[JOI Spotlight] Kearifan Lokal Edition

March 4, 2018 5:53 pm
[JOI Spotlight] Kearifan Lokal Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk bulan Maret ini. Jadi siapa saja yang ke Comifuro akhir minggu ini? Seperti minggu lalu beberapa staf masih berhalangan hadir jadi untuk beberapa Spotlight ke depan kami minta maaf bila impresi yang diberikan tidak sebanyak biasanya.

Kokkoku 08

Kaptain

Mungkin ini karena aplikasinya masih belum banyak, tapi kemampuan Majima buat ngelambatin waktu itu underwhelming banget. Saya seneng dengan Not-Toguro yang begitu ngedapetin wujud baru lebih tertarik dengan bereksperimen pada tubuh barunya itu daripada langsung full megalomania.

Kemungkinan besar si mbah bakal ditendang dari stasis, jadi ada risiko metode keluar dari stasis itu tinggal lewat metode menyakitkan Juri saja. Tentu saja ini akan menyebabkan dirinya jadi manusia terakhir di stasis.

Yorimoi 09

Neat detail: Bantal kursinya dihancurkan Gin saat menerima transmisi terakhir

Kaptain

Seri ini sudah berkali-kali menekankan bahwa ekspedisi ini sulit, pendanaan mereka pun terbatas, dan seharusnya saya tidak berlebihan kalau mengatakan bahwa mayoritas dari ekspedisi ini didanai oleh modal nekat. Temperamen ini bisa dimengerti begitu dijelaskan bahwa Jepang selaku negara yang kalah di perang dunia 2 tidak punya posisi tawar yang bagus dalam penetapan jalur ekspedisi. Walaupun sebenarnya penetapan itu lebih karena para pemenang (yang sumber dayanya lebih banyak) punya posisi yang lebih tinggi untuk dapat jatah rute yang lebih efektif, jadi menyebutnya bullying itu rasanya kurang tepat.

So challenge accepted. Semua teknologi dan kru yang berkumpul di episode ini adalah jawaban dari tantangan tersebut. Baik untuk orang-orang yang mencibir mereka, pendanaan yang minimalis, dan perjanjian yang memaksa mereka melalui jalur ini, in your face.

Seperti yang ditunjukkan gambar diatas, flashback dari ekspedisi gagal itu adalah salah satu momen anime terkuat dari semua seri yang saya tonton di musim ini. Begitu juga dengan Gin yang jadi “ayah” Shirase.

Garo – Vanishing Line 20

Kaptain

Protagonis yang masuk ke sebuah Utopia dan digoda oleh berbagai berkah di dalamnya namun langsung mikir “Tempat ini nggak beres banget” itu cukup langka. Saya seneng cuma butuh satu episode aja untuk Sophie agar dapet niat untuk membunuh kakaknya.

Martin sendiri jelas-jelas dimanipulasi, dan untuk final boss Garo jelas-jelas Horror di dalam cincinnnya yang akan mengambil peran tersebut. Dengan kembalinya Gina seharusnya 4 episode terakhir seri ini akan berfokus ke masing-masing bos Horror.

Hakata Tonkotsu Ramens 08

Kaptain

Komplain saya dari minggu lalu agak diredakan oleh Enokida yang paling nggak cukup melek untuk bisa sync dari alat lain. Lin sendiri badak banget daya tahannya, dugaan saya kalau Saito yang jadi body double Enokida ternyata salah, dan saya akui saya nggak nyampe mikir kalau the resident crossdresser itu tentu saja spesialis penyamaran.

Killing Bites 08

Kaptain

Eksposisi di awal episode itu terjemahan singkatnya adalah “Produksi dan keberadaan Therianthrope bakal diterima masyarakat umum”. Kalau kalian merasa ini adalah premis yang menarik untuk sebuah dunia dan kenapa ceritanya nggak mulai dari situ saja, tenang saja karena arc selanjutnya akan berfokus pada perkembangan tersebut. Season ini dan 30 bab awal manga-nya itu memang intro dari setting sebenarnya Killing Bites.

Sekarang saya penasaran sama keseharian sekolah yang nyekolahin manusia kayak Leo dan berandal di dalamnya bisa punya akses ke senjata api. Pantesan aja Eruza tumbuhnya ga beres.

Fate/Extra Last Encore 05

Kaptain

Hi Kotaro & Suzuka. Bye Kotaro & Suzuka. Saya melihat masalah utama Last Encore itu sama dengan masalah saya dengan seri Monogatari akhir-akhir ini, terlalu berat pada eksposisi dibandingkan dialog ataupun monolog yang berarti. Soal monolog akan saya jelaskan lebih detil di segmen Sangatsu no Lion di bawah.

Nero itu karakter yang vokal, tapi di sini dia nggak ada lawan bicara yang sepadan. Jadinya kita dapat karakter yang kerjaannya itu numpahin moto optimistis yang dasarnya sama sambil pose aneh-aneh. Hakuno yang menghadapi semua ini cuma bisa ngejawab “sure, i guess”. Karakter pendukung lain juga sejauh ini cuma bisa numpahin eksposisi secara sepihak.

Karena perannya sudah selesai saya mau ngasih sedikit penjelasan tentang latar belakang Dan. Terjemahan monolognya dia di awal episode itu “Tau gini dari awal mending jadi sniper aja daripada bimbang jadi kesatria”. Di sini dia balik jadi profesinya sebagai bos sniper Metal Gear Solid, jadi daripada dia berubah lebih tepatnya dia kembali metode yang dia tahu efektif.

Episode selanjutnya adalah The Best Crit Caster. Yang saya harap kualitasnya lebih bagusan karena surreal wonderland itu spesialisasinya Shaft.

Also Rani is dead. Meh.

Darling in the FranXX 08

bukan_randy

Episode terfavorit saya sejauh ini. Dimulai dari komedi, muka smug 02, animasi saat kejar-kejaran 02 dan Hiro, dan pembahasan mengenai ko-eksistensi cowok dan cewek.

Saya masih agak terpikir-pikir ucapan Kaptain minggu lalu soal “Ikuno itu gay”, yang mana juga sedikit di-hint di minggu ini. Nampaknya Mitsuru memang partner yang paling cocok untuk Ikuno karena mungkin hanya dia yang akan membiarkan Ikuno sendiri.

Lalu episode ini juga dapat ED baru, eh?

Kaptain

Seperti yang sudah ditekankan berbagai episode seri ini, Hiro jelas-jelas akan memberontak namun masih belum jelas bagaimana dia bisa melakukannya bila satu-satunya orang yang sepaham dengan dirinya itu sejauh ini baru 02. Dengan ditunjukkannya Dr. Franxx yang punya rencana tersendiri dengan Plant 13 tanpa sepengetahuan APES, nampaknya pasangan utama kita punya kesempatan.

Episode ini adalah langkah dari 02 yang sekarang pakai seragam pilot putih agar nggak terlalu brengsek dengan Parasites lainnya. Saya rasa pelajaran yang dia dan para Parasites lainnya akan pelajari dari penghuni sebelumnya adalah “A short life is still a life worth living”. Melihat komentar Hachi dan Nana antara pubertas itu adalah sesuatu yang jarang terjadi atau kebanyakan Parasites mati sebelum mencapai pubertas, which is messed up.

Melihat pertarungan di awal episode, saya jadi semakin ngeliat tim ini sebagai Party Monster Hunter. Tentu aja yang pake Lance itu yang paling overpowered.

Sangatsu no Lion 39

Kaptain

Sama seperti season sebelumnya, arc penutup musim adalah “old people being miserable” lagi. Seperti yang sudah saya tulis di Last Encore di atas, Sangatsu no Lion walaupun memang berat di monolog diberkahi dengan berbagai karakter menarik yang punya suara monolog tersendiri, dan Yanagihara punya “Petarung yang dihantui harapan mereka yang sudah kalah” sebagai tema utamanya.

Arc Kawamoto kemarin saya akui lebih dramatis, namun pertandingan gelar Kishou kali ini memiliki imagery yang saya jauh lebih demen.

Pop Team Epic 09

Kaptain

Gag utama kali ini masih nggak sebagus Hellshake kemarin, but holy hell that’s a damned good punchline untuk sebuah sketsa yang awalnya itu parodi film John Hughes.

Dragon Ball Super 129

bukan_randy

1 eps cuma untuk nunjukkin powerup Goku ke Mastered Ultra Instinct. Jangan lupa kalau Frieza masih belum tereliminasi.

Saiki Kusuo no Psi-nan S2 06

bukan_randy

Setelah sekian lama, saya baru sadar kalau Saiko itu rambutnya persis rambutnya Kishibe Rohan.

Kamen Rider Build 24-25

bukan_randy

Sepertinya plester luka di muka Sento bakalan permanen selama Sento belum dapat upgrade dari Hazard form, yang mana sepertinya bakal muncul di eps 26.

Meski situasinya lagi-lagi mencekam, saya cukup senang melihat bagaimana mereka masih bisa memasukkan beberapa lawak di episode ini. That line from Grease though…

“‘Paan sih, dasar udang goreng.”
“Emangnya udang goreng jeleknya di mana?”
“Ga jelek, tapi gwa pingin celupin elo ke saus.”

Sekian JOI Spotlight kali ini. Apabila kalian merasa impresi mingguan rubrik ini kurang atau ada episode seri yang kalian rasa butuh mendapat sorotan, kalian bisa menuliskan impresi kalian sendiri di bawah, do give it a try.

Header: Cessa Lafalika. Hello, i know you’re reading this.