[JOI Spotlight] Battle Continuation Edition

April 22, 2018 6:49 pm
[JOI Spotlight] Battle Continuation Edition

Selamat datang di JOI Spotlight dimana kita sudah masuk minggu ketiga musim semi ini dan seperti biasa kami akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang sudah tayang pada minggu ini.

Uma Musume 04

Kaptain

Saya bukan orang fisika, cuma saya nggak yakin Uma Musume di sini itu cukup gede dan cukup cepat untuk ngehasilin slipstream. Yang lebih melek fisika bisa tolong ngasih saya penjelasan?

Sejauh ini disiplin pacingnya masih bagus. Kompetisinya juga anehnya sehat untuk seri semacam ini, biasanya ada rival yang nyebelin tapi di sini semua atlit itu suportif dan kooperatif.

Mahou Shoujo Ore 03

Kaptain

Sekali lagi komedinya yang cepat dan disiplin berantem dengan momen drama buat jualan insert song yang kepanjangan. Masih khawatir dengan karakter orsinal animenya yang saya pesimis hadir untuk membantu aspek komedi seri ini.

Golden Kamui 02

Kaptain

Seperti yang saya takutkan, komedinya eksekusinya kurang bagus. Kualitas produksinya juga lebih cepat jatuh bila dibandingkan Kokkoku kemarin. Saya ngeliat Kiroranke di lagu penutup, entah ini ceritanya akan sampai mana diadaptasi dengan susunan karakter yang akan hadir.

Legend of Galactic Heroes 03

Kaptain

Itulah latar belakang Reinhard, “screw everyone in the Goldenbaum dynasty”. Episode yang sangat efektif menjabarkan motivasi dan latar belakang dari duo Empire untuk memanjat karir dan membawakan perubahan yang berarti. Not as gay as the previous adaptation, jadi nggak diliatin main-main di air mancur.

Oberstein, still a creepy bastard. Desain barunya membuat dia terlihat lebih penyakitan dan untungnya masih “Oke, ini tipe orang yang ngubur mayat di halaman belakang rumah”.

Caligula 02

Kaptain

Mobius bukan dunia nyata. Muse sendiri jelas-jelas dimanipulasi dan untungnya hal ini langsung diungkap di awal cerita. Ritsu udah lebih mendingan setelah nggak ngeracau tentang psikologi, paling nggak dia cukup pinter untuk ngejauhin “temannya” dan bereksperimen sendiri untuk mencari jawaban.

Comic Girls 03

Etherlite

Yang manakah yang kamu suka? Girls with some meat and big breasts, slender girls, or… Kaos-chan, yang pertumbuhannya berhenti sejak kelas 4 SD. Menurut data, rata-rata pembaca Kirara magazine berusia 17.7 tahun dan 82% diantaranya perempuan, jadi sedikit mengejutkan mereka berusaha menjual Koyume dengan lingerie.

Megalo Box 03

Kaptain

Episode yang ngasih banyak petunjuk kalau Gear punya Joe bakal dapet upgrade, namun kayaknya selanjutnya Joe bakal bertarung tanpa Gear berhubung dia berhasil ngelumat Petinju rank 99 dengan tangan kosong. Cukup unik juga ngeliat prototype as, well, a prototype berhubung kena satu serangan aja udah rusak.

Saya cuma ngarep karakter anak-anak yang masuk timnya Joe nggak bakal ngeganggu karena kebanyakan makan screentime kedepannya. Nanbu juga dapet perkembangan bagus yang ditunjukkan dengan ngebuang alkohol miliknya. Sudah dipastikan juga dia dulu jatuh dari organisasi yang lebih resmi.

Ini sudah ketiga kalinya judul episode punya kata “Death” dan variasinya. Nasib akhir Joe pendahulu adalah salah satu momen ikonik media ini, dan saya penasaran apakah Joe modern yang dari awal itu memang orang yang sangat fatalistik ini ini akan mengikuti takdirnya.

Full Metal Panic Invisible Victory 02

Survive, that’s an order!

Etherlite

Calon kuat AotS, Amalgam surely didn’t hit any brakes. CG pada scene car chase kurang dipoles, tapi sisanya luar biasa. Also, Teletha please be my wife.

Tada-kun wa Koi o shinai 03

Etherlite

Bayangin Snake jadi kucing obese, trus loncat aja ngga becus. Exactly how I feel.

Hinamatsuri 03

Kaptain

Saya ngasih peringatan awal aja, walaupun seri ini pada dasarnya adalah komedi, cerita Anzu itu adalah cerita paling emosional dari seri ini. Saya nggak akan kaget bila klimaks musim ini akan fokus ke dirinya berhubung arc miliknya itu memuaskan banget.

Sementara Hitomi adalah karakter paling berbahaya di sini. Iya cerita ini melibatkan Yakuza dan anak bandel dengan superpower, tapi progresi kekuatannya Hitomi itu sama berbahayanya dengan Kusou Saiki. Maaf kalau saya nggak banyak ngomongin Hina, tapi dia walaupun merupakan karakter utama seri ini, dia itu overshadowed banget sama Hitomi dan Anzu.

Hisone to Masotan 02

Kaptain

Masih episode perkenalan, masalah si resident bully kurang lebih udah di redam. Saya lebih tertarik dengan penanggulangan desersi di sini, di saat perang hukuman mati itu cukup wajar, namun di saat damai seperti ini denda yang tinggi banget + dishonorable discharge itu cukup masuk akal.

OTF itu memang aset strategis, cuma saya ingin seri ini ngasih tahu tujuan jangka panjang OTF itu buat apa selain “ngeberkahin negaranya”. Saya nggak yakin OTF bakal dipakai buat perang berhubung progresi cerita semacam ini bakal kontroversial karena AU SDF Jepang itu merupakan dasar ceritanya. Topik militarisasi itu isu panas di Jepang sana.

Darling in the Franxx 15

Kaptain

Sesuai prediksi kemarin, Hiro bisa naik Franxx lain dengan baik dan kepribadian dari masa kecilnya kembali lagi, dan Ichigo dapet dosis “Really not into you” langsung ke otak. Goro sendiri merupakan karakter yang nggak pernah berhenti membantu, dan dia yang paling berjasa nyelesaiin drama minggu lalu.

Midseason mecha upgrade. Saya nggak terlalu kagum dengan desainnya yang sekedar ganti paintjob, tapi saya senang upgrade datang lewat “Let’s actually discuss our relationship dan jalin hubungan yang sehat”. Well dang Hiro, 90% seri roman bakal langsung tamat gara-gara superpower ini. Topeng 02 juga akhirnya retak dan ekspresi aslinya akhirnya kembali. Cara dia untuk terus ingat dengan memakan harta pertama miliknya was heartrending.

Gay Franxx is a real functional thing, begitu juga dengan, kecuali saya salah paham dengan beberapa unit 9; Stamen perempuan dan ini adalah twist yang paling bikin saya kaget di episode ini. Perbedaan signifikan lain dari Franxx umumnya adalah tidak adanya helm dan para Pistil juga sadar di dalam kokpit.

Hringhorni yang didiskusikan oleh APE di mitologi Nordik merupakan kapal milik Baldr, dewa yang mati karena Mistletoe, tanaman di mana kedua pasangan utama membuat sumpah mereka. Jadi saya belum yakin tangan raksasa di akhir episode merupakan boss terakhirnya. Tentu aja grup macam mereka punya protokol bunuh diri nggak cuma buat pilot tapi juga buat Plant. Melihat komentar mereka tentang backup nampaknya para “manusia” Plant yang hancur nampaknya bisa dibuat ulang.

Sekarang juga sisa dari Plant 13 nyangkut di depan Gran Crevasse. Begitu juga dengan Strelizia dan Nines yang nampaknya kebawa tangan raksasa di akhir episode. Tim juga bakal butuh penjelasan kenapa ada manusia di dalam Klaxosaur. Sayangnya kita perlu nunggu dua minggu sebelum infodump ini karena minggu depan bakal ada special broadcast tentang pembuatan Darlifra.

bukan_randy        

Well, all that trouble for a recolored midseason upgrade. I kinda wished there was more in this… new Strelizia, whatever the name is.

Setelah sebelumnya sempet di-imply kalau cowok/pasangan sejenis bisa jadi pistil dengan Mitsuru yang janji jadi parasite bareng Hiro dan juga upaya Ikuno berpasangan dengan cewek lain, akhirnya kita ngelihat langsung kalau para karakter Nines yang menonjol itu ternyata semuanya pistil ketimbang stamen.

Setelah masalah relasi interpersonal squad 13 tampak benar-benar kelar, sekarang waktunya untuk ngehadapin masalah-masalah utama di seri ini. Apa sebenarnya tujuan para orang dewasa, apa peran para Nines dan pihak mana yang akan mereka ambil nanti, and what the fricking frick just came out of Gran Crevasse.

Wotaku ni Koi wa Muzukashii 02

bukan_randy

Ampun dah ini sutradara beneran ga bisa bikin komedi ya.

Komedi di anime ini terasa seperti antithesis dari komedi di Konosuba. Joke-jokenya sangat pelan dan soulless. Satu-satunya joke yang sempat membuat saya tersenyum adalah ketika parodi BGM Evangelion dimainkan. Ada juga satu joke yang memparodikan suara dari karya lain, di kasus ini adalah SFX dari Dragon Quest, tapi karena penggunaannya yang sangat pelan dan terus diulang berkali-kali, joke ini malah menjadi sangat menyebalkan.

Saya sampai harus membaca ulang beberapa chapter manganya untuk meyakinkan kalau ceritanya sendiri memang bagus (and it is). Saya masih akan menonton episode 3, tapi saya cukup ragu kualitasnya akan meningkat, yang mana berarti kemungkinan besar saya akan drop anime ini minggu depan.

Kamen Rider Build 30-31

bukan_randy

Penggunaan kamera di dua episode ini tampak sangat artistik. Beberapa hasilnya ga sebagus yang diinginkan, but I’m really glad they are trying.

Saya bingung kenapa Touto sangat bersikeras tak mau dianggap menjajah Seito padahal kondisinya sudah sangat darurat begini, sampai-sampai Build harus menggunakan satu loophole konyol untuk bisa mengambil inisiatif untuk merebut Pandora Box (yang masa dirusak oleh Cross-Z & Grease karena mereka ikutan, but I think even the writer didn’t care about it at that point).

Banjou ternyata bukan manusia, dan kemungkinan besar adalah King of Mars atau semacamnya. Saya sangat suka dengan Cross-Z Magma form yang tampil di sini, tapi juga khawatir kalau nanti cuma jadi plot device buat tujuan Stalk dan/atau di-outperformed cukup jauh dengan final formnya Build.

Omong-omong soal Stalk, ditunjukkan kalau Stalk bukanlah Souichiro yang “berubah sifat” setelah terkena sinar Pandora, tapi lebih seperti Souichiro yang dirasuki oleh Stalk, sama seperti Misora yang menyimpan jiwa Vernage di dalamnya. Ini malah membuat saya agak bingung karena dulu Souichiro sendiri pernah bilang kalau dia punya rasa sayang terhadap Misora & Sento sebagai dua orang yang dia rawat dari nol. Saya akan kecewa kalau ini cuma sekedar usapan jempol Stalk saja karena itu akan merusak kompleksitas karakternya, dan saya rasa personality Souichiro tak mungkin mengatakan itu tanpa memberontak dan membocorkan hal-hal lain.

ROGUE 01 – Night Rogue Rises

bukan_randy         

Baru sempet nonton sekarang. Judulnya sengaja banget dimirip-miripin sama Batman hahaahh. Ternyata memang benar kalau isinya adalah cerita Gentoku sebelum cerita Kamen Rider Build dimulai. Yang isinya tentang Gentoku menjadi Kamen Rider Rogue ada di episode berikutnya.

Sisi Gentoku yang lebih manusiawi ditunjukkan melalui hobi karaokenya meski suaranya jelek. Agak terlalu blak-blakan dan cukup bentrok dengan tone episode ini yang cukup serius, but it gave us that amusing screencap, so, yay.

Sama seperti di awal-awal seri Build, motivasi utama Gentoku adalah memperkuat militer Touto demi melindungi diri dari Seito dan Hokuto. Ironisnya mengingat kondisi Touto saat ini di seri Build, tujuan Gentoku ini malah terlihat lebih tepat ketimbang cara Taizan yang membuat Touto menjadi negara pacifist yang harus mengandalkan Build dkk sebagai perlindungan. Sayangnya niatnya dimanfaatkan oleh Stalk untuk membentuk Faust, sama seperti dia kemudian memanfaatkan Hokuto, Seito, dan sekarang nampaknya Nanba Industry juga dimanfaatkan olehnya.

Fate/Grand Order

Etherlite

Pucuk dicinta ulam tiba, minggu lalu minta event rerun langsung dikasih sama DW. Berikutnya event Apocrypha, sebelumnya mungkin ada mini campaign untuk 1000 hari? *fingerscrossed*

Sanzo? Saya ga ngeroll. I know she’s a very good single target damage caster dengan art yang cukup attractive, tapi saya punya feeling bakal ada servant-servant lostbelt baru yang menarik in the next couple of months. Selain itu caster SSR saya sudah 6.

NA Server

Kaptain

Masih nyantai di “Waver Velvet 4th Grail War Speedrun”. Cuma dapet NP2 Lancelot dari tiket dan nggak satupun event CE, yang saya oke aja berhubung durasi event ini panjang dan material yang saya butuhin juga dikit.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Berhubung kebanyakan seri sudah menayangkan episode keduanya apakah kalian sudah dapat opening favorit kalian untuk musim ini? Silahkan sampaikan di kolom komentar di bawah.

Header: Discobrando