[JOI Spotlight] Kemono Enemies Edition

February 11, 2018 6:43 pm
[JOI Spotlight] Kemono Enemies Edition

Selamat datang di JOI Spotlight minggu ini, di mana gambar crossover yang paling saya nantikan dibuat juga. Seperti biasa kami akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang sudah tayang minggu ini.

Kokkoku 05

Kaptain

Kato yang udah di-hype bakal jadi anggota faksinya Majima, yang juga pengen ngelakuin hal gila; ditendang begitu aja dari Stasis. Nyeret monster stasis ke dunia nyata itu adalah plotpoint yang paling membuat saya tertarik sejauh ini. Melihat apa yang terjadi dengan keluarga Majima, tinggal masalah waktu saja sampai monster tambahan muncul dari anggota sekte yang kehabisan harapan juga.

Sesuai dugaan saya ada anggota sekte yang jadi tumbal eksperimen, dan saya bersyukur anggota yang paling nyebelin yang kepalanya dijadiin bola voli.

Fate/Extra Last Encore 02

Hakuno Getting Stabbed Count: 14

Kaptain

Opening walaupun saya demen dengan lagunya, animasinya cenderung nggak terlalu wah. Semoga saja ini seperti Monogatari dulu, di mana tiap arc akan mengubah animasinya.

Sesuai yang dikatakan Little Miss Roma Reigns, format grail war bulan adalah turnamen yang melibatkan 128 kontestan dan servant mereka. Kontestan harus ngelakuin fetch quest yang nyebelin memenuhi syarat masuk arena, mencari informasi lawan mereka, dan akhirnya bertarung di arena untuk maju ke lantai berikutnya. Hal ini terus dilakukan sampai hanya tinggal ada satu pasangan master-servant.

Cuma di timeline ini Holy Grail War udah selesai, whoops. Atau paling nggak mayoritas master (yang di timeline ini sekitar 400 lebih) udah nggak niat melakukannya. So yea, everything goes off the rails. Lucu juga sih ngeliat Nero yang eksposisinya jadi mubazir dan Hakuno yang nggak peduli dengannya. Memang timeloop itu kemungkinan besar adalah faktor utama dari pembentukan kepribadiannya, tapi perilakunya ini bener-bener kayak karakter new game plus yang udah males sama cerita dan karakter gamenya. I’m liking this guy a lot.

Saya naro itungan diatas karena kemungkinan besar Hakuno berkali-kali ditusuk bakal jadi running theme. Hakuno di anime ini jelas bukan tipe Master yang duduk di belakang, jadi mari kita lihat seberapa besar kekuatan yang dia dapat dari kebencian.

bukan_randy

Good grief, Shinji. You need to take good care of your neck, you know?

Sayangnya, tidak seperti Kaptain, sejauh ini saya masih belum bisa menyukai Hakuno. Biasanya saya tidak masalah dengan karakter pendiam/minim ekspresi, tapi Hakuno memakan banyak screentime dan belum menunjukkan apa peran, motivasi, dan kemampuannya selain jadi pincushion selama dua episode berturut-turut. Tokoh utama kedua dan pemakan banyak screentime setelahnya, Nero, terasa lebih mendingan, meski saya masih tetap kurang sreg dengan dialog di anime ini.

Saya yakin Drake masih menjadi servant utama Shinji dan akan nongol lagi di episode berikutnya, tapi itu juga membuat saya bertanya-tanya kenapa Nero tidak bisa merasakan keberadaannya sebagai sesama servant. Saya juga agak heran kenapa Shinji sama sekali tidak bereaksi saat melihat Hakuno. Maybe it’ll get answered on the next episode.

Dragon Ball Super 126

bukan_randy

Toppo saat ini sudah mencapai level god of destruction, yang mana berarti lebih kuat dari super saiyan blue dan bisa menahan bola semangat sekalipun. Saya bingung kenapa No. 17 dan Frieza merasa bisa melukainya dengan menimpuk puing-puing bebatuan.

Saya ingin bilang Jiren tampak out of character di sini, tapi setelah dipikir-pikir, dari dulu dia sama sekali tidak ada personality, jadi bisa dibilang ini malah jadi improvement(?)

Ryuuou no Oshigoto 05

Ai yang satu punya trance mode, Ai satunya lagi punya Geass

Etherlite

Satu Ai menang basic, yang satunya menang visi tapi kalah pede. Mengingat minggu kemarin Ginko bilang kalo (Hinatsuru) Ai jadi melemah, dengan adanya (Yashajin) Ai mestinya bisa berkembang. Also banyak scene Ginko yang dicut, which means animenya bakal full blown jadi anime lolicon.

Toji no Miko 06

Homeeeee Ruuuun!!!!!!!!!!!

Etherlite

I don’t know where to start, ‘Iowa’ waras yang bisa ‘Kongou’, elite guard yang too damn weak, udah pake doping juga masih kalah sama anak SMP, ato manggil taxi yang terlalu bullshit. Btw, Kaoru sempet ngomong ‘kalian pakai aradama untuk itu sih’, apakah artinya selain Nene yang jadi peliharaan, Mokusa pakai aradama juga untuk hal lain?

Sora yori mo Tooi Basho 06

Kaptain

Pertama, screw y’all for dissing Durian. Berhubung episode ini banyak menunjukkan kuartet kita baris, saya baru nyadar Hinata itu pendek banget. Pas dokumen vital ilang di jalan, saya agak kaget aja tim kita ini nggak ngecek tas masing-masing lebih dulu, pas ngeliat barang orang lain ilang biasanya saya reflex mikir “Barang gue ilang juga nggak ya?”, then again it’s Shirase.

Speaking of Shirase, saya kagum bukan karena dia yang menggunakan kepribadiannya yang keras kepala sebagai senjata untuk melawan kesantainnya Hinata, tapi karena dia masih aja bawa duit kas sejuta Yen walaupun dulu pernah jatoh. Buruan bikin akun bank mbak.

Killing Bites 05

Kaptain

Kecuali saya salah ngitung, tiap episode anime-nya itu makan 3 bab manga dan sedikit konten orisinal yang biasanya melibatkan si kelinci. Itu berarti Destroyal akan diadaptasi secara penuh berhubung di manga arc ini selesai di bab 30.

Itu berarti ada 1-2 episode yang kalau harapan saya terpenuhi, akan berupa setup untuk arc selanjutnya yang premisnya sangat menarik. Atau sayangnya anime ini akan menggunakan ending orisinal, so finger crossed.

Garo – Fury Road 17

Kaptain

Episode Sakuga. Bye sweet ass Muscle Car, bye Zaruba, hello new armor. Memang tim sword banyak kehilangan di episode ini, tapi sekarang Luke udah gabung dan party mereka akhirnya lengkap. Agak underwhelmed dengan mobil horror, tapi layangan horror-nya bagus aksi pertarungannya. Minigun punya Gina juga akhirnya kepake. Saya harap begitu invasi El Dorado dimulai perang semacam ini akan terjadi lagi.

Hakata Tonkotsu Ramen 05

Kaptain

Saya mulai ngerasa Murder Inc itu McDonald buat jasa pembunuh. Ngeliat manajemennya itu payah banget ngawasin pegawainya dan turnover pegawainya juga agaknya tinggi. Berhubung seri ini menggunakan Baseball sebagai motif utamanya, saya rasa si Ninja juga ujung-ujungnya bakal gabung dengan timnya.

Basilisk Ouka Ninpochou 05

Di episode ini ada trik visual sederhana yang cukup menarik, tapi juga ada satu scene di atas yang saya yakin tidak dibuat dengan tujuan agar penonton tertawa.

bukan_randy

Akhirnya legit ninja battle pertama di seri ini, meski sayangnya diselesaikan dengan “Hachirou/Gennosuke’s eyes solves everything.”

Dari preview episode berikutnya, nampaknya kita akan langsung loncat ke training montage dan timeskip hingga para tokoh utama menjadi dewasa. Meski saya cukup suka beberapa karakternya (kebanyakan karena desainnya), sejujurnya saya masih merasa kurang attached dengan para protagonis. Hachirou dan Hibiki sendiri sebagai kedua tokoh utama terdepan malah terasa paling sedikit peran & sifat selain “mereka reinkarnasi MC prekuelnya”.

Darling in the Franxx 05

bukan_randy

Dan tahu-tahu kita sudah sampai analogi STD. Well that escalated quickly.

Meski Hiro ditampilkan sudah menerima dan bisa mengendarai Strelizia bareng 02 di eps lalu, trope “grim reaper comrade” masih dijalankan dengan cukup meyakinkan dengan menunjukkan kalau masalah “orang yang jadi partner bareng 02 selama tiga kali bakal mati” itu bukan sekedar masalah kemampuan atau kurang hoki saja.

02 tampil cantik sekaligus menakutkan di episode ini. That whisper though.

Kaptain

Hiro dapet Dino-Herpes. Manajemen atas jelas tahu dengan kondisinya berhubung vital dari parasite itu terus diawasi dan pertarungan selanjutnya akan jadi pembuktian antara kutukan 02 atau Hiro yang benar-benar mampu menghadapi beban hubungan ini. Entah ceritanya bakal nekat ngebunuh Hiro atau ngasih perubahan permanen ke fisiknya. Saya prediksi dia bakal jadi Oni biru sebagai pasangan 02.

Pertanyaan Zorome soal Parasite dewasa itu sekali lagi mengungkap hal yang tidak mengenakkan. Jawabannya antara tingkat mortalitas yang sangat tinggi di kalangan Parasite atau mereka mahluk buatan yang punya tanggal kadaluwarsa dan cuma Tim Plant 13 saja yang nggak tahu tentang ini, jadi pertanyaan 02 tentang kemanusiaan itu ada dasarnya. Hiro sendiri juga ternyata memiliki reputasi positif dikalangan Parasite berkat “kemanusiaan” miliknya.

Seharusnya nggak ada yang kaget 02 itu punya pandangan yang kejam terhadap parasites lain. Kalau ternyata Hiro ternyata lebih lemah dari dugaannya dan mati, then so be it. Ruthlessness aside, jelas-jelas kata Ichigo itu melukai 02 kalau dia sampai hujan-hujanan semaleman dan pergi ke tempat dimana dia bertemu Hiro. Saya melihat perilaku 02 ini sebagai keinginan untuk menemukan pasangan yang pantas dan bukan karena ingin mencari orang bodoh yang bisa dihisap habis. Tawa 02 di akhir episode itu one of the most haunting scene from this season, dia seakan-akan menemukan seseorang yang mau diseret ke neraka bersama-sama.

Violet Evergarden 05

Kaptain

Di episode ini, setelah beberapa bulan kerja Violet mampu dipercaya untuk mengerjakan surat cinta untuk keluarga kerajaan di mana hasil pekerjaannya ini dapat menentukan takdir kedua negara dan dia melakukannya tanpa pengawasan diplomat dan kerajaan ini nggak punya semacam Artist-in-Residence untuk menulisnya. Violet, sang murderbot; adalah orang yang dipilih untuk tugas semacam ini. Apa saja tugas yang sebelumnya dia lakukan untuk mendapat reputasi tersebut tidak dijelaskan.

That is Awesome. Saya nggak keberatan dengan timeskip itu karena Violet akhirnya bisa terlibat kasus yang menarik. Episode yang akhirnya dipegang Naoko Yamada ini akhirnya meredam komplain saya dari episode sebelumnya. Worldbuilding ada, fokus cerita ke klien, Violet ga perlu ngasih paket eksposisi, nggak ada yang kaget dengan tangan Violet, konflik yang menarik, dan terungkap bahwa umur Violet baru 14 tahun. Singkatnya episode ini kualitas penceritaannya naik drastis.

Kamen Rider Build 21

bukan_randy

Holy crap, this episode.

Sesuai dugaan, anggota trio idiot mati (meski cuma mati satu ketimbang semuanya sekaligus) dan episode ini kembali menjadi episode heroic BSOD (lagi) untuk Sento, tapi saya tidak sangka eksekusinya bisa sebagus ini.

Mulai dari komposisi gambar, camerawork saat battle, keputusan untuk tidak memakai BGM di adegan-adegan pentingnya, dan juga acting dari aktor Sento sendiri benar-benar menjual seberapa pentingnya episode ini. Saya berikan standing ovation untuk sutradaranya.

Episode ini juga menunjukkan motivasi Master/Stalk kalau tujuan utama dia adalah memperkuat Sento (& mungkin juga Banjou) dengan membuat berbagai halangan untuk mereka. Entah ini dilakukan untuk suatu saat menghisap kekuatan mereka, atau mempersiapkan mereka terhadap “true villain” yang suatu saat akan muncul nanti.

Kamen Rider Build: Raising the Hazard Level – 7 Best Matches – Part 1

bukan_randy

Episode special Youtube ini menceritakan 1 minggu sebelum representative battle yang ditampilkan di akhir episode 21.

Ceritanya sepertinya canon dengan TV seriesnya, tapi tone ceritanya dan sifat Sento jauh lebih riang ketimbang di akhir 21. Di sini diceritakan kalau Sento sedang mengembangkan alat untuk bisa menetralisir efek Hazard Trigger, tapi mengingat episode berikutnya baru akan tayang di bulan Maret, saya rasa ini akan berujung pada form eksklusif di seri ini ketimbang menjadi background lore salah satu powerup yang nanti akan muncul di seri TV-nya.

Kamen Rider Build 22

bukan_randy

Directing dan tone-nya sama seperti 21 ketimbang lebih ringan seperti di 7 Best Match. Isinya juga penting, tapi sayangnya jumlah bad CG dan bad greenscreen di sini terlalu banyak hingga terkadang saya sampai tertawa di momen serius. Lagian kenapa maksa bikin arena yang butuh banyak greenscreen & CG begini sih? Ga ada peraturan ring out pula padahal sangat didesain untuk mengakomodasi peraturan itu.

Arc perang dengan Hokuto selesai, dan episode depan langsung dilanjutkan ke perang dengan Seito. Kamen Rider Rogue juga muncul sekilas. Di belakang kepala Rogue ada label barang pecah belah. Antara ini lawakan atau imply sesuatu (mungkin Rogue itu adalah Gentoku yang dicuci otak?).

Thunderbolt Fantasy – Sword of Life & Death

Kaptain

Film ini dibagi menjadi 3 bagian, prekuel untuk Sha dan menjelaskan kenapa dia punya reputasi seburuk itu, “recap” cerita season pertama dengan twist yang cukup menarik, dan preview dari para karakter yang akan hadir di season selanjutnya. Efeknya jauh lebih banter dan koreografi silatnya juga lebih kreatif, sebuah pencapaian yang hebat berhubung seri TV-nya dulu saja sudah hebat aksinya.

Jadi ya saya cukup hyped untuk musim selanjutnya. Level karakter season selanjutnya itu sama tinggi-nya dengan Shang, dan Shang sendiri masih menyimpan misteri karena ternyata dia diburu bukan karena harta yang dia bawa saja.

Fate/Grand Order

Sekarang siapa yang mesti dikasih gold fou?

Etherlite

Setelah kemarin bisa farming paku buat Ereshkigal (8/8/10, 65 paku di inventory), sekarang bisa farming gigi naga buat MHX (4/4/4) & Semiramis (7/6/7, 16 gigi naga di inventory). Terima kasih DW.

Ngga, saya ga dapet Ecchan. Cuma sekali bulk roll doang sih (dan dispook Ibaraki), tapi ga nyesel, karena dapet Ecchan = mesti cari 108 gigi naga lagi. Besides, daripada Ecchan juga saya lebih pilih simpen quartz untuk my old Nasuverse waifu: Ryougi Shiki.

NA Server

Kaptain

90 Mission kelar. Tinggal santai aja ngegebukin servant dan nunggu atap dibuka. Good event, Servant welfare bagus, grinding toko enak, cuma jujur aja kali ini itu gampang bagi saya karena udah punya Rhyme yang arguably Caster ofensif terbaik di NA gara-gara crit yang banter sama AOE NP yang lumayan gampang dispam.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Ada yang tahu apa itu Killing Bites? Saya nggak tahu karena si Hitomi nggak pernah bilang. Anyway, have this good ass MMD.

Header: Tom