[JOI Spotlight] Aurora Australis Edition

March 25, 2018 7:29 pm
[JOI Spotlight] Aurora Australis Edition

Ya. Tentu kalian boleh melihat JOI Spotlight terakhir untuk bulan Maret 2018 ini. Kita sudah mendekati akhir dari musim ini, jadi tentunya impresi para staf kali ini juga akan memberikan berbagai impresi akhir untuk seri yang sudah tayang.

Kokkoku 11

Kaptain

Akhirnya Takafumi ditendang keluar. Dari pengalaman saya semua cerita yang akhir ceritanya melibatkan proses kelahiran yang nggak normal itu selalu ngebawa malapetaka. Sagawa bukan ancaman lagi, cuma sekarang masalahnya itu apakah wujud barunya ini akan tetap di stasis atau dibawa ke dunia nyata.

Fate/Extra Last Encore 08

Kaptain

Lantai 4 dilompatin begitu aja, okay then. Bye Vlad/Arc and your dumb boring/dumb yet fun master. Seperti yang saya takutkan kemarin sayangnya Li full jadi Berserker, so no Bajiquan master being snippy. Satu lagi Demi Servant muncul dan saya rasa saya akan kecewa bila mengharapkan penjelasan selain “fanservice”. Rin yang awalnya ngeliat Gae Bolg sebagai aksi darurat sekarang langsung spamming perubahan dirinya begitu ada ancaman, which is fine I guess.

Dengan episode ini saya memberi anime ini vonis bahwa penontonnya perlu memainkan Extra terlebih dahulu. Untuk kalian yang tamat main gamenya seharusnya sudah nangkep motivasi dan latar belakang Twice melakukan semua ini, namun untuk kalian yang belum saya pesimis bisa nangkep karakter Twice selain “Yo, i’m the dweeb who done messed up. Whoops”.

The man known as Hakuno Kishinami sudah dikonfirmasi merupakan Avenger, atau setidaknya mahluk dengan konsep sama; dari Moon Cell, tepatnya kebencian dari para pemenang. Hakunon yang merupakan versi “asli” dari keduanya akhirnya kembali. On that note, dia yang nggak punya ekspresi lain selain “kinda upset” itu mulai ngeselin banget. Be paranoid, be snippy, be more aggressive, be more impatient with Nero & Rin nonsense. Konsep dari “personifikasi kebencian” ini jadi mubazir buat nih orang.

Yorimoi 12

Kaptain

Mari kita mulai dari satu hal yang saya nggak suka. Saya tahu anime itu punya mandat agar karakter menunjukkan wajah mereka sesering mungkin, but it’s motherflipping inland Arctic, mereka yang nggak ingin muka mereka retak dan mata jadi buta pake google atau semacamnya.

With that, masuk ke daging episode ini. Shirase tahu ibunya sudah mati, hanya saja dia belum bisa menerimanya. Alasan dia bimbang mengunjungi observatorium itu karena dia khawatir dia akhirnya harus menerima fakta tersebut dan merasa perasaannya tidak akan berubah setelah mengunjungi titik akhir perjalanannya. 1101 e-mail yang belum terbaca adalah bukti yang akhirnya membuat dirinya harus menerima kenyataan.

1 November itu ulang tahun Shirase. Angka yang sama untuk password laptop yang membunuh Takako dan jumlah email yang berisikan laporan harian Shirase. Sama saat menghitung satu juta yen miliknya, seluruh beban dari perjalanannya baru terasa sekarang dan semua ini disampaikan dengan sesedikit mungkin dialog.

Hakata Tonkotsu Ramens 11

After all this time. Lin harusnya cukup punya refleks buat nolak disentuh Enokida. Have one last spider spy.

Kaptain

Untuk seorang profesional, Red here was bad at one important thing: Selalu cek apakah lawan sudah benar-benar mati. Sudah di setup kalau orang yang nyari perkara dengan tim yang terbukti bisa meluluhlantahkan satu organisasi kriminal (+ organisasi yang dia khianati yang jelas mau balas dendam) ini akan digilas habis-habisan.

Garo – Vanishing Line 23

Kaptain

Sama seperti Episode 8 dulu, ini adalah episode yang walaupun kalian nggak ngikutin serinya, saya sarankan untuk coba menontonnya bila kalian ingin melihat animasi aksi yang sangat-sangat berkualitas. Rada kecewa aja bayaran dari konflik Queen cuma “Btw nih orang dulu Alchemist” abis itu mati dan Luke cuma bisa sekedar ngegores Knight doang dan Knight langsung pindah ke Sword. Cuma ya, pertarungan terakhir dengan Makai Knight yang membelot itu memang udah tradisi seri ini.

Killing Bites 11

Coming soon: Lion King in 3D

Kaptain

Episode ini sama sekali nggak ngejelasin Killing Bites itu apa, this should be illegal. The one with best somersault wins i guess? 

Yuru Camp 12 (End)

Kaptain

Pada dasarnya seri yang mengajarkan kemampuan praktis itu akan selalu saya beri nilai lebih. Yuru Camp is a kind show, sebuah adaptasi yang mencintai topik utama mereka dan dengan sukses membagikan kenapa mereka mencintai kegiatan ini. Untuk seri yang berfokus pada hobi ini adalah kesuksesan besar, dan melihat perkemahan sekitar Fuji jadi penuh saya rasa cukup wajar kalau saya melihat Yuru Camp sebagai seri tersukses musim ini. Ngebuat Otaku beli barang mahal itu wajar, ngebuat mereka jalan-jalan ke alam? That stuff was pure magic.

Pop Team Epic 12 (End)

Nice split second reference

Kaptain

Tokiomi & Kirei is in the house. Secara teknis merupakan satu episode penuh berkat Shouta Aoi biar paruh keduanya bisa dapet Happy Ending. Death Crimson itu kusoge dari Sega Saturn yang saking sampahnya game ini dapet dua sekuel, dan developer gamenya juga terlibat di episode ini.

Dengan berakhirnya produksi ini, saya rasa menyebutnya sebagai anime shitposting/meme anime itu terlalu reduktif. Banyak sekali energi kreatif dan talenta yang diseret untuk mengerjakan anime ini yang membuat Pop Team Epic menjadi one of a kind show. Satu lagi keunikannya juga adalah adaptasi ini tidak memiliki komite produksi, pendanaan sepenuhnya dari King Records yang diyakinkan prospek merchandise seri ini itu besar.

I say the experiment was a success. Untuk musim lanjutan sendiri juga saya tidak yakin berhubung sutradaranya juga mengaku sudah kapok mengerjakan seri ini.

Sangatsu no Lion 42

Kaptain

Pesan tentang duit kali ini cukup ngena. Hina yang walaupun masih SMP dipuji karena sadar kalau dia harus melek tentang kondisi keuangan keluarganya, tapi dia yang semangat dapet edukasi itu jauh kebih penting daripada hal tersebut. Klub sains juga akhirnya bisa nyambung dengan cerita secara keseluruhan.

Minggu depan dua episode akan ditayangin secara berturut-turut, so here’s hoping for a good closing arc.

Darling in the Franxx 11

Dari kiri ke kanan, Futoshi, Ikuno, Kokoro, Mitsuru

Kaptain

Episode yang menjawab pertanyaan “can we have a gay Franxx?” dan “Relasi Futoshi Kokoro bakal berapa lama tahan kayak gini?”. Untuk pertanyaan pertama secara teknis ya, saat testing ada pergerakan energi dari Ikuno dan Ichigo, cuma sayangnya nggak cukup buat melakukan koneksi. So good luck next time.

Untuk pertanyaan kedua, oh boy. Saya nggak nyangka Darlifra bisa menceritakan relationship drama seperti ini. Masalah Futoshi adalah dia mencintai Kokoro seperti fans yang “mencintai” idol mereka. Masalah Kokoro adalah dia terlalu takut untuk mengatakan tidak dan tidak nyaman dengan ekpektasi pasangannya yang ketinggian, makanya saat diberi kesempatan untuk “cerai” dia langsung loncat dari kapal. Seperti yang bisa kalian lihat di episodenya the breakup was messy.

Ikuno & Mitsuru pair confirmed gay. Mitsuru lebih kooperatif setelah dapet “We’re all shitty people Joel Mitsuru” dari Kokoro, Ikuno performanya secara mengejutkan tidak turun, bisa dibilang malah naik setelah ganti pasangan. Kokoro mendapatkan Stamen yang dia bisa dekati dengan jujur dan sadar akan kebusukan masing-masing. Futoshi dapat Pistil yang jauh lebih tegas dan saya harap bisa membuatnya menjadi orang yang lebih baik. Saya tidak menduga pilot swap semacam ini bisa terjadi seawal ini, but good on you Darlifra for this sort of development.

Untuk worldbuilding, sudah dikonfirmasi kalau reproduksi alami manusia tidak dilakukan lagi. Jadi prediksi kalau mayoritas staf pendukung dan Parasites itu manusia buatan itu cukup meyakinkan. Eksperimen tim 13 juga sudah membuahkan hasil dan sekali lagi, Hiro makin menjadi karakter yang semakin misterius. Saya yakin 02 yang menolak untuk membuka dirinya secara emosional akan jadi fokus episode, namun saya rasa fokus selanjutnya akan ke tim Chlorophytum yang baru, yang jelas perlu menyesuaikan diri dengan status baru mereka. These new duo deserve better.

Saiki Kusuo no Psi-nan season 2 8-10

Kitamura Eri as a psychic gal, that’s new.

bukan_randy

Sempat lupa seri ini masih tayang, maraton beberapa episode, dan tiap episode masih sukses bikin saya ngakak. Muncul karakter baru lagi, Aiura, seorang gal yang bisa meramal, melihat aura, dan juga merasa kalau Saiki adalah pasangan sejatinya. Awalnya saya nggak begitu senang dengan ditambahnya love interest ke Saiki, but turns out I actually like this character. Untungnya screentimenya juga jauh lebih banyak dibanding Rifuta yang dikenalkan di awal tapi abis itu ga pernah nongol lagi. Karakter Rifuta rada bentrok dengan Teruhashi dan lebih kurang likable sih.

Dragon Ball Super 131 (End)

bukan_randy

OH.MY.GOD.

Animasi buatan Yuya Takashi selalu menjadi highlight episode DBS jika ada di episode tersebut, dan seluruh adegan terakhir pertarungan ini dianimasikan olehnya, and it’s freaking amazing, if not the best animation in all of DB series.

Saya senang karena ceritanya tidak berakhir dengan Frieza cari kesempatan untuk jadi last man standing untuk build-up ke kemungkinan kalau movie nanti musuhnya adalah Frieza. Malah, justru Frieza akhirnya bekerja sama dengan sempurna bersama Goku.

Jujur saja di sepanjang arc universe survival tournament ini saya cukup sering merasa bosan atau bahkan kesal, tapi untungnya dua episode terakhir ini diakhiri dengan sangat meriah. Thank you Takashi, thank you Dragon Ball, sampai jumpa lagi di movienya.

Kamen Rider Build 27

bukan_randy

Oh okay, Sawa di-hint kalau dia itu lebih ke unwilling collaborator ketimbang murni spy. Form Rabbit Rabbit keren, tapi untung Kamen Rider Rogue mengikuti aturan pertarungan seri Kamen Rider di mana pertarungan tidak boleh dimulai sekuat mungkin (terserah Momotaros mau ngomong apa) dan memberikan kesempatan bagi Sento untuk berdialog dan memulai dengan form yang lebih lemah dahulu sebelum dihajar habis-habisan dengan Rabbit Rabbit. I like the artistic take on the dialogue though.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Untuk musim pertama tahun 2018 ini saya sudah banyak dikejutkan dengan banyaknya sleeper hit. Kalau kalian melihat artikel JOI baru-baru ini tentunya kalian bisa melihat berbagai seri klasik yang bangkit lagi, dan hal ini membuat saya agak khawatir musim kedepannya saya akan sulit menemukan seri yang bisa saya tonton dengan ekspektasi serendah mungkin.