[JOI Spotlight] Death by Glamour Edition

February 18, 2018 6:55 pm
[JOI Spotlight] Death by Glamour Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk minggu ini, di mana saya nggak bisa mikir kalimat pembuka yang bagus karena kebanyakan mikir soal Hellshake Yano. Seperti biasa para staf akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang sudah tayang Minggu ini.

Kokkoku 06

Kaptain

Episode boss battle. Takafumi itu beban untuk faksinya Juri, cuma ternyata bahayanya dia itu bukan dari kepribadian yang jelek, tapi dari “bakat” dia untuk manggil monster tanpa ngelanggar aturan. Posisinya berubah dari “nyebelin” ke “perlu di tendang keluar dari Stasis ASAP”.

Tsubasa saya rasa belum selesai perannya. Dia orang pertama yang ngebunuh manusia lain di stasis secara langsung. Berhubung nyuri “ubur-ubur” orang lain sesuatu yang bisa dilakukan di stasis, saya yakin ada karakter yang kekuatannya itu berhubungan dengan ini.

Dragon Ball Super 127

bukan_randy

Backstory Jiren akhirnya diceritakan saat kira-kira anime ini akan tamat dalam sebulan lagi…… dan Oh my God…

Orang tua Jiren dibunuh saat dia masih kecil, dan karena dia mau balas dendam, dia jadi latihan biar kuat. Udah gitu aja.

Seriously? Kekuatan terbesar di turnamen yang menentukan nasib begitu banyak universe yang diakui lebih kuat dari God of Destruction sekalipun ceritanya cuma begini? Saat dikira desain, sifat, dan kemampuan yang hambarnya bisa diselamatkan di akhir arc ini, kita malah dapat backstory yang ga kalah hambar dan klise begini? And why the hell does he have a problem exacting revenge on his parents murderer when he’s literally stronger than a God of Destruction?

Di seri yang berhasil memberikan lawan baru yang menarik seperti Hit dan Goku Black, rasanya sedih banget kalau musuh terakhirnya itu cuma “oh dia kuat”. Ya, masih ada beberapa episode lagi sebelum tamat, dan Frieza juga masih berkeliaran, tapi jujur saya sudah benar-benar ga banyak berharap.

Oh dan Android 17 mati biar Goku & Bezita bisa istirahat beberapa detik. Whelp.

Dragon Ball Super 128

bukan_randy

Sesuai judulnya yang spoiler, Bezita kalah, Goku kembali masuk Ultra Instinct. Itu saja inti eps ini.

Entah kenapa semua karakter berpikiran kalau Goku itu peserta dari universe 7 yang terakhir, padahal Frieza jelas-jelas belum muncul di bangku penonton. Kemungkinan tamatnya adalah Frieza diam-diam mengeliminasi Goku dan dia yang mendapatkan permintaan untuk Super Dragon Ball yang kemudian berujung ke satu movie.

Preview episode berikutnya menunjukkan kalau Goku akhirnya menguasai Ultra Instict dan kembali berubah wujud dengan rambut putih. Dengan ini sudah ada 4 form baru super saiya/powerup Goku di timeline Super (7 kalau menghitung super saiyan anger Trunks, upgrade super saiya blue Bezita, dan legendary super saiyan Kale & Kefla. 8 kalau menghitung super saiya rose Goku Black), dan sedihnya cukup banyak form tampil dengan prestasi minim atau malah tidak ada prestasi sama sekali.

Fate/Extra Last Encore 03

Kaptain

Nilai jual utama dari Last Encore adalah ini seri anime Fate yang kalau kita ikutin tiap minggu, kita nggak akan kena spoiler dari fans lain yang kelewat semangat dengan ceritanya. SE.RA.PH udah rusak sistemnya berkat Chakravartin, tapi setidaknya aturan arena yaitu “two master-servant pair enter (and their helper), one master-servant pair (and their helper) leave” masih berlaku, dan masalah utama tiap lantai nampaknya mencari master untuk dilawan.

Aksi episode ini jujur aja lemah. Segmen menarik seperti kekuatan Hakuno & Rin malah di-skip, duel servant ngelawan Rider yang udah usang juga nggak terlalu menarik, selain menunjukkan Hakuno itu nggak payah sebagai Master. Kita semua tahu identitas Drake, cuma saya nggak ngerasa tahu tentang identitasnya di sini itu relevan dengan kemampuan Nero untuk mengalahkannya akibat Drake sendiri yang baru jadi masalah di paruh akhir episode ini. Sebagai perbandingan aja, nyari tahu identitas lawan itu vital di gamenya karena informasi kemampuan mereka itu penting untuk memenuhi quest persyaratan duel (baca: story nggak bisa lanjut sebelum kalian tahu) dan tentunya agar pertarungannya lebih mudah.

Melihat minumannya, berapa banyak dari kalian yang mau bertaruh Rin itu Servant? Saya rasa dia bisa bertahan selama ini itu karena dia bukan manusia lagi. Antara dia itu 1. Master yang di-buff habis-habisan oleh servant seperti guru tertentu 2. Seperti yang bisa kalian lihat pada stiker di atas, servant yang bisa berubah bentuk 3. A certain useless goddess who rides motorcycle.

Terakhir, holy hell Master yang punya Servant yang reputasi utamanya itu “Pergi ke Bulan”, you really suck at this moon murderwar.

Sora yori mo Tooi Basho 07

Kaptain

Orientasi kapal. Saya demen dengan kondisi ekpedisi yang jelas-jelas ekonomis ini. Ekspedisi ini berjalan dengan kondisi yang kurang optimal, dan untuk memenuhi berbagai kekurangan tersebut anggota ekspedisi harus bisa berusaha lebih ekstra. Para anggota ekspedisi untungnya diberikan karakterisasi yang menarik jadi saya senang fokus ceritanya nanti nggak cuma di 4 heroine kita.

Sama seperti keempat heroine kita, para anggota ekspedisi pergi bukan karena itu adalah tugas mereka, melihat apa yang mereka tinggalkan untuk melakukan perjalanan ini mereka adalah orang-orang yang bersedia mati untuk bisa pergi ke Antartika. Saya penasaran usaha macam apa yang harus dilakukan di antartika agar ekpedisi ini tidak mubazir. Jelas ketua ekspedisi punya rencana yang lebih besar dibandingkan “foto-foto langit”

Garo – Vanishing Line 18

Kaptain

Episode istirahat. Sophie resmi jadi hacker party ini. Episode ini sebenarnya cuma ngulang semua yang sudah kita tahu soal El Dorado, pemerintahan dikuasai Horror, manusia dikirim buat jadi makanan, kakaknya Sophie terlibat dengan proyek kota, dan berbagai aspek jelas lainnya. Satu hal yang mengagumkan di episode ini tuh informan yang bisa-bisanya hidup sampai akhir walaupun ngoleksi banyak banget death flag.

Hakata Tonkotsu Ramens 06

Kaptain

Saya nggak akan kaget bila konflik akhir seri ini akan diselesaikan dengan pertandingan baseball. Saya nggak keberatan karena pendekatan “tim bisbol yang peduli satu sama lain, yang kerja di wetwork” itu sejauh ini cukup enak ditonton.

Killing Bites 06

Kaptain

COBRA CANNON. They did it the madman. Saya nggak tahu aturan penayangan apa yang dilompatin buat nunjukin adegan ini, mungkin ini karena konteksnya “edukasional”? Sure i guess.

Ryuuou no Oshigoto 06

Etherlite

I seriously don’t know what to discuss. Keika kesulitan naik ke tingkat pro uda dibahas ratusan kali. Lolicon scenes? Lebih banyak lagi. And no, saya ga mau bahas lawannya yang homo.

Toji no Miko 07

Etherlite

The last pieces have arrived. Development-nya sangat cliché sih, typical musuh kuat kena charm main protag (+Mai) jadi berbalik. Mengingat surveillence Origami family yang bisa menemukan Kanami & Miss eternally flat chested, ngirim mereka berdua ke markas Mokusa pakai mobil se-mencolok limousine itu kayaknya sebuah kesalahan yang fatal….

By the way, tadinya saya kira yang ketemu Kanami di mimpi itu OL di beberapa episode yang lalu, tapi taunya bukan, jadi siapa?

Darling in the Franxx 06

bukan_randy

Akhirnya 1 episode yang fokus ke battlenya. Di luar dugaan, squad 26 yang penampilannya seakan-akan bilang “we’re totally disposable mooks” ternyata bisa bertahan lebih baik dari dugaan.

Saya masih penasaran kenapa Hiro bisa sembuh dari dino-herpes begitu saja hanya dengan mental power (dan juga agak kecewa karena sembuh jadi biasa tanpa ada perubahan), tapi karena kejadiannya ada di ujung episode dan eksekusinya cukup bagus, saya bisa tunggu penjelasannya minggu depan.

Mungkin episode terbaik sejauh ini. Dengan ini bagian perkenalan & setup awal kurang lebih sudah selesai.

Kaptain

Akhir dari story arc pertama sekaligus episode title drop. Hiro yang motivasi awalnya itu melihat Strelizia sebagai metode bunuh diri sekarang punya alasan hidup lewat 02. Sekarang tinggal gimana aja dia bisa ngedidik 02 biar ga brengsek sama Parasites lain. Untuk kesembuhannya ini antara karena 1. Power of love heals everything 2. Badannya udah beradaptasi dengan kontaminasi 02 akibat Hiro yang melihat dirinya sebagai pasangan dan bukan algojo, jadi masih ada kesempatan wujud Hiro akan berubah.

Untuk stinger akhir tentang nama 9 Iota, ada teori kalau Parasite dengan nomor yang redundan akan dikasih alfabet semacam 9 alpha, 9 beta, dst. 9I kemungkinan besar adalah identitas asli salah satu Parasite berhubung kalau kode tersebut dibalik 180 derajat…

Pop Team Epic 07

Kaptain

Saya nggak peduli kalian ngikutin seri ini apa nggak, skit Hellshake Yano itu salah satu segmen komedi terbaik di musim ini. Go watch it.

Fate/Grand Order

Jujur saya lupa screenshot waktu dapet, bukan mau ngasih liat inventory

Etherlite

It’s a busy week for me: Pindahan, ngurus surat-surat, persiapan liburan, dan event Kara no Kyoukai. This is a 2 year old event, jadi dengan roster saya sekarang sangat mudah. Tapi event yang ngasih gold skillstone are always welcome.

Akankah event collaboration lainnya seperti Prisma Illya dan CCC diulang? Nugrahadi certainly hopes so, karena Kuronya bahkan ga bisa final ascend dan dia ga punya BB karena kesibukannya bikin dia ga sempet main waktu itu.

Trails of Cold Steel 2

Said the one dressing the most like hooker.

Kaptain

Where were we? Ah yes, Giant Robot Attack. Udah diwanti-wanti kalau Arts bakal dibuff & physical attack di nerf, so yea dinamika combatnya sekarang lebih menarik. Bahagia saya tempat yang navigasinya nyebelin kayak Nord udah dikasih fast travel dan setiap kelar quest biasanya dikasih pilihan untuk langsung balik.

Saya seneng dengan Dub-nya, emang karakter macem Millium (yang bajunya jadi “anak TK lagi jalan-jalan”) itu selalu aja turun kualitas dialognya saat jadi bahasa Inggris, tapi karakter pria macem Toval (yang di JP diperanin Sugita) dan Bleublanc itu bagus aktingnya.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Walaupun gamenya sudah menderita overexposure, Undertale itu RPG yang bagus dan saya bersyukur mainin game itu sebelum popularitasnya meledak. Begitu juga dengan album remix yang dihasilkannya: