[JOI Spotlight] Justified Edition

April 15, 2018 6:57 pm
[JOI Spotlight] Justified Edition

Selamat datang di JOI Spotlight. Dimana saya sangat berharap seri yang minggu ini episodenya cukup kontroversial bisa didiskusikan dengan kepala dingin. Kami seperti biasa akan memberikan berbagai impresi untuk seri yang baru saja debut dan yang sedang melanjutkan penayangannya.

Uma Derby 03

Kaptain

Satu hal yang membuat saya betah dengan seri ini sejauh ini adalah fokusnya pada perkembangan karir Special Day dibandingkan dengan fokus adegan slice-of-life yang untungnya pendek namun efektif. A pleasant surprise so far.

Cutie Honey Universe 01

What’s this?

Go Nagai punya tiga setelan cerita: 1. Bleak Nihilism 2. Badass Giant Robots 3. Weird Sex Up Your Eyeballs. Silahkan tebak ini yang mana.

Kaptain

THEY CHANGED THE OPENING THOSE MONSTER. Kurang bertaring bila dibandingkan dengan seri baru Go Nagai akhir-akhir ini. Tapi ya berhubung ini penayangan TV dan bukan seri Netflix, konten yang bisa diberikan tentunya terbatas. Not impressed with it.

Kapten Tsubasa 01-02

What’s this?

A dude really really love them balls.

Kaptain

Adaptasi modern. Sekarang semua pemain itu pengguna Stand. Antara itu atau David Pro aja yang lupa mereka udah nggak ngerjain Jojo, either way it’s fine karena aksinya Tsubasa pas masih kecil itu emang gila-gilaan. Kalau aja Tsubasa jadi pahlawan isekai di episode awal ini, kita bisa dapet versi modern Dragon League.

Golden Kamui 01

What’s this?           

The Good, The Bad, and The Ugly: Hokkaido Edition

Kaptain

Yang saya kurang seneng itu bukan kualitas CG beruangnya yang rendah, tapi anime ini nggak bisa kompak dalam penggunaan CG karena si serigala malah menggunakan cell shading. Alasannya adalah staf produksinya yang memang kesulitan menganimasikan beruang di seri yang sebagian besar ancamannya itu dari beruang.

Kali ini ceritanya lebih fokus ke eksposisi dan perkenalan dan Studio Geno masih mampu mengerjakannya, jujur saja saya masih khawatir dengan bagaimana eksekusi komedinya nanti.

Uchuu Senkan Tiramisu 02

Kaptain

Fix jadi komedi saya buat musim ini. Namun kedepannya saya paling nggak nulis untuk Spotlight ini melihat format sketsa komedinya yang jujur aja nggak banyak yang bisa dibicarain.

Legend of Galactic Heroes 02

Kaptain

Sesuai prediksi kemarin, sekarang giliran Yang. Kemaren rada penasaran aja kenapa Reindhard ga kenal pahlawan perang seperti Yang, tapi sama seperti drone buat nambal bridge di adaptasi baru ini, ini adalah perubahan yang bisa saya terima.

Tada-kun wa Koi shinai 01-02

Saya torn antara Alec & Iinchou

What’s this?

Original love comedy from the people that brought you Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Etherlite

Impactnya ga sekuat Nozaki-kun dan pairing diluar Tada & Teresa justru lebih menarik. Mungkin karena Tada yang stoic dipairing dengan Teresa yang defisiensi common sense jadi interaksi-nya (read: tsukkomi) kurang. Dengan adanya Tadakoi dan Wotakoi, seri manakah yang akan merajai love comedy anime season ini?

Comic Girls 01-02

What’s this?

Modern day take on Hidamari Sketch

Etherlite

Peaceful all-girls art highschool dorm life. Yes, Hidamari Sketch banget. Kali ini fokusnya ke 4 highschooler cewe yang juga bekerja sebagai mangaka dengan genre dan personality (dan complex) masing-masing yang cukup extreme. Bagi kamu yang capek dengan keseharian yang berat, ini adalah anime yang cocok untukmu. Just turn off your brain and laugh.

Wotaku ni Koi wa Muzukashii 01

What’s this?

Kisah cinta seorang doujinka, seorang gamer akut, seorang cosplayer, dan seorang penggemar anime casual yang semuanya menjadi pekerja kantoran di kantor yang sama.

bukan_randy

Well, that was not what I expected. Pembawaan di episode ini terasa datar dan sepi (dalam artian cukup harafiah karena lumayan banyak scene yang nggak ada BGM-nya), yang mana jelas terasa aneh karena manga-nya sendiri lebih dibawakan sebagai cerita adult romcom.

Episode 1 ini isinya adalah chapter 0-1 dari manganya, ditambah beberapa scene original. Memang di manga-nya sendiri kedua chapter ini masih sedikit jokenya karena lebih tampil sebagai cerita perkenalan, tapi beberapa joke sederhana di chapter ini seharusnya bisa lebih ditekankan, terutama karena diadaptasi menjadi media anime.

Saya harap episode berikut-berikutnya lebih bisa menyampaikan romcomnya dengan lebih baik, terutama karena karena chapter 0 & 1 sendiri adalah dua chapter paling pendek di manga-nya.

Megalo Box 02

Kaptain

Joe aja? Nggak pake nama belakang? Okay then. Entah sang petinju yang dulu bernama JD ini memilih nama tersebut karena simpel dan efektif atau memang menobatkan dirinya sebagai sang Average Joe, just one among many. Iya saya tahu nama ini dan dialog di jembatan itu tentunya homage untuk seri pendahulunya, dan saya menghargai screentime yang diberikan untuk menunjukkan kenapa JD memilih nama tersebut.

Kalian yang merasa anime ini buram itu bukan karena media player kalian penyakitan, namun karena staf produksi sengaja melakukan downscale yang lalu di upscale lagi agar visualnya terlihat tua. Saya kurang suka dengan keputusan ini, namun saya bisa lebih tolerir karena anime ini paham cara membuat adegan dengan impact yang kuat baik lewat sinematografi dan penggunaan musik.

Full Metal Panic Invisible Victory 01

What’s this?

A long waited sequel to one of the most interesting light novel series. Please watch/read the prequels before watching IV

Etherlite

Why? why would you wait this long before making the sequel? Tbh sekarang saya sudah banyak lupa ceritanya, dan 1-2 recap episodes might be needed. IV sendiri dimulai dengan sangat serius, sampai-sampai tidak ada komedi sedikitpun. Animasinya terlihat bagus, tapi the real test comes next week, karena episode 1 dipotong right before the actions begin.

Gurazeni 02

Kaptain

Setelah dipikir-pikir, anime ini adalah anime kekinian yang rasanya paling dekat dengan karya Nobuyuki Fukumoto. Ini berkat pesimismenya dan caranya melihat manusia sebagai metrik dan memberikan mereka label harga yang di sini jadi power level yang cukup menarik. Tentu saja seri ini tidak sepesimis karya Fukumoto karena Bonda itu cukup kompeten untuk orang di posisinya dan bisa fokus mengumpulkan aset pensiun, bukan lari dari hutang dan kreditor ganas.

Caligula 01

What’s this?

Penulis Persona 1 & 2 kurang seneng dengan obsesi seri modernnya dengan kehidupan sekolah, jadi dia membuat setting dimana SMA itu secara harafiaf sebuah neraka.

Kaptain

Adaptasi ini jauh lebih sadar dibandingkan Persona 5 kalau nggak semua orang main atau bahkan tahu dengan seri ini. Entah anime ini akan ngikut cerita orisinalnya atau remakenya berhubung ceritanya dulu itu punya konsep yang bagus, tapi eksekusinya jelek.

Untungnya karakter lain nyadar kalau racauan psikologi karakter utamanya itu ga mutu banget, cuma saya harap ini ga jadi running theme untuknya. Psikologi punya peran penting dengan dunia seri ini, namun berhubung seri ini belum selesai melakukan eksposisi dunianya, saya akan simpan untuk minggu depan.

Hisone to Masotan 01

What’s this?

Mari Okada Melodrama, now with even more weird fetish yang spesifiknya saya nggak tulis di sini karena takutnya bakal di google kalian.

Kaptain

Episode pembuka khas Okada. Entah level Melodramanya bakal kayak gimana kedepannya namun saya cukup senang dengan episode ini. Semoga saja lebih fokus ke pertumbuhan Hisone sebagai manusia karena kalau level dramanya naik lagi antara Hisone atau si naga dijamin bakal mati.

Hinamatsuri 02

Kaptain

Anzu & Hitomi, dua karakter yang ceritanya jauh lebih menarik dari karakter utamanya dan jujur saja masing-masing bisa nge-carry sebuah seri sendirian. Kali ini saya cukup puas dengan eksekusi komedinya, jadi kedepannya saya bisa lebih optimistis.

Darling in the Franxx 14

Mood fanbase saat ini

Kaptain

02 selama ini bisa adem di Plant 13 karena Hiro, karakter paling diplomatik di seri ini; ada sebagai penengah. Tentu saja setelah dia absen tim yang kehabisan toleransi dengan makhluk yang semakin tidak stabil dan dari awal hanya peduli dengan Darling langsung perang.

Dulu 02 pernah menanyakan apakah Ichigo itu manusia. Apa yang dia lakukan di akhir episode itu sangat manipulatif, yet it’s a very human thing to do. Ichigo melihat keretakan hubungan antara Hiro dan 02 dan entah dia sadar atau tidak, berusaha agar hubungan keduanya tidak bisa diperbaiki. Cuma seperti biasa untuk konflik emosional seri ini saya nggak yakin konflik ini akan dibicarakan dengan kepala dingin.

Kekacauan episode ini adalah kombinasi dari APE yang memerintah 02 kembali, 9a yang menanamkan ide jelek ke Ichigo, Hiro yang inisiatifnya mulai balik di saat terburuk, 02 yang kondisi mentalnya terus memburuk, dan tentunya Ichigo yang membuat perpisahan 02 dan Hiro terjadi seburuk mungkin. She messed up, tapi menyalahkan semua ini ke dirinya itu terlalu berlebihan.

Perpisahan semacam ini cepat atau lambat akan terjadi, dan saya bersyukur hal ini terjadi di awal ke cour keduanya. Masih ada 10 lagi episode untuk ceritanya. Satu detil menarik dari tumbal Stamen yang ditunjukkan di akhir episode itu adalah mereka semua udah tua. Nampaknya inilah nasib Stamen yang sudah kadaluarsa.

Episode selanjutnya adalah perang besar yang sudah dihype dari musim lalu. Hiro yang ingatannya sudah kembali entah apakah bisa kembali jadi Stamen, karena kalau ya Ichigo are going to be insufferably smug about it.

Amanchu! Advance 02

Etherlite

Appreciating happiness, as small as it might be. Ciri khas manga Amano Kozue sejak Akari di ARIA, yang kini diwariskan ke Pikari.

Fate/Grand Order

Punya Nugrahadi, saya ga ngeroll karena karena Ivan ga moeh

Etherlite

Ada yang merasa bosan? Sudah kelar Anastasia dan kehabisan hal yang menarik dilakukan? Kamu tidak sendiri. Anastasia rilis 11 hari yang lalu, dan event berikutnya kemungkinan baru ada lagi akhir April, kemungkinan setelah streaming dari event Fate/Apocrypha (which, kalau servant barunya hanya Achilles, Chiron, and possibly Sieg saya juga ga tertarik gacha). Lalu? 2 minggu kedepan kosong? Well… 10 hari lagi ada 1000 hari, tapi saya ragu akan ada event besar, karena perayaan X00 hari selama ini biasa hanya diberikan free 10 quartz.

Memang berharap event apa? Bulan Februari kemarin akhirnya diadakan rerun event Kara no Kyoukai bersamaan dengan FGO NA, tapi sekarang FGO NA sedang menikmati pembuka event Fate/Accel Zero Order, should be a good time for another timely rerun, no? Selain itu ada beberapa event tahun lalu yang pantas mendapat rerun juga seperti GUDAGUDA Meiji Ishin dan SE.RA.PH (yang cepat akan lambat pasti akan diadakan, kecuali DW membuat Moon Cancer baru), meskipun SE.RA.PH tidak akan cukup kalau diberikan waktu 2 minggu saja.

Tl;dr: DW, saya butuh event karena males farming material.

NA Server

Kaptain

Berhubung banner Cu Alter itu sebelumnya event ini tingkat kesulitannya node terakhir turun drastis. Cuma ya saya tetep nangkring di node caster abis dapet Lore, sebelum abis buat skill dan ascend saya kisarannya dapat seratus Heart.

Setengah friendlist saya punya Jalter semua, entah Raid Ibaraki nanti bakal kayak gimana berhubung walaupun pemain NA lebih dikit, servant yang udah 10 skill dan udah melek dengan buster crit meme juga banyak.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Sekali lagi kami masih melihat-lihat seri yang tayang di awal musim ini, jadi pengenalan berbagai seri baru masih akan berlanjut minggu depan.