[JOI Spotlight] Starting Spring Season 2018 Edition

April 8, 2018 6:55 pm
[JOI Spotlight] Starting Spring Season 2018 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk anime musim semi 2018. Kali ini dengan banyaknya seri yang memulai musim tayangnya kami akan memberikan impresi awal untuk berbagai seri sekaligus memberikan premis dasar yang kami harap bisa membantu kalian memilih tontonan.

Uma Musume Pretty Derby 01-02

What’s this?

A show with isekai racing gambling idol high school mobage adaptation as a premise that somehow got executed mindblowingly well

Kaptain

Seperti yang bisa kalian bisa lihat lewat premis di atas, seri ini jelas-jelas didesain oleh komite dan bukan seseorang yang punya visi. Hanya saja eksekusi ceritanya pada 2 episode yang sudah tayang itu sangat bagus dan dipenuhi oleh karakter yang cukup likable, jadi anehnya saya tidak protes banyak.

Aspek Isekai di sini adalah kuda di sini itu berasal dari kuda pacuan Jepang yang sudah mati, yang entah kenapa mereka langsung jadi monster musume idol di sini. Cuma kalau dipikir-pikir siklus hidup idol dan kuda pacuan itu anehnya mirip.

Souten no Ken Regenesis 01

What wrong with your neeeeeck

What’s this?

Kenshiro Kasumi melawan pesilat lain yang menjelang kalah ternyata nggak jahat-jahat amat Kenshiro Kasumi melawan pesilat lain yang menjelang kalah ternyata nggak jahat-jahat amat Kenshiro Kasumi melawan pesilat lain yang menjelang kalah ternaaaaaaaaarrrrrgghhhh

Kaptain

Sekuel. Mulai dari bab 105 manga yang memunculkan beberapa karakter jauh lebih awal. Kali ini musuhnya bukan Hong Hua Hui lagi tapi Kuomintang & Nazi (long story). Adaptasi anime-nya dulu memang nggak bagus, tapi saya nggak ngerasa produksi Polygon kali ini adalah peningkatan yang berarti. Untuk kalian yang dulu ngikut anime-nya kemungkinan besar udah ngelanjutin manga-nya, dan untuk penonton atau pembaca baru saya sangat nggak ngerekomendasiin mulai nonton dari sini. A pretty bleh show.

Jujur saja Souten no Ken/Fist of the Blue Sky itu untuk seri Hokuto nggak terlalu menarik. Nilai jual nih seri tuh ngeliat leluhur atau versi muda karakter yang udah tua keriputan di era Hokuto no Ken nanti. Itu bukan premis yang menarik untuk nopang 22 volume manga.

Uchuu Senkan Tiramisu 01

What’s this?

Hidup di ruang angkasa itu ribet. Hidup di kokpit mecha jauh lebih ribet lagi. Lihat kehidupan seorang pilot makan makanan yang kebanyakan kremesnya dan cukup nekat buat ganti baju di tengah peperangan.

Kaptain

Sumber komedinya itu berasal dari pilot introvert yang mending repot di dalam kokpit mecha daripada berinteraksi dengan staf kapal lain. Cuma kondisi perang dan lingkungan yang tanpa gravitasi itu nggak kondusif untuk kehidupan yang nyaman. Durasi tayangnya pendek, tapi cukup sesuai untuk format dan eksekusi komedinya. Saya juga selalu demen dengan lagu tema yang neriakin judul serinya.

bukan_randy

Saya sempat kira seluruh screentime di anime ini akan terjadi di dalam kokpit. Ternyata nggak juga meski tetap memegang mayoritas screentime. Sejauh ini cukup kocak, meski saya berharap bisa ditingkatkan lagi ke depannya.

Tachibanakan to Lie Angle 01

What’s this?

Lesbian To-love-ru

Kaptain

Saat dibilang ini bakal jadi anime pendek, saya kira maksudnya tuh 15 menitan, bukan 3 menitan. Jadi di episode ini cuma setengah babnya aja yang kepake. It’s pretty bleh, durasi tayangnya ini saya rasa sangat nggak cukup buat ngasih cerita ataupun fanservice tanpa dirasa terburu-buru banget.

Legend of Galactic Heroes 01

What’s this?

The empire loves wine. The alliance loves whiskey, coffee, and sometimes red tea. Both at war with each other.

Kaptain

Untuk kalian yang masih belum nangkep setelah melihat perang episode ini, LOGH itu mengambil konsep “Napoleonic War in Space” sebagai dasar pertarungan mereka. Makanya pengepungan di medan perang yang semua orang bisa bergerak 3 dimensi itu bisa dilakukan dan magical ECM tech ada untuk mendukung hal tersebut. Sebenarnya dibandingin dengan perang dunia pertama juga bisa melihat banyaknya orang bego yang ga tahu tentang perang di rantai atas dan karir Reinhard yang mirip dengan Ludendorff, seorang bangsawan miskin yang reputasinya meroket akibat perang.

Berhubung kali ini mayoritas screentime dilahap sama Reinhard, episode selanjutnya harusnya fokus ke Yang. Overall a good start untuk salah satu space opera terbesar Jepang. Saya udah nerima desain baru karakternya walaupun kurang seneng aja soundtrack musik klasiknya nggak dipakai lagi.

Fate/Extra Last Encore 10

Kaptain

Sedikit penjelasan tentang pembagian rute Extra, akan ada poin dimana kalian harus memihak antara Rin atau Rani, dan karakter yang kalian tolong akan menjadi asisten, sementara yang kalian tinggal akan menjadi floor boss selanjutnya. Lantai ini merupakan adaptasi plotpoint tersebut.

Sayangnya penyelesaian konflik yang cuma “nolong yang kiri atau kanan?” itu lemah banget. Berantem dengan pihak lain yang aja nggak, udah gitu nggak mungkin si Rin yang bakal ditinggal. Because who the flip cares about Rani. “Tapi dia eksibionis”, flipping everyone can get naked.

Hakuno sekarang bisa pake Code Cast semua master yang ngebentuk dirinya, yang sayangnya cuma dipake buat kabur dan bukan buat nyebar bom kayak orang gila ataupun nge-stunlock servant musuh.

Gegege no Kitaro 01-02

What’s this?

Our favorite Youkai troubleshooter: Information age edition

Kaptain

Bagaimana kejadian supernatural terjadi di era informasi itu adalah salah satu konsep favorit saya. Di sini mahluk supernatural bisa tetap tersembunyi di era modern karena orang harus benar-benar percaya mereka ada sebelum bisa melihatnya. Masih menawarkan kejadian supernatural yang brutal, namun aman ditonton keluarga. Agar lebih kekinian tentu aja sumber perkaranya itu dari anime-Logan Paul.

Cukup nyaman ditonton untuk kalian yang sama sekali nggak tahu dengan seri sebelumnya. Saya prediksi bakal banyak yang minat dengan entri ini berkat wujud terbaru Neko Musume, saya akan kaget bila fanart musim ini nggak dipenuhin dirinya. Berhubung ini dibuat Toei, saya prediksi akan ada rasio 1:3 untuk episode yang bagus banget yang ngebuat episode lemah sisanya pantas dideritai

Megalo Box 01

What’s this?

Cyberpunk Ashita no Joe

Kaptain

Most stylish show of the season so far. Pengarahan visual serta penggunaan musiknya itu sangat memberikan seri ini kepribadian yang kental. Entah jalur ceritanya akan sama juga dengan seri sebelumnya atau tidak, namun saya cukup optimis Yuri bakalan jadi rival yang bersahabat untuk JD.

Gurazeni 01

What’s this?

Anime Moneyball

Kaptain

Anime baseball yang anehnya bukan anime olahraga, atau paling tidak menghindari sistem cerita anime olahraga pada umumnya. Seperti yang ditulis di premis, anime ini lebih fokus dengan metrik dan statistik serta kehidupan pemain profesional tingkat menengah sampai kebawah. Karir mereka umumnya pendek, nggak cuan, dan jarang bisa loncat ke karir lanjutan seperti pelatih atau spesialis lainnya, jadi mereka lebih fokus untuk mendapat cukup tabungan pensiun. Jadi animenya lebih seperti komedi kantor.

Premis dasar episode ini sudah membuat saya tertarik, cuma 3DCGnya ngeganggu banget. Cuma ya anime tipe “seri seinen yang nyaris nggak ada penontonnya” itu memang budgetnya nggak banyak dan sesuatu yang selalu muncul tiap musimnya.

Hinamatsuri 01

What’s this?

Yakuza got stuck with super powered girl with super brain problem.

Kaptain

Jelas pace cerita anime ini akan sangat diburu-buru agar semua karakter sentralnya bisa diperkenalkan. Episode pertamanya cukup oke, namun saya agak khawatir dengan bagaimana cerita untuk episode seterusnya akan dipilih karena tiap anak itu punya arc yang bagus yang saya nggak yakin semuanya bisa ditampung di satu musim. Sejauh ini nampaknya cerita animenya akan lebih fokus ke drama keluarga dibandingkan dengan komedi.

Hina anehnya nggak nyebelin seperti manga-nya. Ini ngasih saya perasaan yang campur aduk berhubung Hina itu kelakuannya luar biasa ngeselin, tapi ceritanya butuh bocah ngeselin macem dia biar motivasi Nitta yang pengen “ganti anak” lebih bisa dimengerti sekaligus bisa jadi kontras yang bagus untuk anak-anak bermasalah lainnya.

Persona 5 the Animation 01

What’s this?

Teenager gains ultimate power and wealth from fortune telling, train station juice, confusing miniboss, and hiring prostitute.

Kaptain

Format adaptasi game yang paling saya nggak suka, adaptasi ini adalah versi speedrun dari gamenya, jadi saya yang udah 2 kali namatin itu cukup males dengan anime ini. Paling saya bakal ngecek balik untuk ngeliat episode Confidant tertentu, yang di sini diberi petunjuk lebih awal seperti brosurnya Kawakami.

Darling in the Franxx 13

Kaptain

You know, seri ini yang nilai jual awalnya itu melibatkan sex robot & very horny girl sure are mellowed a lot setelah mendekati akhir cour pertamanya. Ini bukan kritik melihat sering meledaknya diskusi soal hubungan antar karakter (yang sayangnya jarang didiskusikan dengan kepala dingin) dan semakin terungkapnya kerusakan “manusia” dunia ini.

Kita semua seharusnya sudah tahu tentang masa lalu yang hilang dari Hiro, cuma saya sendiri nggak nyangka berapa banyak kepribadian 02 yang terpengaruh oleh tindakan Hiro seperti obsesinya menjilat orang (yang juga mengungkap Hiro itu dulu minum darah Klaxosaur) dan makan-makanan manis. 02 juga nggak butuh nama karena pada dasarnya dia sudah diberikan nama yang Hiro sendiri ternyata sebel nggak bisa ngeganti.

Hiro sekarang sudah menemukan dirinya yang jauh lebih asertif serta memiliki alasan yang sangat bagus untuk membenci institusi yang ada. Sekarang masalah utamanya selain “jangan kebunuh dinosaurus” adalah mencari cara untuk mendapatkan ending yang lebih baik dari cerita “Suwer bukan putri duyung” dan apakah Dr. Franxx bisa dipercaya. Karena walaupun rencana dia menghasilkan Parasite yang lebih manusiawi, dude is the resident immoral scientist.

bukan_randy

Setelah tempat tertunda menonton episode sebelumnya berbagai kesibukan dan keasyikkan main Vermintide, akhirnya saya sempat maraton eps 10-13, dan jujur saja saya heran kenapa hal yang sempat membuat ricuh orang-orang yang menonton dan terutama orang-orang yang nggak nonton Franxx itu ternyata sekedar salah fokus. Dasar generasi meme.

Untuk episode 13 sendiri… Saya merasa malu baru sadar sekarang kalau 002 bisa dibaca sebagai “oni.”

Sama seperti Kaptain, sangat menarik melihat bagaimana kebiasaan-kebiasaan 02 malah merupakan akibat dari tindakan Hiro di masa lalu yang terus dilakukan karena 02 sendiri sulit diatur berkat kekuatannya, ketimbang sekedar “Ooo, she’s sexy and playful!”

Saya juga penasaran apakah ke depannya Dr. Franxx akan memenuhi perannya sebagai “nenek sihir” dari buku cergam 02 hingga menjadi antagonis seri ini (mungkin beserta para Nines).

Gundam Build Diver 01

What’s this?

Dunia permainan gunpla di mana dunianya lebih seperti MMO ketimbang murni adu gunpla seperti di Build Fighters.

bukan_randy

Sejauh ini belum terasa seru atau menarik sama sekali. Terlalu banyak worldbuilding yang sayangnya disampaikan dengan cara yang terlalu menganggap penontonnya adalah anak-anak. Pembawaan berbagai macam setting yang kaku dan kekanak-kanakkan ini membuat saya teringat dengan Gunpla Builders Beginning G, dan saya harap seri ini tidak kembali turun ke tingkat seri yang satu itu.

Lucunya sejauh ini saya malah merasa paling simpati dengan Magee. Meski archetype “muscly okama” itu jauh dari tipe karakter yang saya sukai, saya bisa mengerti sudut pandangnya. Sebagai salah satu top player di game ini, dia masih peduli dengan masuknya player-player baru/casual untuk menjaga game ini tetap hidup, dan tentunya panik ketika newbie yang dia bimbing tiba-tiba disergap sama griefer hingga takut jangan-jangan para newbie ini malah ga mau main game ini lagi.

Kaptain

“Solar Ray tuh apa?” Saya yakin bakal ada anak kecil yang nanyain tuh quest diatas. Variasi questnya memang bikin saya agak optimistis dengan variasi konfliknya dibandingkan dengan musim sebelumnya, cuma saya rasa ngarepin “Pembersihan koloni” baik dengan gas atau drone sebagai misinya itu terlalu berlebihan.

Boku no Hero Academia 39

Kaptain

Recap musim sebelumnya, jadi musim ini belum benar-benar mulai. Demen dengan opening barunya dan cukup nggak sabar melihat duel dengan All for One nanti.

Amanchu! Advance 01

Etherlite

There’s nothing like a beautiful and peaceful Amano Kozue anime after a long and hard weekend.

Kamen Rider Build 28-29

bukan_randy

Kalau data form RabbitRabbit jatuh ke tangan Nanba Industries, harusnya nggak cuma Rogue, tapi Engine Bros dan juga Stalk harusnya jadi bisa nanganin RabbitRabbit, tapi kenyataannya nggak begitu.

Gimmick dialog/monolog dramatis di tengah battle tetap berlanjut di 28 dan juga 29 meski di 29 dilakukan tanpa menggunakan dialog sama sekali, and it was pretty cool. Potongan singkat di mana kamera menampilkan pandangan first person dari Grease cukup menarik meski masih kasar.

Episode 29 sendiri juga berlaku sebagai sedikit penekanan kalau Kazumi/Grease tetap berperan di cerita ini meski tidak dapat upgrade, yang mana terasa agak kasihan karena kira-kira sebentar lagi kelihatannya Banjou/Cross-Z akan dapat upgrade ke final formnya.

What an intro on 29. Siapa sangka saya bakal dengar Ode to Joy di dua media berbeda yang sama sekali tak berhubungan dalam jangka waktu kurang dari satu bulan. Rider with Mask is… WWWWOOOONNNNDDEEERRRRFFFUUULLLLLLLL.

Fate/Grand Order

Etherlite

Masih terlalu banyak misteri meliputi sistem lostbelt ini, apart from the fact (yang ga spoiler-spoiler amat) that para master dari team A cuma dikasi pilihan mau hidup tapi ngelawan chaldea atau mati tidur selamanya. Kadoc Zemlupus sebagai master lawan pertama sendiri cukup menarik dengan campuran hardworker dan inferiority complexnya.

Storynya sendiri bagus, namun akhirnya sangat berbeda dengan cerita-cerita sebelumnya, karena orang-orang dan dunia yang diselamatkan justru hilang.

NA Server

Kaptain

Dapet setelah 420 SQ. Booyah. Dapet juga Rama (yay), Atalanta (bleh), dan NP2 Herc. Sekarang tinggal nyetok buat Ruler Martha nanti.

God Eater Resonant OPS

bukan_randy

Whelp, gacha di game ini lebih kejam dari F/GO. Kalau di F/GO di dalam satu gacha pool ada karakter & CE (equipment), di GEREO ada God Eater (karakter), God Arc (equipment), & Divider (support). Belum lagi God Eater yang ada di gacha hanya *4 & *5, dengan rate masing2 adalah 4% & 1,5%. Alhasil, dari empat kali tarikan bulk, saya hanya pernah dapat satu karakter (untungnya Soma *5).

Dari memainkan story, kita memang mendapatkan karakter *3 gratis, tapi selain lebih lemah, atribut yang didapat juga tidak seimbang. Dari 3 atribut yang ada (sunder->crush->pierce), empat karakter *3 yang didapat dari story memiliki atribut 3 pierce & 1 crush.

Sistem melawan bossnya cukup menarik dan sedikit menangkap perasaan melawan boss aragami di game GE. Sayangnya sistem skill & support cooldown di sini seringkali berujung dengan 2-4 turn bengong ga ngapa-ngapain seandainya boss belum mati setelah ngeluarin semua skill, support, & burst ability.

Secara story pun terkesan lebih sederhana ketimbang God Eater Online, di mana sejauh yang saya mainkan (saya main hingga chapter 9 dari 11 chapter yang saat ini tersedia di game ini), sejauh ini konfliknya masih sekedar konflik kehidupan sehari-hari sebagai God Eater (inferiority complex, rescue, comrade distrust, etc). Mungkin konflik-konflik yang lebih berat disimpan untuk GE3.

Sejauh ini game ini terasa unbalanced dan minim konten. Saya tidak berani memberikan rekomendasi untuk game ini, tapi mengingat game ini membuat saya berhenti memainkan Master of Eternity yang jauh lebih kejam, sepertinya saya akan memainkan game ini setidaknya seminggu lagi. Tapi mengingat komunitas GE sendiri tidak minat mainin ini, kalau beneran abis ini masih lom ada event/update content lagi, saya rasa saya bisa langsung drop tanpa ragu dan menunggu GE3 saja.

That said, saya cukup senang melihat Erina tumbuh besar menjadi kapten tim di sini.

Maaf bila ada seri populer yang terlewat seperti Kapten Tsubasa karena kami juga masih mengumpulkan seri untuk ditonton dan di minggu pertama ini tentu banyak seri yang baru mulai. Nantikan sisa episode pembuka anime musim ini di JOI Spotlight minggu depan.