[Event] Songful Days Report

March 12, 2018 6:42 pm
[Event] Songful Days Report

Pada tanggal 3 Maret kemarin, JOI mengikuti acara acoustic live khusus anisong “Songful Days” bersama dengan artis-artis anisong yang pasti kalian kenal: Kalafina, May’n dan Chihara Minori di stadium Ryogoku Kokugikan yang umumnya dipakai sebagai arena sumo.

Photo by Taiyo Kazama @zamax69

Acara dibuka dengan pertunjukan Yoshinaga Mana memainkan instrumen tradisional jepang, Koto, membawakan lagu-lagu seperti Kimi no Shiranai Monogatari dan Tougetsu-Kyou.

photo by Azusa Takada @takadaadoosa

May’n yang baru saja selesai melakukan tour acoustic tampak sangat siap dengan aransemen akustik kali ini. Terutama deretan Northern Cross, Diamond Crevasse, serta OP kedua Mahou Tsukai no Yome: You terdengar sangat luar biasa. May’n sendiri dengan lantang menyanyikan sebaris lagu tanpa microphone di arena yang tenang karena memang penggunaan penlight dan otagei dilarang pada event kali ini.

Setlist May’n:
1. Moshimo Kimi ga Negau no Nara
2. Re:REMEMBER
3. Kyou ni Koiiro
4. Diamond Crevasse
5. Northern Cross
6. You
7. Shine a Light

photo by Azusa Takada @takadaadoosa

Setelah 10 menit break yang sangat diperlukan para penonton yang perlu ke kamar mandi, acara dilanjutkan oleh Chihara Minori. Minori sendiri memilih lagu-lagu yang cukup mengejutkan, karena sebagian besar lagu-lagu yang dibawakan memiliki tempo yang sangat cepat. Tapi saya cukup senang mengingat lagu favorit saya: Paradise Lost dinyanyikan dengan aransemen akustik.

Setlist Chihara Minori
1. Aitakatta Sora
2. SELF PRODUCER
3. Mukai Kaze ni Utarenagara
4. PRECIOUS ONE
5. Kyoukai no Kanata
6. Paradise Lost
7. purest note ~Atatakai Oto

Chihara Minori sendiri sebelumnya pernah melakukan Christmas Live di Kokugikan, waktu itu ada kejadian menarik dimana Chihara Minori jatuh ke dalam lubang di stage, untung berhasil mendarat dengan selamat tanpa cedera sedikit pun.

Photo by Taiyo Kazama @zamax69

Yang terakhir adalah yang paling saya nantikan, Kalafina. Elegan dan berkelas, trio Hikaru, Wakana & Keiko melantunkan lagu-lagu mereka dengan indah. Dimulai dengan Hyakka Ryouran yang sangat passionate, dilanjutkan dengan lagu-lagu yang disesuaikan untuk menyambut musim semi dengan I have a dream, storia dan Hikari no Senritsu sebelum dilanjutkan dengan Ending Madoka: Mirai, theme song Kara no Kyoukai Mirai Fukuin: Alleluia, dan diakhiri dengan theme song Fate/Stay Night Unlimited Blade Works: ring your bell.

Saya senang ada lagu Kara no Kyoukai yang dinyanyikan, mengingat tahun lalu adalah peringatan 20 tahun novel Kara no Kyoukai. Saya ingin mendengarkan lagu-lagu favorit saya dari Kara no Kyoukai seperti Kizuato dan Snow Falling tapi mendengarkan Alleluia live juga sulit untuk dilupakan.

Setlist Kalafina
1. Hyakka Ryouran.
2. I have a dream
3. storia
4. Hikari no Senritsu
5. Mirai
6. Alleluia
7. Ring Your Bell

photo by Azusa Takada @takadaadoosa

Waktu terasa sangat cepat, tanpa terasa pertunjukan sudah selesai, Chihara Minori dan May’n kembali hadir ke panggung menemani Kalafina untuk memberikan salam. Saat semua orang mengira kalau sudah mencapai penghujung acara, mereka justru melantunkan satu lagu lagi, kali ini kolaborasi mereka berlima menyanyikan lagu yang sangat nostalgic: Lia – Tori no Uta. It was seriously good.

Photo by Taiyo Kazama @zamax69

Kami tidak memiliki cukup waktu untuk mewawancarai para artis yang tampil malam itu, tapi kami berhasil meminta tolong SPICE untuk meminta pesan dari Kalafina:

Wakana: Kepada para fans Kalafina di Indonesia, yang menurut image yang kami tangkap sangat passionate, terima kasih karena kalian selalu menyambut Kalafina dengan hangat. Saya sangat senang kalian yang mau mendengarkan lagu-lagu kami, dan mohon cintanya bagi lagu-lagu kami di masa yang akan datang.

Hikaru: Saya ingin bertemu dengan kalian, waktu kami menyebrangi lautan untuk menemui kalian, saya dapat merasakan semangat kalian sampai sekarang dan saya ingin lebih banyak lagi jadi untuk sekarang saya akan berjuang di Jepang. Mohon dukungannya lagi di masa depan.

Keiko: Saya masih mengingat waktu sebelumnya datang bertiga ke Indonesia, bertemu dengan fans-fans yang menggebu-gebu memberikan dukungan yang masih terus saya ingat sampai sekarang. Terima kasih karena kalian telah mencintai lagu-lagu Kalafina lebih besar dari kami mencintai lagu-lagu kami, dan itu membuat kami bisa berkarya sampai sejauh ini. Kami berdoa semoga lagu-lagu Kalafina dapat terus mencapai sisi kalian. Terima Kasih.

Special thank you to SPICE for having JOI at this beautiful live. Semoga kami dapat hadir kembali pada acara-acara yang akan datang.

Saya juga dapat oleh-oleh kecil dari Kalafina!