[JOI Spotlight] Homework is Over Edition

March 18, 2018 6:56 pm
[JOI Spotlight] Homework is Over Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk Minggu ini. Dimana saya menyarankan untuk mengurangi ndengerin musik lofi hip-hop. Sama seperti minggu sebelumnya kami akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang kami saksikan baru-baru ini.

ReLife 222 (End)

Etherlite

Brilliant twist in the end. Kind of hoping Kariu & Ohga to remember him, but it’s good enough as it is.

Kokkoku 10

Kaptain

That gone much better than i though. Rencana Takafumi juga untung langsung gagal total. Adegan di akhir episode antara mengajarkan Sagawa kalau kepercayaan dia itu omong kosong atau membuat dia sadar betapa mudahnya mengendalikan orang. Money on the latter. Jujur saja kualitas produksi anime ini terus turun sejak pertengahan musim penayangannya dan hal ini membuat nilai kepuasan saya turun secara keseluruhan. Hal ini membuat saya khawatir dengan Golden Kamui musim depan yang produksi animasinya akan lebih berat.

Yorimoi 11

Kaptain

Things Shirashe bad at: Orasi, perencanaan, daya tarik seksual

Things Shirashe flipping invincible at: lompat tali, mahjong, telling people to piss off.

Sama seperti arc Hina di Sangatsu no Lion musim ini, kasus bullying Hinata tidak diselesaikan dengan sekedar memaafkan kesalahan. Mantan teman Hinata punya banyak kesempatan untuk minta maaf sebelum stream yang ditayangkan untuk umum (sehingga menyudutkan Hinata) di Antartika dilakukan, and they didn’t. So screw em.

Saya seneng dengan santainya disebutin kalau Shirashe itu anaknya Gin & Takako. The power of lesbian mahjong strikes again. Peta rute yang ditunjukkan di episode ini kemungkinan menunjukkan titik dimana Takako menghilang sekaligus titik akhir perjalanan Shirase.

Fate/Extra Last Encore 07

Kaptain

Oke, Demi-Servant sekarang adalah faktor dari cerita ini. Ho boy. Rada kecewa aja peran Rhyme itu cuma sebatas mempertahankan ilusi level ini. Namun berkatnya kita jadi dapat konflik yang benar-benar fokus ke Alice saja. “Hakuno” berhasil memenuhi janjinya dan Alice bisa menerima kalau ending hidupnya itu bukan akhir yang bahagia.

Masih ada 2-3 Floor Master lagi dan Command Seal udah mau abis. Lantai berikutnya adalah Servant favorit saya dari Extra, saya harap class barunya dia untuk anime ini nggak ngebuat dia jadi ngebosenin.

Killing Bites 10

Kaptain

Berbeda dengan kontestan lainnya, Hitomi itu therianthrope “alami”. Di flashback latar belakangnya Shidoh bukan ngeliat dia sebagai “anak”, tapi sebagai spesimen yang luar biasa menarik, which is refreshing untuk karakter “ayah” seperti dirinya.

Dan ya, Yoko freakout above didn’t disappoint.

Garo – Vanishing Line 22

Kaptain

Oke, Sophie yang ngedorong Martin jadi horror dikonfirmasi memang bagian dari rencana. Jujur aja selain Knight para boss yang akan dilawan itu dikit banget sejarahnya dengan party-nya Sword, yang ngebuat stake emosional konflik akhir ini nggak terlalu wah.

Speaking of underwhelming, Zaruba. I like our motorcycle buddy, tapi baliknya dia ke party Sword itu kayak nggak ada impact emosionalnya.

Hakata Tonkotsu Ramens 10

Kaptain

Jadi itu setup untuk arc terakhir musim ini. Hancurkan organisasi yang eksklusif merupakan faksi antagonis dan bunuh pasangan lama Lin biar dia bisa balik ke suaminya tanpa penyesalan. Memang motivasi minggatnya Lin itu baunya kayak “kita butuh konflik antar karakter yang selama ini adem ayem buat klimaks yang dramatis”, tapi sejauh ini eksekusinya lumayan.

Sangatsu no Lion 41

Swole Rei is something that i never knew i need

Kaptain

Penutup sebenarnya dari arc Hina. Kucing di seri ini pada merengek minta makan sementara anjingnya terus minta mai dan perhatian, good on you Umino. Kecuali saya salah arc penutup musim ini seharusnya “Shinigami”, yang jujur aja bukan klimaks yang bagus amat. Jadi saya prediksi tuh arc bakal dilompatin.

Pop Team Epic 11

Kaptain

In which Hoshiiro Girldrop jadi anime Jun Maeda. Kirain Nana Mizuki bakal dihemat buat epidode terakhir tapi udah langsung dipake aja. Berhubung nih seri tergolong rajin dibuatin video react, segmen keduanya was a gloriously dickish move. Paranormal Activity rilisan Jepang memang dapet bonus segmen sejenis dari sutradara/aktor Junji Inagawa, dan segmen ini tuh parodi bonus itu.

Darling in the Franxx 10

Sekarang 02 punya kualifikasi buat masuk Killing Bites

Kaptain

Jadi itu maksudnya 02 kalau kotanya mati. Penduduk sipilnya juga sama-sama rusak dan jelas bukan mahluk yang sama dengan para Parasites. Si nenek yang seharusnya cuma penduduk sipil juga anehnya punya data vital untuk prajurit khusus seperti Zorome, jadi nampaknya perannya masih belum selesai.

Jadi dari informasi episode ini mengenai lingkungan Plant yang sangat steril, penduduk yang butuh magma untuk jantung mereka, dan informasi yang sangat mendukung bahwa para Parasites itu umurnya pendek, saya prediksi institusi yang ada ini didominasi oleh orang-orang yang menghancurkan dunia agar umurnya bisa tetap panjang. Lingkungan yang steril itu antara para penduduknya yang luar biasa rapuh atau para parasites merupakan manusia buatan yang didesain untuk lebih kebal dengan virus dari luar, namun hal ini membuat umur mereka lebih pendek

Dragon Ball Super 130

bukan_randy

Loh, kirain tamat di sini, ternyata masih lanjut episode depan. Ternyata sekalipun Ultra Instinct-nya sudah dikuasai, Goku masih tetap bisa kehabisan tenaga di form ini, bahkan feedback-nya lebih parah dibanding ketika kehabisan tenaga di Ultra Instinct biasa.

Mazinger Infinity

bukan_randy

Sebuah fanservice untuk penggemar seri Mazinger (dan juga pemain seri SRW). Ceritanya (yang mana sepertinya sengaja dibuat mudah untuk diintegrasikan ke SRW) cukup sederhana, kurang lebih terasa seperti “episode spesial” yang dibuat untuk merayakan anniversary sekian tahun sebuah seri. Bahkan penjelasan kenapa pasukan Mechanical Beast muncul kembali itu bisa diringkas menjadi:

“Lu semua bukannya udah pada mati?!”

“Enggak kok.”

Fanservice yang ada di sini adalah ditunjukkannya karakter-karakter yang cukup lebih berumur setelah cerita Mazinger Z & Great Mazinger, penampilan semua (beneran semua) jurus yang dimiliki oleh Mazinger Z & Great Mazinger, dan penampilan semua musuh Mazinger Z (yes, including Satan Claus).

Satu hal yang menurut saya kurang adalah pemilihan seiyuu baru yang menggantikan para seiyuu yang sudah mengisi Kouji dkk sejak seri Shin Mazinger Z yang juga tampil di SRW belakangan ini. Meski secara teknis suara Morikubo Showtaro lebih mirip dengan suara klasik Kouji, saya merasa suara teriakannya kalah keren dibanding Akabane Kenji yang di tahun lalu menunjukkan perkembangan yang sangat bagus saat mengisi Kouji di SRW V. Dr. Hell yang diisi oleh Unshou Ishizuka (Joseph Joestar JJBA Stardust Crusader) terasa terlalu baik. Keluhan utama saya adalah Tetsuya yang diisi oleh Toshihiko Seki, yang di mana selain nada suaranya terlalu tinggi, suaranya benar-benar persis sama dengan saat dia mengisi Rau Leu Creuset di Gundam SEED.

Kamen Rider Build 26

bukan_randy

Jadi ga cuma plot spy-nya dipakai dua kali, pelakunya ternyata juga orang yang sama. Kesannya ini cerita dibuat dadakan tanpa perencanaan, karena makna peran Sawa semenjak pertama kali ketahuan kalau adalah spy itu jadi nggak jelas.

Perban luka di muka Sento dkk akhirnya hilang, tapi tone episodenya juga terasa rada aneh kayak adegan yang harusnya bukan lawak malah jadi lawak. Kayaknya sutradara episode ini beda dari sebelum-sebelumnya.

Fate/Grand Order

Etherlite

Asli saya ngincer CE Shishou doang.

Last week…

NA Server

America is pretty damn great. Penggunaan karakternya jauh lebih mendingan dibandingkan London kemarin dan ngebuat saya minat buat ngedapetin mereka just from the strength of their character alone. Except Fionn, screw him.

Satu hal yang paling saya hargai dari cerita kali ini selain Nightingale who never stops being awesome itu adalah kebanyakan karakter sadar kalau party Chaldea udah 4 kali ngalamin krisis kayak gini. Makanya dikit banget dialog yang sifatnya “Oh tidak, dia luar biasa kuat dan tidak punya satupun kelemahan” walaupun tuh musuh dengan gampang digilas gameplay wise.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Sudah liat fanworks yang sangat nangkep esensi dari PTE? Have a gander below: