[JOI Spotlight] End of Winter Season 2018 Edition

April 2, 2018 5:07 pm
[JOI Spotlight] End of Winter Season 2018 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight penutup untuk anime musim dingin ini. Memang masih ada seri yang berlanjut, namun mayoritas seri sudah menayangkan episode terakhirnya minggu lalu atau istirahat panjang sampai musim depan atau lewat format lain. Tentunya kami akan memberikan impresi akhir untuk seri yang baru-baru ini selesai.

Kokkoku 12 (End)

Kaptain

Literal Deus ex machina dari karakter yang muncul sekejap di episode pertama. Saya cukup menyukai Juri jadi saya nggak terlalu protes selama dia bisa kembali ke keluarganya yang sekarang nambah satu orang. Overall a weird yet interesting show, yang sayangnya kualitas produksinya nyeret kualitas ceritanya kebawah begitu masuk paruh akhirnya.

Saya nggak menyesal nonton anime ini, cuma bila ditanyakan saya akan lebih merekomendasikan manga-nya yang dijual juga oleh publikasi lokal.

Fate/Extra Last Encore 09

Kaptain

Saya jauh lebih ingin melihat latar belakang Hakunon dibandingkan Nero, setidaknya lebih dari yep you’re NPC. Visualisasi monolog khas Shaft akhirnya dipake dan saya sendiri yang udah burned out same Ms. Roma Reigns here cukup demen dengan penceritannya.

Jujur saja Hakuno stres karena merasa dirinya itu bukan manusia itu terasa hampa melihat mereka itu berada di perang bulan yang melibatkan banyak hantu yang sudah mati selama ribuan tahun, dan ini termasuk para masternya. “Manusia normal” lain yang bisa dijadiin perbandingan kemungkinan besar sudah habis.

Dan dengan itu Julius & Li dikalahin karena Hakuno, mahluk yang tercipta dari konsentrasi dendam para pemenang Moon Cell udah merasa enakan dengan dirinya sendiri dan Imperial Privelege is busted when the story wanted it to.

Also Rani is here, no one cares.

Mahou Shoujo Ore 01-02

What’s this?

Low tier idol kerja sambilan jadi pembantainya Yakuza Kyubey.

Kaptain

Manga-nya sendiri itu tambang emas reaction face serta humor absurd, dan untungnya adaptasi ini juga bagus untuk aspek tersebut. Agaknya nih anime bakal ngandalin jualan insert song, karena yang udah nongol di episodenya itu makan banyak banget waktu tayang. Saya juga agak khawatir konten orisinalnya apakah akan bisa nandingin konten dari manga-nya.

Yorimoi 13 (End)

Kaptain

That’s how you do an epilogue. Kalau ditanyakan seri apa yang paling saya rekomendasikan untuk anime musim dingin ini, Yorimoi adalah rekomendasi pertama saya. Apa kalian merasa seri yang tayang selama 13 episode ini terasa seperti dua cour? Itulah kekuatan dari editing yang bagus dan Yorimoi adalah seri dengan salah satu editing terbaik dari banyak anime yang pernah saya tonton. Ekspedisi ini berjalan selama 3 bulan, namun saya sama sekali tidak merasa ceritanya diburu-buru atau terlalu pelan. Tapi ya Yorimoi bisa efektif menyampaikan kegiatan Antartika mereka dengan menunjukkan aktivitas lain di openingnya.

Pidato Shirase tentang Antartika yang menelanjangi jiwa manusia itu cukup mirip dengan pemikiran saya tentang pola pikir manusia. Lingkungan yang sangat terbuka dan benar-benar bersih dari segalanya cenderung membuka pikiran orang di sana dengan berbagai inspirasi. Lingkungan seperti itu adalah sesuatu yang semakin jarang ada di planet ini dan komentar bahwa keempat heroine itu berubah selamanya karena datang ke sana itu cukup tepat. Keempat heroine kita ini butuh tempat seperti Antartika agar bisa mendapat jawaban dari beban mereka masing-masing.

Itulah Yorimoi, a story of frustrating, weird, and broken people. 4 orang yang akhirnya sukses datang ke Antartika karena mereka memiliki satu sama lain. Mereka berempat adalah resep utama dari seri ini karena berkat pengenalan yang sangat bagus di episode awalnya, saya jujur tidak peduli kemana mereka akan pergi karena saya tahu mereka akan bisa menghasilkan cerita dan interaksi yang menarik dimanapun mereka berada.

Namun, dengan lewat adegan terakhirnya mungkin anggota kelima bisa diterima. Teman terbaik ke selatan? Going north then.

Osomatsu-san S2 25 (End)

Kaptain

Saya rasa seri ini tidak sepopuler musim sebelumnya karena pangsa pasarnya sudah direbut seri komedi lain yang lebih segar. It’s more or less still the same show for better and worse dan sama dengan seri lain yang kuantitas episodenya sudah diatas 40, hypenya udah nggak tinggi lagi dan kebanyakan jadinya nonton secara kasual aja (baca: nggak diskusiin banyak-banyak tiap episodenya)

Killing Bites 12 (End)

Kaptain

Iya. Tujuan dari semua konspirasi ini itu agar furry bisa jadi mainstream, animal ear waifu & double cobra dick for everyone. Khusus untuk Yoko, Lion King in 3D for her. Bersama Futoshi kemarin Nomoto juga bisa duduk di kursi messiest breakup of the season. Saya langsung bocorin aja kalau tokoh utama arc berikutnya adalah Nomoto yang baru ini, hanya saja dia sekarang punya tim yang berisikan dua Therianthrope di atas.

Adaptasi anime Killing Bites ini adalah peningkatan yang berarti dari manga-nya. Budgetnya nggak memang nggak besar, namun stafnya sepenuhnya sadar dengan kekuatan dari seri ini: Violence, smut, dan pendidikan hewan, especially their mating habits. Tentunya budget utamanya dengan efektif dialokasikan di tiga hal tersebut. Pacing serta alokasi screentime (dimana Inaba jadi punya banyak) juga jauh lebih bagus dari manga-nya.

Seperti yang sudah saya ungkap di awal musim, Killing Bites adalah seri yang jujur dengan apa yang mereka tawarkan. You want Hyperviolence & smut, you get exactly that + animal factoid. Sayangnya masih belum cukup materi untuk season keduanya, jadi kita harus menunggu lebih lama sampai bisa tahu Killing Bites itu apa.

Hakata Tonkotsu Ramens 12 (End)

Kaptain

Seri yang saya awalnya punya ekpektasi nol, yang dengan tamatnya penayangan musim ini impresi saya beralih jadi “It was okay”. Walaupun di situs ini saya punya reputasi sebagai “Admin super edgy” saya paling nggak suka dengan seri yang cuma bisa ngandalin gore, edginess, & shock value sebagai sumber daya tarik emosionalnya. Untungnya walaupun seri ini demografi penduduknya dipenuhi pembunuh dan kriminal, tim utama kita ini cuma ingin ngumpul bareng dan main Baseball di Hakata. I really appreciate that.

Garo – Vanishing Line 24 (End)

Kaptain

Duel terakhir dengan Knight cuma formalitas. Oke kita memang dapet koreografi khas tokusatsu untuk terakhir kalinya namun saya akui lebih baik hal ini cepat diselesaikan agar karakter lainnya, bahkan yang perannya sangat kecil seperti si hacker; jadi dapat adegan perpisahan.

Setup buat movienya juga ada, mulai dari Luke yang resmi jadi Makai Knight, Sophie yang mulai jadi Makai Alchemist, dan Bishop yang entah sekarang di mana. Untung aja endingnya nolak buat ngasih adegan yang bittersweet, here’s Sword, you may start running at him at your leisure.

Secara keseluruhan Vanishing Line adalah anime 2 cour dengan 25% episode yang lemah, 50% episode yang cukup oke, dan sisanya adalah episode yang luar biasa bagus dan sekali lagi, kalaupun kalian tidak demen dengan seri ini, episode 8 dan 23 itu sangat bagus sinematografi dan koreografi aksinya bahkan tanpa konteks sekalipun.

Darling in the Franxx 12

Kaptain

Pada episode yang kembali lagi fokus ke pasangan utama, kita mulai dengan worldbuilding. Kita sudah tahu kalau situasi umat “manusia” seri ini memang tidak bagus, namun dengan dikumpulkannya semua Plant untuk satu misi besar, produksi Parasites yang lebih “mekanikal”, dan frekuensi Klaxosaur yang semakin meninggi, situasi nampaknya akan terus memburuk.

The woman previously known as 9 Iota is not doing well. Dari yang bisa saya simpulkan di episode ini perubahan Klaxosaur 02 pada umumnya bisa diredam dengan mentransfernya ke Stamen yang sebelum datangnya Hiro sudah ada ratusan yang mati akibat proses ini, cuma Hiro yang cukup tahan kontaminasi membuat perubahan 02 semakin cepat. Itulah kenapa 02 yang jelas-jelas membenci kondisinya sendiri sampai-sampai menghancurkan semua objek yang memantulkan wujudnya mengamuk saat Hiro mengaku mencintai kondisinya yang sekarang ini. He done messed up, tapi sekali lagi, ini adalah kesalahan yang masuk akal dibuat orang sepertinya.

Saya seneng dengan interaksi Ichigo dengan grup khusus APE karena dia sama sekali nggak punya toleransi dengan mereka. Ichigo tahu Hiro bisa bertahan dari perbuatan 02, hanya saja saya nggak yakin dia bisa nerima Hiro akan berubah menjadi mahluk seperti 02. Di episode selanjutnya semoga saja sudah jelas apa rahasia yang membuat Hiro harus dicuci otak.

Sangatsu no Lion 43-44 (End)

Kaptain

Jadi episode penutupnya adalah kombinasi antara kunjungan rumah Rei dan ujian masuk Hina, that’s one way to do it. Pada dasarnya progresi paling penting dari Rei di season kedua ini adalah dia berhenti melihat Shogi sebagai kayu apung agar dia tidak tenggelam. Sekarang ada orang-orang yang membutuhkan dirinya dan teman serta harta yang dihasilkan aktivitas Shogi akan membantunya mewujudkan hal tersebut.

Arc yang sangat saya nantikan di awal penayangannya seperti Bullying dan Burnt Field diadaptasi dengan sangat bagus. Semakin maju volume yang diadaptasi memang akan semakin banyak fokus kepada orang-orang selain Rei. Kalau season ketiga akan hadir, akhirnya akan ada satu konflik yang membuat Rei dan Keluarga Kawamoto bersatu, dan saya menantikan hari tersebut.

Girls und Panzer das Finale 01

Kaptain

Saya asumsi ini akibat kombinasi dari kelewat pede dan terlalu meremehkan lawan. Seperti biasa Oarai kemakan umpan lawan. Tahu tim musuhnya tersebar tapi nggak fokus serangan ke salah satu grup (Preferably the ARL-44) sambil ngeharass grup lainnya dan langsung aja nerkam umpan. Tahu penyebrangannya jembatan kayu tapi malah satu kolom penuh nyebrang barengan, kalau aja tim lawan pake HE pertarungan bisa langsung selesai.

Anyway, kali ini stakenya jauh lebih rendah, which is fine; dan nampaknya akan lebih berfokus tentang transisi ke generasi selanjutnya. Shark Team is pretty great, cuma aneh aja tim yang punya tema laut baru nongol sekarang. Mark IV yang notabene didesain saat pola pikir desain tank itu masih “kapal buat di darat” paling nggak pas dengan gimmick mereka.

Sekian JOI Spotlight kali ini yang maaf impresi akhirnya kurang banyak karena beberap staf sedang berhalangan. Jadi apakah kalian sudah menentukan Anime of the Season kalian? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: Ueyama Michirou