[JOI Spotlight] Spring Midseason 2018 Edition

May 20, 2018 8:01 pm
[JOI Spotlight] Spring Midseason 2018 Edition

Selamat datang JOI Spotlight pertama di bulan puasa ini. Seperti minggu sebelumnya para staf akan memberikan berbagai impresi untuk seri yang sudah tayang minggu ini yang kebanyakan sudah masuk pertengahan masa tayangnya.

Uma Musume 08

Kaptain

Damnit Spe-chan. Kuda dunia ini nampaknya bisa pake Ultra Instinct kalau ditolak gebetan. Grass Wonder yang asli memang rival dari Spe-chan, jadi memulai konflik anime-nya dengan cara seperti ini boleh juga.

Caligula 06

Kaptain

There you go, semua anggota bisa pake Catharsis sekarang dan Ritsu yang daya gedornya paling tinggi jadi pimpinan klub. Dengan ini nampaknya resmi kalau animenya mengambil rute baru yang tidak ada di gamenya.

Mahou Shoujo Ore 07

Kaptain

Back on track ke adaptasi bab manganya, jadi balik lagi ke masalah dasar adaptasi ini yaitu adegan yang diulur-ulur agar muat dengan durasi penayangannya.

Golden Kamui 06

Kaptain

Yep, Nihei masih tetap menyenangkan di adaptasi ini, ini alasan kenapa kebanyakan meme seri ini itu ngeliatin panelnya dia. Di promo awal anime ini aja dia sering dikedepanin, yang cukup wajar berhubung dia itu salah satu boss musuh terbaik dari semua arc seri ini. Sebagai pembaca manga agak nostalgia juga ngelihat lagi Tanigaki yang proporsinya masih normal.

Legend of Galactic Heroes 07

Kaptain

Infiltrasi Iserlohn seri TV ini cukup menarik berhubung teknologi adaptasi ini lebih modern. Schonkopf di seri orisinalnya bisa masuk hanya dengan informasi darurat, di OVA dengan senjata keramik, dan kali ini berhubung keamanan dunia sudah melek dengan senjata dari 3D printing, metode Schonkopf yang ngandalin gas dan pulpen itu semacam kompromi untuk dua cerita pendahulunya karena di OVA Iserlohn dikuasai dengan perang infantri sementara novelnya menggunakan gas yang disemprot ke sistem ventilasi.

Yang juga sudah mulai duduk asal-asalan di bridge kapal yang bakal jadi brandnya dia sebagai komandan. Oberstein di OVA sebenarnya diperintah untuk “pergi” yang dia tangkep sebagai “pergi dari kapal dan cari atasan yang nggak tolol”, jadi di sini kesannya lebih ke arah desersi.

Megalo Box 07

Kaptain

Mikio itu contoh antagonis yang efektif, nggak cukup dia punya dukungan komite perusahaan dan salah satu Gear paling mutakhir di anime ini, dia juga udah nyiapin materi ancaman biar Joe didiskualifikasi. Memang timer pertandingan sudah habis, tapi Yukiko jelas-jelas punya rencana dan Joe yang sekarang sudah jadi Public Figure tentu punya cukup pengaruh untuk mendapat pengecualian dari sistem penduduk.

Full Metal Panic! Inivisible Victory 05

Etherlite

Eh? Ini anime apa lagi? Chidori gimana? Melihat opening animationnya sih kemungkinan… Cari Laevateinn untuk jadi pengganti Arbalest? That product ads placement though… Alter, MF, Plamax…

Comic Girls 07

Etherlite

A bit bland this week. Paling tidak ada sedikit development, meskipun fisiknya masih ga berubah, mindset kaos-chan sebagai mangaka makin berkembang.

Hinamatsuri 07

Kaptain

Adaptasi ini fokus ke tiga aspek, Anzu being good girl, Hitomi being powerful, dan Hina yang sedikit demi sedikit jadi kurang bandel. Hasilnya sisi profesi Yakuza Nitta yang merupakan 60% manganya nyaris nggak ada. Pilihan yang bisa dimengerti melihat kuantitas bab yang mesti diadaptasi biar bisa sampai ke adegan pembuka musim dan mungkin juga staf produksinya nggak mau nyari perkara dengan Yakuza. Makanya keterlibatan mereka pada pemilu OSIS kali ini itu relatif legal.

Hisone to Masotan 06

Kaptain

Masih nggak suka dengan Hoshino, dia itu jadinya mau terbang, jadi pilot pesawat tempur, atau khusus jadi pilot F-2? Karena dia protes harus pake pesawat yang walaupun material biologinya lebih banyak dan perawatannya itu unik; fungsinya itu pada dasarnya sama, basis dramanya dia itu lemah banget jadinya. Pilot OTF dari mimpi saya prediksi adalah nenek yang jualan Joie

Darling in the Franxx 18

Kaptain

Dibanding saat melihat preview, yang terjadi di episode ini lebih adem dibanding prediksi saya yang melibatkan kematian karakter dan perpecahan permanen tim. Beban dari Ikuno bisa direspon dengan baik oleh Ichigo, dan pasutri baru kita juga bisa balik tim setelah “penyesuaian” yang saya yakin banget bisa disembuhin bila gambar di atas bisa dipercaya. Untuk alasan kenapa 2 orang berisiko ini dibalikin, ini antara APES yang optimis sudah menang dan Parasites yang tersisa akan dilikuidasi dalam waktu dekat jadi mereka nggak mikir panjang, atau mahluk yang jelas-jelas nggak punya empati ini mana bisa nebak perilaku manusia.

APES sendiri juga nyatanya nggak satu pikiran. Badan beberapa dari mereka yang kosong serta para orang dewasa yang steril itu mulai membuat saya nangkep dengan dasar ideologi mereka. “Humanity is a pain” makanya sistem manusia yang dianggap nggak efisien seperti jenis kelamin, reproduksi internal, dan emosi itu dianggap sebagai beban dan hasilnya bisa kita lihat sendiri pada masyarakat ini. Sementara diskusi Ichigo dan Ikuno di episode ini itu menunjukkan kalau walaupun menderita, itu semua adalah penderitaan yang patut dideritai.

Hachi sendiri juga merupakan Parasites yang sudah diproses lebih lanjut. Walaupun emosinya sudah hilang dan Nana selaku pengasuh Plant 13 itu sedang di isolasi, saya cukup optimis dirinya dan Nana pada akhirnya akan berpihak ke Plant 13 melihat ingatan mereka sebagai Parasite kembali lagi.

bukan_randy

Kejadian buruk tetap kejadian buruk, tapi memang, tidak separah dugaan, terutama karena nanti-nanti bisa diperbaiki dengan “kekuatan cinta”.

02 tampaknya mulai ada PTSD (atau mungkin dari dulu sudah ada). Sejujurnya saya merasa itu seharusnya bukan sesuatu yang 02 khawatirkan, tapi mungkin ini ditaruh sebagai konflik internal terakhir 02 menuju akhir cerita ini.

Adanya anggota APES yang tidak tahu/tidak sepenuhnya setuju dengan rencana pembunuhan putri Klaxosaur, bersama dengan kelompok Dr. Franxx setidaknya membuat saya sedikit lega melihat kemungkinan besar seandainya Hiro dkk memberontak, kemungkinan mereka tidak akan sepenuhnya sendirian.

Gundam Build Divers 07

bukan_randy

Entah kenapa kelupaan terus buat nulis soal anime ini.

Setelah beberapa episode yang kualitas ceritanya naik turun, untungnya episode ini berhasil menunjukkan team battle yang lebih bagus dari team battle manapun di Gundam Build Fighters Try. Setidaknya kemungkinan battle-battle ke depan takkan selalu diselesaikan dengan jurus pamungkas dari MC, mungkin.

Entah berapa lama sebelum para anggota Build Divers sadar kalau Sara itu kemungkinan sangat besar bukan player.

Kamen Rider Build 35

bukan_randy

Sama seperti Infinity War kemarin-kemarin, meski ceritanya masuk ke titik yang paling kelam, saya senang masih ada lawakan di sini.

The bad guy achieved ultimate victory, or so it seems. Seharusnya pada titik ini bumi sudah hancur, tapi preview episode berikutnya menunjukkan kalau itu tidak terjadi. Entah bagaimana kelanjutan ceritanya.

Saya kira karena Evolt Dragon form sudah muncul, berarti saya sudah aman dari spoiler untuk melihat review mainan Evol Driver. Ternyata masih ada spoiler kemunculan Evolt Rabbit form. Haih. Setidaknya bagaimana caranya bisa sampai ke sana masih bisa saya tunggu-tunggu.

Fate/Grand Order

Majin Saber when?

Etherlite

Guda Guda Meiji Ishin rerun! ….Jujur ga begitu semangat, tapi event ini ngasih spirit root, jantung & magatama jadi paling tidak bisa skill max Raikou-mama, Abby & Ereshkigal. Gachanya juga ga menarik (batangan semua) jadi tabungan quartz makin terisi. Tahun ini ada event guda guda yang baru ga ya?

NA Server

Kaptain

Penyesuaian Server NA? 50 Milyar HP tambahan. Orion kemaren + Tamamo sejauh ini cukup enak buat 3 BP dan kecepatan pemain juga lumayan walaupun kuantitasnya lebih dikit. Nggak terlalu minat sama mayoritas material toko jadi kali ini saya santai aja ngumpulin damage point.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Berhubung kita sudah di tengah periode anime musim semi, seri apa yang musim ini kalian optimis akan lanjut sampai akhir? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: Naomi_Fantasia