Tes Sertifikasi Nasional Pengasuh Jepang Memberikan Soal yang Menyakitkan

February 5, 2018 1:56 pm
Tes Sertifikasi Nasional Pengasuh Jepang Memberikan Soal yang Menyakitkan

Jepang memiliki populasi manula yang sangat tinggi dan tentunya hal ini menyebabkan permintaan terhadap profesi pengasuh yang tinggi juga. Berhubung profesi ini wajib memiliki sertifikasi, tentunya sebuah tes diberikan untuk peminat.

Pengguna Twitter dengan handel @laughelper baru-baru ini mengungkap contoh pertanyaan ujian sertifikasi nasional untuk pengasuh di Jepang. Berhubung profesi ini berurusan dengan orang yang rentan dan juga usianya tidak panjang lagi, tentunya pertanyaan yang diberikan juga relevan dengan kasus yang akan sering mereka temui.



Terjemahan soal diatas adalah:

Nyonya A (97 tahun) tinggal untuk jangka panjang di panti jompo. Tubuhnya sudah melemah sampai dirinya sudah tidak dapat minum tanpa bantuan. Dia sering menggumamkan “Ah sudah saatnya aku pergi dari dunia ini”.

Pada suatu malam saat pengasuh memeriksa kondisinya, Nyonya A bangun dan dengan tenang mengatakan “Apakah ini saatnya aku pergi?”

Sebagai pengasuh tolong pilih jawaban yang tepat untuk diberikan:

1. Menganjurkannya untuk kembali tidur.
2. Pegang tangan Nyonya A dengan lembut.
3. Katakan bahwa dia tidak seharusnya berkata sepert itu.
4. Janjikan untuk menghubungi keluarga Nyonya A.
5. Segera diam-diam pergi dari kamar.

Netizen Twitter lain yang melihat pertanyaan yang berat ini tentunya memiliki berbagai respon:

“Mungkin nomor 2. Kok hujan ya?”
“Nggak ada jawaban yang salah. Tergantung kasus semuanya bisa saja benar”
“Sudah 17 tahun jadi pengasuh. Saya juga nggak tahu jawabannya”
“Nggak tau, pertanyaannya terlalu menyedihkan.”

Soal di atas memang rasanya tidak adil karena formatnya yang berupa pilihan menunjukkan kalau hanya ada satu jawaban yang benar, apalagi kasus ini seharusnya dijawab lewat esai. Seorang pengasuh yang sudah berpengalaman memberikan jawaban mereka saat berurusan dengan kasus ini:

“Saat hal ini terjadi, saya tersenyum pada mereka dan menjawab ‘Karena orang usia lanjut sedang banyak, surga sedang macet. Saat giliran Anda tiba anda akan dipanggil. Apaka surga sudah memanggil anda?”

“Saya belum yakin ini jawaban yang bagus, tapi beberapa dari mereka tersenyum dan mengangguk.”

Permintaan atas profesi ini akan terus naik saat populasi makin menua. Memang ini bukan profesi yang mudah, namun memberikan mereka yang waktunya sudah tidak panjang lagi kenyamanan adalah tindakan yang mulia.

Sumber: Soranews
Header: Pixiv