Mangaka ‘Kishin Douji Zenki’ Tutup Usia Karena Serangan Jantung

May 16, 2018 5:17 pm
Mangaka ‘Kishin Douji Zenki’ Tutup Usia Karena Serangan Jantung

Kabar duka ini disampaikan oleh istri Yoshihiro Kuroiwa melalui pengumuman yang disampaikan di blog pribadi Yoshihiro Kuroiwa pada hari ini. Mangaka Kishin Douji Zenki telah tutup usia pada tanggal 8 Mei karena serangan jantung. Pihak keluarga juga telah melakukan upacara pemakaman untuk Yoshihiro Kuroiwa. Sang istri juga mengatakan bahwa ia menunda pengumuman tersebut karena masih terkejut.

Saya sebagai salah satu orang yang pernah menonton adaptasi anime Kishin Douji Zenki yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi Indonesia turut merasa berduka atas meninggalnya Yoshihiro Kuroiwa. Semoga pihak keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

Yoshiro Kuroiwa dikenal menggambar ilustrasi untuk manga Kishin Douji Zenki bersama dengan Kikuhide Tani yang bertugas membuat ceritanya. Manga Kishin Douji Zenki terbit di majalah mingguan Weekly Shounen Jump dari tahun 1992 hingga 1996. Seri ini juga diadaptasi menjadi serial anime sebanyak 51 episode oleh Studio DEEN pada tahun 1995 dan RCTI menayangkan anime ini sekitar tahun 2000 ketika waktu itu saya masih SMP.

Setiap pulang sekolah saya langsung pulang untuk bisa menyaksikan anime ini, ditayangkan pukul dua siang setiap hari. Jadi ketahuan seberapa tuanya saya sekarang. Serial anime-nya juga mendapatkan adaptasi OVA berjudul Kishin Dōji Zenki Gaiden: Anki Kitan pada tahun 1997.

Yoshihiro Kuroiwa juga menjadi ilustrator untuk manga spin-off Macross Frontier yang berjudul Macross Frontier: Chou Jikuu Uta-Miko Ranka pada tahun 2008. Kemudian ia menggambar untuk serial manga Buddy Spirits bersama Miyuki Kishimoto yang menuliskan jalan ceritanya dari tahun 2013 hingga 2014.

Belakangan beliau meluncurkan serial manga Otomegami Amaterasu di situs manga bernama Home-sha pada bulan April 2017, dan akhirnya manga tersebut tidak selesai setelah chapter 13 muncul. Chapter 14 yang tidak selesai menjadi karya terakhir beliau, dan pihak penerbit akan menampilkannya bila pihak keluarga mengizinkan. Manga kompilasi pertamanya telah terbit pada bulan Desember tahun lalu.

Sumber: ANN