Fans Menemukan Rahasia dari Poster Lama Film Anime ‘Grave of The Fireflies’

April 17, 2018 1:48 pm
Fans Menemukan Rahasia dari Poster Lama Film Anime ‘Grave of The Fireflies’

“Grave of The Fireflies” (Hotaru no Hakaadalah salah satu film anime paling populer dari Jepang. Pengalaman mendiang Isao Takahata yang mengungsi dari kota Okayama akibat pengeboman sekutu saat dia masih 9 tahun sangat memberikan anime ini cerita dan atmosfir yang tragis terhadap tragedi perang. 30 tahun sejak perilisannya pada tahun 1988 dulu, fans telah menemukan detil tersembunyi dari poster film ini.

Grave of the Fireflies Normal

Poster yang menampilkan Seita dan Setsuko di padang yang dipenuhi kunang-kunang adalah salah satu dari sedikit momen bahagia dari film yang depresif ini. Namun akun Twitter @comicloverhouse yang pernah mendengar bahwa tidak semua cahaya di poster itu berasal dari kunang-kunang menyesuaikan pencahayaan poster dan menemukan hasil yang bisa kalian lihat di bawah:

Grave of the Fireflies Brighten

Bisa terlihat pengebom B-29. Pengebom yang sebelum menjatuhkan bom atom memborbardir perkotaan Jepang dengan bom api. Memang benar tidak semua cahaya berasal dari kunang-kunang, namun juga dari bom api. Kunang-kunang yang merupakan motif utama film ini sendiri dalam bahasa Jepang adalah “火垂る“,  火 untuk Api dan 垂 untuk tetesan, jadi arti “tetesan api” di film ini bisa juga diarahkan ke bom api yang seperti yang dijelaskan di paragraf pertama, memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap Takahata yang masih anak-anak.

Sumber: Soranews