

Weapon Selection

Full Metal Panic! Fight! Who Dares Wins akan menghandirkan berbagai macam senjata. Senjata memiliki kemampuan yang berbeda-beda berdasarkan klasifikasinya, contohnya ada yang bisa khusus untuk menyerang bagian tubuh khusus atau memiliki serangan beruntun tapi akurasinya rendah.

Senjata yang dibawa bisa bebas dipilih sebelum misi dimulai. Namun selain adanya batas berat dan rasio bawaan akan mempengaruhi action order, jika total beratnya melebihi batas, action order-nya akan semakin telat. Memilih senjata yang sesuai dengan strategi kalian adalah kunci.

Character Strengthening

Dengan menggunakan OP (Operator Point), yang berupa resource yang digunakan oleh seluruh tim, kalian bisa mendapatkan skill baru untuk karakter.

Game ini menggunakan sistem skill tree dan skill level, dan agar bisa mendapatkan skill tertentu, kalian harus mendapatkan skill sebelumnya mencapai level tertentu.

Semakin tinggi level kalian, maka semakin efektif skill-nya. Namun tentunya OP yang diperlukan untuk meningkatkan skill-nya semakin banyak. Kalian bisa bebas menentukan apakah ini menggunakan OP untuk memperkuat 1 karakter saja atau memperkuat tim secara keseluruhan.

Tactical Support

Pada saat misi, kalian bisa mendapatkan bantuan dari kapal selam milik Mithril yaitu “Tuatha de Danaan.”

Untuk mendapatkan support, kalian harus memiliki skill “Support Request,” tetapi semua support command akan sangat bermanfaat. Terdapat “Attack Support “yang berupa serangan misil yang tidak bisa dihindari dan “Supply Support” yang akan menjatuhkan supply di koordinat yang telah ditentukan untuk memulihkan HP, amunisi, dan lainnya.

Tetapi terdapat juga misi yang membuat kalian tidak bisa memanggil support.

Full Metal Panic! Fight! Who Dares Wins akan rilis pada tanggal 31 Mei untuk PlayStation 4. Versi Asia yang dilengkapi dengan teks Inggris akan rilis di hari yang sama.

Sumber: Gematsu