[Event] Fate/Grand Order Winter Festival 2018 Hiroshima Event Report

March 13, 2018 3:32 pm
[Event] Fate/Grand Order Winter Festival 2018 Hiroshima Event Report

Setelah setahun bertapa sambil mengabdi bagi nusa dan bangsa di kota terpencil, akhirnya bisa jalan-jalan lagi. Kali ini JOI datang ke Fate/Grand Order Winter Festival 2018!

Tentu ada art baru dari Riyo khusus untuk leg Hiroshima! Tapi berbeda dengan leg-leg lainnya, kali ini tidak ada yang disiksa oleh gudako.

Leg ke 3 dari 4 venue ini diisi dengan berbagai macam atraksi dan talk show, mulai dari Mashu VR trial (mungkin ada yang sudah main di PS VR masing-masing?), kigurumi demon pillar gudako, mashu & saber a’la Riyo, Pharaoh’s Throne dan masih banyak lagi. Tapi inti acara yang akan banyak kita bahas kali ini adalah talkshow dengan para kreator dan bintang tamu yang hadir.

Memang character-character versi Riyo ini tidak ragu untuk melakukan kekerasan.

Ga dapet Iron Throne, Pharaoh Throne pun jadi

Pameran senjata para servant pun turut menghiasi FGO Winter Fes ini, selain bendera Jeanne & Jeanne Alter ada Excalibur & Avalon, Aestus Estus, Ea, Gae Bolg, dan Staff Da Vinci.

Selain itu ada gallery menunjukkan Fate/Extella Link, F/GO Arcade, dan beberapa goods yang dapat kamu preorder dari Aniplex Plus.

Ada yang sudah preorder limited edition Fate/Extella Link?

Plushie Musashi lucu banget

Looks a lot better than Saber’s, but I’m holding on for Scathach version. Also it’d be a lot better if it’s automatic

Creators’ Talk

Creators’ Talk dibuka dengan topik membahas beberapa event terakhir, dimulai dari event mandi bareng Setsubun, yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan harus memberikan istirahat kepada servant yang baru dipakai.

Dilanjutkan event valentine yang tanpa diduga menghadirkan Semiramis. Shiokawa membahas perkembangan valentine event dari 2016 dimana hanya servant perempuan yang akan memberikan chocolate, lanjut 2017 dimana kita bisa memberikan coklat kepada servant laki-laki, dan 2018 dengan sistem surprise dan lock-on choco, yang diimplementasikan karena jumlah servant yang sudah sangat banyak, hingga mempersulit para user bila masih memakai sistem tahun sebelumnya.

Kalau kalian bingung itu kantong kertas gudako dari mana, jawabannya dari event 1 tahun F/GO di Cina.

Buster Ishikawa: Surprise choco pertama yang kamu dapatkan adalah takdir, saya dapat Tamamo Cat
Shiokawa: Saya dapat…. Spartacus…

Collaboration Kara no Kyoukai Revival event yang tiba-tiba muncul karena banyak permintaan yang muncul. Awalnya mereka takut event ini sudah obsolete karena orang-orang yang dulu sudah pernah main yang pertama harusnya sudah punya roster servant yang lebih mumpuni sekarang. Jadi untuk memberikan bumbu yang baru, sekarang mereka menambahkan Asagami Fujino sebagai servant baru Touko & Azaka mana?

Creators’ Talk kali ini mengundang staff delight works yang bertugas membuat Gainen Reisou atau yang kita kenal sebagai Craft Essence. Katou Takashi telah bertanggung jawab dalam produksi lebih dari 400++ CE out of 600++ available CE, dan telah bekerjasama dengan lebih dari 200 illustrator. Event seperti valentine itu sangat berat untuk mereka karena setiap servant dapat 1 CE coklat.

Proses pembuatan selembar CE memakan waktu 1-2 bulan, mulai dari pembuatan konsep, menentukan siapa illustrator yang akan dipakai, pembuatan proposal, rough sketch, coloring dan final draft, finishing (membuat thumbnail, etc.), dan diakhiri dengan memberikan keterangan (siapa disini yang baca text di CE? Di area FGO Fes sendiri yang mengangkat tangan hanya sedikit). Seluruh proses diatas memerlukan supervisi dan approval dari Nasu Kinoko dan Takeuchi Takashi.

Ini adalah CE yang paling dikenang oleh masing-masing staff:

Buster Ishikawa: Anniversary Heroines. Karena ini CE yang memerlukan kerjasama dari beberapa illustrator sekaligus.

Shiokawa: Semua CE Kara no Kyoukai. Karena ini termasuk pekerjaannya yang paling awal, dan salah satu yang paling berat karena ini event kolaborasi yang pertama.

Katou: Knights of Marines. Karena CE ini dibuat sebelum Camelot, jadi dia dan illustratornya harus mengira-ngira seperti apa sifat dari para knights of the round table.

MC: Joint Recital. Karena Pada real event FGO yang diadakan tidak lama setelah CE ini muncul, Ookubo Rumi (Seiyuu Eli) tampil di stage dengan kostum yang didesign mirip dengan kostum di CE ini. Jangan tanya kenapa Sakura Tange ga pake kostum yang sama juga.

Illustrasi yang dipakai untuk FGO Winter Festival ini memiliki beberapa rahasia, yaitu di bagian bawahnya terdapat beberapa landmark yang ada di dekat lokasi-lokasi FGO Winter Festival kali ini. Dari kiri ke kanan: Convention Center, Itsukushima Shrine, Himeji Castle, Yume Messe.

Selain itu ada beberapa illustrasi CE yang mengandung rahasia, seperti CE Holmes dan Moriarty yang serupa tapi saling berlawanan, dan design CE coklat Saber Maid Alter yang memiliki text khusus.

Bagi para pemilik Maid Alter, apa kamu sadar ada detail ini? Memang kalau tidak dizoom sedekat ini mungkin tidak terbaca.

Kabar baik dari Shiokawa: Mereka akan mengimplementasikan zoom function untuk melihat detail-detail dari CE pada update yang akan datang.

Apakah kamu mengisi user questionnaire kemarin? Kali ini mereka membuka sedikit data menarik yang mereka peroleh!

Gender

Ada sedikit pergeseran rasio laki-laki dan perempuan disini dibanding 2 angket sebelumnya, dengan bertambahnya jumlah pemain perempuan. Yang saya ga paham itu fluktuasi pada pemain gender Astolfo.

Kapan dan dimana kamu bermain FGO?

Ini didominasi dengan bermain saat sedang santai di rumah, diikuti dengan sebelum tidur, dan setelah bangun pagi. Shiokawa lebih sering bermain di rumah, Buster Ishikawa paling suka bermain di WC (Penganut mitos gacha di WC dapat SSR?), sementara Katou biasa bermain saat sedang commuting.

Apa yang berikutnya kamu harapkan dari FGO?

TV ANIME, yes Aniplex, please take note of this. No, First Order aja ga cukup.

Pertanyaan yang dikumpulkan dari website FGO Winter Fes

Pertanyaan pertama: Servant dari friend points mana yang pantas dijadikan level max terlebih dahulu? Mereka mengambil data jumlah servant *3 kebawah yang paling banyak dijadikan level max dari seluruh pemain.

3. Euryale. Ya, male killer, poor man’s Orion ini juga sering saya pakai, charm dari NP dan skill, ditambah reducing NP bar musuh sangat berguna.

2. Cu Chulainn. Seberapa sering kamu diselamatkan oleh Cu? Saya sendiri jarang pakai karena punya Cu Alter, tapi untuk costnya dia sangat efektif.

1. Arash. STELLAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

Berikut top 10 ranking FP servant yang paling sering dinaikkan jadi max level:

Hans, Kiyohime, Robin Hood, Medea, Ushiwakamaru, Medusa, Spartacus. Ada servant *3 kebawah lain yang bisa kamu rekomendasikan? Saya yakin Signum akan memilih David.

Pertanyaan kedua: Tahun ini servant cowok dapat swimsuit tidak?! Sebenarnya ga usah cowok, tapi paling tidak servant-servant dari F/SN kalo bisa dapat swimsuit….

Shiokawa: will be considered.

Pertanyaan ketiga: Ranking seluruh CE yang pantas dinaikkan sampai level max.

3. Golden Sumo ~Rocky Area~

2. Gankyou

1. Hakai

Ada diantara kalian yang tidak paham mengapa no. 1-2nya seperti itu?

Sekian acara Creator’s Talk Shownya, berikutnya kita masuk ke acara Guest Talk Show! Mohon maaf karena kami dari media dilarang untuk mengambil foto atau video selama acara Guest talk show, foto yang ditampilkan hanyalah foto-foto yang diberikan panitia.

Guest Talk

Guest talk show kali ini mengundang Ueda Kana (Ereshkigal, Ishtar) dan Tanaka Minami (Nitocris).

Seperti halnya creator’s talk, guest talk dibuka dengan melihat kembali beberapa event yang lalu. Ueda Kana dan Tanaka Minami berhasil menyelesaikan seluruh 200 lantai event setsubun. Seperti saya, Ueda Kana tadinya memakai 6 servant sekaligus karena bond expnya cukup besar, namun karena jadi cepat kehabisan servant yang dapat digunakan, akhirnya pakai 3 per lantai. Sementara Tanaka Minami ngebut! Karena rasanya setiap kali mau berhenti, rasanya masih bisa lanjut 1 lantai lagi… dan akhirnya 200 lantai selesai dalam waktu 2 hari!

Pada event Valentine, mereka kaget karena mendadak keluar Semiramis. Tanaka Minami sendiri sangat suka dengan line Semiramis bila kamu membuka menu untuk menukar surprise/lock on choco untuk servant wanita, selain itu pigeon reportnya juga lucu-lucu dan sangat menarik untuk dibaca satu per satu. Coklat favoritnya adalah coklat dari Abigail. Di sisi lain… Ueda Kana selesai eventnya, tapi karena selama event ia sedang sibuk dengan pekerjaan di luar negeri, akhirnya dia lupa menukar coklat-coklatnya….

Event Kara no Kyoukai Revival buat mereka sangat mudah, terutama beberapa mission seperti leveling Shiki atau bond level Shiki yang tentu sudah kelar dari event Kara no Kyoukai sebelumnya. Ueda Kana tidak gacha untuk Asagami Fujino karena sedang menyimpan Quartz untuk ditarik sambil duduk di Pharaoh Throne di FGO Winter Fes.

Topik berikutnya adalah Mars or Afterlife. Basically mereka berdua diberikan pilihan dan mereka harus memilih 1 bersama-sama.

1. Gilgamesh atau Ozymandias? Dengan berat hati, Ueda Kana mengalah kepada Tanaka Minami dan menerima Ozy, tapi kalau Gil Caster dia akan memakai haknya sebagai senpai untuk pilih Gil.

2. Pengalaman traumatis mana yang kamu pilih? Arash human cannonball atau Skyhigh Launcher bersama Ishtar? Mereka memilih Arash, karena kalau pilih Ishtar, setelah selesai pasti Ishtar akan ngajak lagi.

3. Pengen tinggal bersama siapa?
A. Kiyohime, Serenity, Raikou
B. Tamamo no Mae, Emiya, Passion Lip
C. Jack, Nursery Rhyme, Jeanne Alter Santa Lily

Mereka pilih B, karena Tanaka Minami sangat menyukai Lip dan sangat berterimakasih pada Tamamo Cat yang membantunya melalui awal-awal FGO. Sementara Ueda Kana hanya butuh Emiya, she doesn’t need anyone else.

Topik berikutnya adalah mereka memberikan pernyataan kepada para hadirin, yang menang adalah bila hanya ada 1 orang yang mengangkat tangan.

Tanaka Minami: Cu lancer lv 100 skill max! *ada belasan orang mengangkat tangan* Senang karena banyak sesama pecinta Cu.

Ueda Kana: Ereshkigal, Ishtar, Ishtar rider all NP5 lv100 skill max! *ga ada satupun, menurut lu gampang ya cari 216 paku?*

Karena ga ada yang angkat tangan, Ueda Kana ganti pertanyaan, kali ini mitos yang beberapa kali dilihat di twitter: sekali bulk roll dapat 3 servant *5! Ada 7 orang yang angkat tangan, termasuk saya.

My Osakabehime bulk roll

Ueda Kana: Uh, masih banyak ya, kalau dapat 4 ada ga? *1 orang angkat tangan*
Ueda Kana: Habis itu kamu ga kecelakaan atau kena nasib sial lain kan?

Topik berikutnya adalah Fate/Grand Order new game information, kali ini Shiokawa sebagai creative director dan Ikami sebagai director untuk FGO Arcade naik ke panggung.

Fate/Grand Order Arcade akan rilis di Jepang bulan July 2018, dengan beberapa location test mulai dari bulan April. Ada 20 servant yang akan hadir pada awal mula, dan masing-masing akan memiliki 4 jenis kartu sesuai dengan tingkat ascensionnya.

Mereka juga menampilkan 3D modelling dari beberapa karaker seperti Emiya dan Cu caster. Tanaka Minami sangat cinta dengan Cu, sampai-sampai tidak responsif meskipun dipanggil selama Cu Caster ada di layar.

Dari game utamanya sendiri yang diumumkan hanya 12.000.000 download campaign yang pada saat kalian membaca artikel ini akan segera berakhir, dan acara ini ditutup dengan CE white day Karna: Gateau Au Chocolat.

Acara terakhir dari FGO Winter Fes Hiroshima ini adalah Highest Damage Challenge, menggunakan stage free quest Quavering Sacred Mountain pada node Mount Ahvāz di Babylonia. Pemenangnya menggunakan Kintoki Rider dengan damage total mencapai 2.8jt. Sayang saya tidak mengikuti dari awal jadi saya tidak tahu apa saja character yang dia gunakan, selain Kintoki Rider lv 100 skill max.

Sekian laporan real event FGO kali ini. Saya ga bisa foto dengan Tanaka Minami, Ueda Kana atau Shiokawa, tapi paling tidak saya bisa foto bareng Buster Ishikawa