Miyazaki Masih Terkejut Atas Meninggalnya Takahata

April 10, 2018 5:59 pm
Miyazaki Masih Terkejut Atas Meninggalnya Takahata

Minggu lalu, kita mendapatkan kabar kalau salah satu pendiri Studio Ghibli, Isao Takahata, meninggal dunia. Hal ini mengejutkan dunia animasi Jepang, yang ditinggalkan oleh seorang veteran dalam dunia animasi, dan juga para penggemar anime.



Miyazaki adalah salah satu orang yang merasa sangat kehilangan akan kepergian Takahata. Dia adalah orang yang bekerja bersama Takahata paling lama, tapi dia belum mengeluarkan pernyataan apapun mengenai itu. Walaupun Miyazaki suka berperilaku dingin dan sangat terus terang mengatakan apa yang dipikirkannya, keheningannya adalah karena dia masih sangat terkejut dengan kepergian temannya.

Dia mengatakan, “Aku masih tidak biasa dengan perasaan ini,” sambil menunjukkan rasa sangat kehilangan akan temannya.Takahata meninggal dikarenakan kanker paru-paru pada hari Kamis minggu lalu di Rumah Sakit Universitas Teikyo pada umur 82 tahun. Dia dan Miyazaki pernah bekerja di Toei Animation pada tahun 1960-an. Mereka mengerjakan animasi Horus, Prince of The Sun, debut film yang disutradarai Takahata, sebelum meninggalkan Toei pada tahun 1971 untuk membentuk Studio Ghibli.

Hubungan mereka bisa direpresentasikan dengan baik dalam beberapa dokumenter balik layar seperti The Kingdom of Dreams and Madness Mami Sunada dan The Makin of Only Yesterday. Takahata, yang dipanggil “Paku-san” oleh Miyazaki karena kebiasaannya menyelesaikan makan pagi di kantor, pada suatu saat pernah disebut oleh Miyazaki sebagai rekannya yang paling dipercaya dan juga paling membuat frustrasi.



Studio Ghibli akan mengadakan perpisahan akbar untuk mengenang Takahata pada tanggal 15 Mei. Keluarga Takahata saat ini mengadakan layatan hanya untuk keluarga dekat dan mereka menolak secara sopan segala macam pemberian duka cita.

Sumber: ANN; Header: Geeks of Color