Taman Ghibli Ungkapkan Tampilan Konsep, Direncanakan Buka pada Tahun 2022

April 25, 2018 12:49 pm
Taman Ghibli Ungkapkan Tampilan Konsep, Direncanakan Buka pada Tahun 2022

Pada hari ini Studio Ghibli dan Prefektur Aichi mengumumkan kalau mereka akan membuka Taman Ghibli pada tahun 2022, yang sebelumnya direncanakan buka pada tahun 2020 tepat saat Olimpiade Tokyo digelar.

Pihak pemerintahan prefektur juga membagikan salah satu desain taman oleh pihak Studio Ghibli kepada publik. Desain tersebut menunjukkan gaya fantasi ilmu pengetahuan pada abad ke-19 layaknya Howl’s Moving Castle. Taman ini juga akan menampilkan replika toko barang-barang antik dari film Whisper of the Heart.

Dalam salah satu program kerjasama antara Studio Ghibli dan Prefektur Aichi, disebutkan bahwa taman tersebut nantinya akan dibuka di area seluas 200 hektar yang berada di Aichi Expo Park yang dikenal juga sebagai Moricoro Park, tempat yang menjadi lokasi World Fair di tahun 2005. Moricoro Park telah memiliki replika dari rumah Satsuki dan Mei, kedua karakter utama dari film My Neighbor Totoro. Replika rumah-rumah tersebut menjadi lokasi pameran Studio Ghibli di tahun 2008 dan 2015.

Prefektur tersebut juga memiliki tujuan menciptakan taman untuk menarik wisatawan lokal dan asing. Studio Ghibli dan Prefektur Aichi juga mendirikan perusahaan yang mengoperasi taman tersebut. Dalam proses pembangunan Taman Ghibli, proses kontruksi dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan terhadap Moricoro Park.

Selain nantinya memiliki Taman Ghibli, Studio Ghibli juga telah memiliki Museum Ghibli yang berada di Mitaka, sebelah barat Tokyo. Musium Ghibli ini memamerkan wahana interaktif dan replika dari beberapa kreasi ikonik Studio Ghibli serta menawarkan layar berputar yang menampilkan beberapa anime pendek buatan Studio Ghibli kepada pengunjung.

Sumber: ANN