[JOI Spotlight] Trumpet Girl Edition

May 6, 2018 8:04 pm
[JOI Spotlight] Trumpet Girl Edition

Selamat datang JOI Spotlight pertama bulan Mei ini, yang untungnya nggak telat lagi walaupun rada maleman. Seperti biasa para staf akan memberikan berbagai impresi untuk seri yang sudah tayang Minggu ini.

Uma Musume 06

Kaptain

Episode “Silent Suzuka ngumpulin semua Deathflag”. Cukup wajar berhubung dasar kudanya dia itu kuda yang berjaya dan mati di tahun yang sama dan balapan kali ini itu berdasarkan kejadian asli. Stafnya seneng banget sama kuda gemuk.

Caligula 04

Kaptain

“Oi, tau nggak seri buku yang ditulis sama veteran salah satu medan perang paling brutal dari sejarah umat manusia yang ngebunuh para teman baiknya, dan ngebuat dia ngehadepin teror dari pengaruh kekuatan industrialisasi umat manusia terhadap perang serta manusia yang terlibat didalemnya? Tema ceritanya pasti tentang nyari perhatian.”

Oke, itu persepsi yang sangat, sangat unik terhadap LOTR. Sekali lagi boss dikalahin dengan negosiasi, yang jujur aja lebih saya hargai berhubung konflik fisik seri ini nggak menarik amat. Cuma anehnya karakter utama selaku karakter paling bawel sama sekali nggak terlibat dengan negosiasi. Memang dia sejauh ini sebagai tokoh utama mlempem banget, tapi berhubung dari gamenya sebenarnya dia itu blank slate dan karakter terakhir yang bergabung dengan klub, saya masih melihat ini sebagai peningkatan.

Mahou Shoujo Ore 05

Kaptain

A very controversial, yet very brave episode. Ini adalah episode yang kalaupun kalian nggak ngikut seri ini, saya sarankan ngecek episode ini, karena bisa aja sebuah episode yang pada dasarnya itu Shirobako + Shin Godzilla dibuat, saya harap sutradara (sekaligus penulis skrip dan storyboarder) nggak di blacklist gara-gara ini. Saya lebih optimis dengan seri ini kedepannya kalau ceritanya lebih sering kayak gini.

Legend of Galactic Heroes 04

Kaptain

Desain baru ngebuat Trunicht jadi politisi yang lebih meyakinkan, as in nggak keliatan korup banget seperti desain sebelumnya, dude still a massive jerk though. Episode ini lebih menekankan sisi buruk Federation yang nekat memulai perang yang mereka tidak siap untuk masuki dan alat-alat politiknya

Iserlohn minggu depan, memang kali ini benteng itu kurang di hype, tapi saya yakin episode selanjutnya bakal ngejabarin nilai strategis (dan untuk Yang, beban strategis) benteng tersebut di perang ini.

Golden Kamui 04

Kaptain

Saya akui sudah ada banyak peningkatan di episode ini di segala aspek. Ekspresi buat komedi udah dapet, Retar juga lebih sering dianimasiin pake 2D. Saya awalnya ingin ngedrop anime ini di episode ketiga kemarin namun ternyata kualitas produksinya bisa naik terus.

Plotpoint kalau emas Ainu itu dikutuk itu adalah sesuatu yang saya udah lupa sejak dulu baca manga-nya. Beberapa kejadian akhir-akhir ini di manga-nya jadi lebih “wajar” setelah saya ingat aspek ini.

Megalo Box 05

Kaptain

That was heavy. Ashita no Joe sendiri adalah seri yang dibuat saat Jepang memulihkan diri dari perang, dan plotpoint kali ini nampaknya adalah adaptasi modern dari aspek tersebut. Nggak adil juga sih nyalahin Nanbu karena yakin orang yang terdaftar KIA itu mati, tapi tentu saja pada dasarnya dosa Nanbu itu lari dari kehidupan lamanya.

Biasanya kalau cliffhanger melibatkan karakter kalah/mati dia bakal bangun lagi di episode selanjutnya. Kecuali Joe emang kalah kali ini karena that’s one way to do an upset.

Hisone to Masotan 04

Kaptain

Jujur aja karakter macem Hoshino ini ekstra nyebelin di setting ini. Karena dia itu kebalikan dari semua pilot pesawat tempur. Saya menolak simpati ke dia karena koordinasi dengan wingman aja ga bisa. Dengan kata lain ini adalah tipe jelek dari melodrama Okada, tipe yang gampang banget ditebak penyelesaiannya gimana.

Darling in the Franxx 16

Kaptain

Opening baru. Lebih lekat dengan image Little Mermaid sekarang. Jujur saja saya lebih terima seri ini jadi Little Mermaid with Giant Robot daripada Liftrasir with Giant Robot melihat banyaknya konsep mitologi Nordik yang dipake, paling nggak di cerita pertama yang mati lebih dikit. Image endingnya juga jadi lebih depresif.

Setelah ditinggal sebulan tim 13 bisa mulai mandiri dan melepaskan diri dari indoktrinasi. Zorome yang pada dasarnya itu loyalis ternyata malah yang paling cepet lompat kapal dan saya bisa yakin dia lebih setia dengan tim daripada dengan Papa. 02 udah tobat dan sekarang jauh lebih kooperatif. Tinggal Ikuno aja yang butuh karakterisasi yang lebih berarti.

Miku is dying, namun Nana sudah pernah mengalami proses yang sama jadi masih ada harapan untuk para anak-anak untuk tumbuh. Penyakit yang dialami mereka entah lebih karena stres, karena mulai membiasakan diri untuk “bebas”, atau karena tanggal kedaluwarsa mereka sudah dekat. Ini yang ngebuat episode “santai” ini jadi menakutkan dibandingkan episode aksi.

Klaxosaur punya struktur kekuasaan, namun saya lebih kaget kalau APES punya saluran diplomatik ke mereka. Sesuai gambar di atas dan di opening, ada mahluk sejenis 02 yang berkuasa.

Hinamatsuri 05

Kaptain

Balik lagi ke pola Anzu & Hitomi got screwed. Masuk ke episode 5 ini aspek Yakuzanya Nitta anehnya nggak sebanyak manganya. Nggak masalah sih berhubung stafnya cukup sadar kalau Hitomi & Anzu itu bisa ngecarry anime ini, tapi saya ingin kakaknya Nitta buruan dikenalin.

Comic Girl 05

Etherlite

Episode Koyume being too bright. Bagi kalian yang ga sadar (sebenarnya saya juga awalnya ga sadar), 4 cewe yang main dengan Koyume waktu yang lain sibuk sketching itu dari short anime Wakaba Girl (animated by the same studio).

Fate/Grand Order

Siapa yang ngeracunin Mordred main PUBG?

Etherlite

Apel ludes, dari 55 sekarang tinggal 15. Masih butuh banyak jantung, gigi naga, bulu phoenix & some other materials tapi apelnya saya simpan dulu deh, ngerjain free quest tanpa bonus QPnya agak males.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Maaf kalau JOI Spotlight kali ini lebih gersang dari biasanya berhubung para staf juga lagi ada urusan di luar. Tentu saja kalian bisa memberikan impresi kalian sendiri di kolom komentar di bawah. Berhubung saya menggunakan header di atas saya bertanggung jawab untuk posting ini.

Header: Lorpo