Ryo Sonoba Rilis Manga Tentang Pengalamannya Melatih Napi Menjadi Mangaka

May 3, 2018 4:01 pm
Ryo Sonoba Rilis Manga Tentang Pengalamannya Melatih Napi Menjadi Mangaka

Penjara sekarang disebut sebagai lembaga pemasyarakatan karena idealnya napi yang mendekam didalamnya diberi keahlian profesional agar bisa menjadi warga yang produktif setelah keluar nanti. Mangaka misteri Ryo Sonoba baru-baru ini merilis manga non-fiksi “Keimusho de Manga o Oshiete Imasu” yang menceritakan tentang bagaimana dia mengajarkan para napi untuk membuat manga sebagai metode rehabilitasi.

Pusat Program Rehabilitasi Mine di prefektur Yamaguchi adalah lapas khusus untuk napi dengan masa pengurungan yang pendek maupun napi baru yang dipercaya tingkat residivisnya rendah. Napi yang dididik Sonoba telah menggambar berbagai latar karya buatannya seperti Asami Mitsuhiko Mystery Special #23: Yogore Chimatta Michi. Karya para napi juga bisa dibeli lewat situs program ini.

Situs menjelaskan bahwa program ini diharapkan dapat membantu integrasi sosial para napi dan “menumbuhkan kepedulian budaya serta konsetrasi. Manga ini rilis pada  edisi Juni Monthly Comic Flapper pada 2 Mei. Sonoba menulis di Twitter bahwa ia ingin terus bisa menggambar tentang interaksinya dengan napi selama mungkin, dengan izin dari Kementerian Keadilan Jepang.

Sejauh ini memang posisi para napi pada dasarnya bekerja sebagai asisten, mungkin saja kelak para napi bisa menggambar manga mereka sendiri sebagai proyek rehabilitasi sekaligus bisa jadi portofolio kerja saat bebas nanti.

Sumber: ANN