Tren Virtual YouTuber Melahirkan Agensi Khusus Virtual YouTuber

April 16, 2018 2:09 pm
Tren Virtual YouTuber Melahirkan Agensi Khusus Virtual YouTuber

Tentu banyak dari kalian telah mengetahui tren virtual YouTuber yang tengah melanda jagat internet belakangan ini. Virtual YouTuber sendiri merupakan tampilan karakter cewek moe dalam bentuk 3D yang identitas aslinya dirahasiakan, walaupun ada kejadian yang sosok dibalik virtual YouTuber tersebut bocor.

Tren yang berkembang pesat di Jepang ini mencatat kelahiran lebih dari 1.000 akun baru virtual YouTuber pada bulan Maret lalu. Walau terlihat gila, namun diprediksi jumlah itu bisa melambat suatu hari nanti. Tren ini sendiri tak hanya dilakukan oleh para streamer game namun juga oleh perusahaan pembuat game seperti Compile Heart yang beberapa waktu lalu memperkenalkan Ileheart.

ileheart Virtual YouTuber Header

GREE, perusahaan asal Jepang yang bergerak di bidang media internet yang dikenal lewat social network service (SNS) dan smartphone games turut ambil bagian dalam tren ini.

Pada tanggal 5 April lalu, GREE mengumumkan bahwa mereka meluncurkan business venture untuk virtual YouTuber dan membentuk sebuah anak perusahaan baru dimana GREE menargetkan dalam 1 atau 2 tahun kedepan akan menginvestasikan 10 juta Yen (sekitar 1,3 milyar Rupiah) untuk proyek ini.

Anak perusahaan GREE yang bernama Wright Flyer Live Entertainment resmi terbentuk melalui 100% investasi yang dilakukan GREE pada tanggal 13 April kemarin. Perusahaan ini memiliki visi untuk mengembangkan dan mengelola bakat yang dimiliki para virtual YouTuber seperti membuat konten berupa video. Perusahaan ini juga akan menggunakan pengalaman GREE di bidang game dan teknologi virtual reality, dan berencana melakukan investasi secara proaktif kepada para kreator dan perusahaan startup.

Sementara itu keberadaan virtual YouTuber terus melebarkan sayap mereka ke ranah lain, tidak hanya melalui streaming online. Salah satunya adalah Dennou Shoujo Siro yang untuk pertama kalinya menjadi pembawa acara pada program Saiki-Do yang ditayangkan di TV Asahi pada tanggal 9 April.

Virtual Youtuber Pic Kizuna Ai

Lalu disusul oleh Kizuna Ai yang mengklaim dirinya sebagai virtual YouTuber pertama di dunia, mendapatkan program televisinya sendiri yang ditayangkan secara perdana pada tanggal 6 April. Kizuna Ai juga mengisi suara untuk karakter Administrator B (Okame), salah satu karakter di serial anime Magical Girl Site yang tayang pada hari yang sama.

Layak idol di dunia nyata, para bintang yang tengah naik daun ini membutuhkan sebuah agensi untuk mengelola dan meningkatkan kesuksesan mereka. Peluang ini juga tidak dilewatkan begitu saja oleh DUO dengan meluncurkan ENTUM pada tanggal 9 April. ENTUM merupakan sebuah agensi untuk virtual YouTuber, dan Mirai Akari mengumumkan bahwa dirinya memiliki afiliasi dengan ENTUM pada hari yang sama.

Misi yang diusung oleh ENTUM adalah menemukan bakat terpendam dengan tujuan membantu para kreator memamerkan kemampuan terbaik mereka. ENTUM juga akan membuat proyek video kolaborasi, event, merchandise, menyiapkan alamat agar para penggemar bisa mengirim surat dan hadiah, menawarkan kesempatan pendidikan dan peralatan, mengatur diskusi bisnis dengan para klien, dan menawarkan pertemuan dengan sejumlah kreator lainnya untuk menguatkan komunitas.

Selain Mirai Akari, para virtual YouTuber yang telah bergabung dengan ENTUM adalah Nekomiya Hinata, Yomemi, Todoki Yuka, dan Mochi Hiyoko.

Sebagaimana tren virtual YouTuber yang terus berkembang, tidak menutup kemungkinan para virtual YouTuber top lainnya seperti Kizuna Ai, Kaguya Luna, Mirai Akari, dan Dennou Shoujo Siro akan menyusul untuk bergabung dengan mereka.

Sumber: ANN