[JOI Spotlight] Fire Everything Edition

April 30, 2018 6:03 pm
[JOI Spotlight] Fire Everything Edition

Selamat datang JOI Spotlight terakhir bulan April ini, yang maaf telat dari biasanya karena lagi nggak ada akses Internet. Kebanyakan seri sudah mencapai episode ketiganya dan kami akan memberikan berbagai impresi untuk seri yang sudah tayang Minggu lalu.

Uma Musume 05

Kaptain

On a sadder note, Special Week asli meninggal minggu lalu. So that’s the Derby. Saya bersyukur aspek idol anime ini lebih diredam biar ada lebih banyak waktu untuk latihan, pertandingan, dan interaksi klub. Atlit seri ini yang keseluruhan lebih sportif membuat saya sadar atas salah satu kekuatan seri olahraga semacam ini, lawan yang kelewat antagonistik jelas-jelas akan menjadi musuh yang harus dikalahkan dan tentunya akan dikalahkan di klimaks cerita, namun kalau para atlitnya bersahabat mereka akan “sekedar” jadi atlit lain yang kemenangan dan kekalahannya lebih sulit ditebak.

Caligula 03

Kaptain

Oke, cara yang menarik untuk ngalahin boss sebelum punya kekuatan super. Berhubung ini adalah dunia artifisial tentu aja ada orang yang ngebuat identitas baru, dan episode ini juga ngasih contoh yang bagus untuk orang yang merasa Mobius itu surga.

Mahou Shoujo Ore 04

Kaptain

Karakter orisinal nongol juga. Lebih mendingan karena kali ini lebih fokus ke komedi dan insert song juga pendek. Berhubung sejauh ini omake dijadiin after credits, semoga aja pas sesi belanja juga diadaptasi.

Legend of Galactic Heroes 04

Kaptain

Latar belakang Yang dengan penceritaan yang cepet bener pacenya. Berbeda dengan Reinhard yang berambisi untuk mengubah Empire, Yang “cuma” orang yang mau hidup tenang dan belajar sejarah, namun diseret ke garis depan akibat bakatnya. Tone episode kali ini merupakan kebalikan dari perspektif Imperial kemarin, yang tentunya merupakan tujuan episode ini.

Rada risih aja penjelasan downsizing departemen militer yang nyebabin Yang harus pindah dilewatin. Jadinya kelemahan FPA yang mulai kelabakan dan harus mulai berhemat kurang ditekankan.

Golden Kamui 03

Kaptain

Udah lebih mendingan. Menurut saya seri ini ditopang oleh tiga pilar: Ultraviolence, komedi, dan edukasi sejarah serta budaya. Iya saya tahu kedepannya didukung juga dengan Bara Action, nggak usah ngingetin. Episode ini untungnya bisa menjabarkan budaya Ainu dengan baik dan CG beruangnya juga mendingan. Divisi Tsurumi juga akhirnya diperkenalkan lebih lanjut dan ya, this division is filled with insane soldiers, dan saya jamin mereka nggak pernah berhenti jadi menyenangkan.

Comic Girl 04

Etherlite

Saya ga percaya waktu autograph session isinya fans cewek semua, kenyataannya pasti banyak om-om kimoinya.

Tada-kun wa Koi ga Shinai 04

Etherlite

Uda dikasih hint segitu banyaknya tetep ga sadar yah… Tapi Iincho memang sedap sih, jadi Hina seksi, jadi Hinako senyumnya menenangkan jiwa.

Megalo Box 04

Kaptain

Yep, beneran tanding nggak pake Gear. That’s how you cyberpunk, tokoh utama genre ini pada umumnya adalah orang yang termarginalisasi, tentu saja untuk menekankan hal ini Joe bertarung tanpa alat yang sangat vital dalam olahraga ini. Joe nggak mungkin kalah di 5 pertandingan pertama ini jadi tentu saja setelah Samejima pertandingan disingkat sebagai Montage. Pertandingan awal ini lebih berfungsi untuk membentuk Gym Nowhere menjadi tim resmi yang bisa bekerjasama dengan baik.

Full Metal Panic Invisible Victory 03

Etherlite

Still in disadvantage, both on Sousuke-Chidori side and Merida Island base. Biar monolognya Tessa di episode 2 keren kayak gimana juga tetap ga mungkin ga ada korban. Masih adakah kesempatan untuk membalikkan keadaan? Arbalest rusak parah di opening animation juga bikin resah.

Hisone to Masotan 03

Kaptain

Air Show. Satu aspek positif yang nggak saya sangka dari kokpit perut adalah manuver yang bisa membunuh pilot di kokpit konvensional itu jadi bisa dilakukan. Sayangnya penjelasan gimana Hisone bisa jadi pilot yang lebih efektif dilewatin. Berhubung ini ditulis Okada saya ngira nasib pilot sebelumnya bakal tragis, tapi ternyata cuma gara-gara beranak dan saya prediksi Masotan juga ngedorong dia pensiun karena hal ini.

Hinamatsuri 04

Kaptain

Akhirnya fokus balik ke Hina & Nitta, both delightfully awful people. Paling nggak keduanya jadi bisa belajar jadi keluarga, dan semua karakter lain bisa lebih melek dengan betapa brengseknya bapak-anak ini.

Boku no Hero Academia 42

Kaptain

Salah satu milestone besar untuk Deku setelah turnamen musim lalu. Kali ini dia harus berhadapan dengan seseorang yang serius ingin membunuhnya dan sekarang All Might tidak bisa membantu. Jadi salah satu panel yang saya sangat ingin lihat diadaptasi jadi anime akhirnya muncul juga.

Wotaku ni Koi wa Muzukashii 03

bukan_randy

Berhasil nggak jadi didrop karena di episode ini para seiyuu bisa lebih unjuk kemampuan lebih banyak (seperti bagian Kabakura bilang “Yatta” di akhir-akhir yang sepertinya adalah adlib dari Sugita sendiri), dan karena kurang lebih saya sudah terbiasa kalau pacing animenya akan pelan.

Manga-nya tetap jauh lebih superior, jadi kalau suka animenya dan belum baca manganya, saya lebih menyarankan Anda ke sana saja.

Saiki Kusuo no Psi-Nan Season 2 14

bukan_randy

Aplikasi joke referensi seri lain yang cukup tak terduga. Punchline chapter Saiko di sini terasa agak lemah meski bisa dipakai sebagai character development ke depannya.

Sebelumnya saya merasa posisi Teruhashi sebagai main girl seri ini tak mungkin bisa digantikan, tapi lama kelamaan saya jadi makin suka dengan Aiura.

Kamen Rider Build 33

bukan_randy

Kayaknya aktornya Sento ada bisul/jerawat di bibir dan itu bikin saya ga bisa fokus tiap kali dia nongol di depan layar hahahah.

Jujur saya mulai bosan dengan transformasi Rabbit Rabit & Tank Tank yang terlalu lama karena Build harus loncat ke armor partnya satu persatu. Kamen Rider Evol akhirnya muncul, dan powernya ditunjukkan dengan sangat jelas. Sayangnya suara dan sfx beltnya IMO paling berisik dan jelek di seri ini.

Preview episode lalu membuat saya mengira kalau Gentoku akan mati, ternyata tidak. Pintar juga. Sementara di preview episode depan tampak Cross-Z yang menggunakan Evol Driver. Saya cukup terkejut melihat form baru yang tidak di-spoiler oleh majalah tokusatsu di Jepang. Tapi mengingat tidak ada spoiler dan Cross-Z Magma baru debut di eps[ode sebelum ini, saya rasa form ini hanya muncul sekilas, atau mungkin hanya flashback/what-if.

Fate/Grand Order

Dat fist bump

Etherlite

Kapan lagi bisa farming event material sambil farming QP? Kalau sedang sial dapat 500k, kalau hoki bisa 2.6jt QP per run (dengan 2 Mona Lisa LB). Sayang material di shop sedikit yang saya perlukan. Gacha juga ga menarik jadi saya simpan quartz untuk… summer 2018? Atau Lostbelt 2 kalau ada yang menarik.

NA Server

Kaptain

Dari tiket mingguan. Dapet 4 Super Success saat leveling. Someone is very excited on punching everyone in the dick on Camelot.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Berhubung kebanyakan seri musim ini sudah melewati episode ketiganya, apa saja seri yang kalian sudah fix akan terus ngikut untuk seterusnya? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.