CEO PlayStation: PS4 Masuki Fase Akhir Siklus Hidupnya

May 23, 2018 11:54 am
CEO PlayStation: PS4 Masuki Fase Akhir Siklus Hidupnya

Dalam Sony Investor Relations Day 2018, John (Tsuyoshi) Kodera selaku president dan CEO Sony Interactive Entertainment mengatakan bahwa PlayStation 4 sudah mulai memasuki fase akhir dari siklus hidupnya.

Konsol ini pertama kali rilis di Amerika dan Eropa pada bulan November 2013, kemudian rilis di Indonesia pada Januari 2014, dan Jepang pada bulan Februari 2014. Menurut Sony, penjualan konsol ini sudah menembus 79 juta unit per 31 Maret 2018.

Walau PlayStation 4 yang memasuki fase akhir akan menghasilkan dampak negatif pada angka penjualan, Kodera menjelaskan bahwa pendapatan berulang melalui layanan keanggotaan seperti PlayStation Plus bisa mengurangi dampak negatifnya.

Kodera mengatakan bahwa walau Sony terus berinvestasi pada first-party, mereka tidak hanya berfokus membuat IP baru saja. Pembaharuan IP yang dimiliki dan pengembangan IP yang sukses menjadi franchise adalah bagian dari rencana Sony untuk memperkuat konten yang mereka hadirkan.

Menurut Kodera, rencana manajemen jangka menengah saat ini, yang akan berjalan hingga Maret 2021, diperkirakan merungkuk sementara untuk terus memperkuat bisnis PlayStation.

Mengenai PlayStation VR, Kodera mengatakan bahwa walau platform-nya terus terjual, kecepatan pertumbuhan pasarnya secara keseluruhan di bawah perkiraan. Mulai sekarang, mereka akan menargetkan petumbuhan yang sehat dengan target yang lebih realistis.

Untuk rencana Sony Interactive Entertainment di tahun fiskal 2018 (dimulai 1 April 2018), mereka akan memperkaya dan memanfaatkan judul eksklusif di PlayStation 4, meningkatakn install base dan jumlah pengguna aktif, dan meningkatkan pendapatan berulang (PlayStation Plus, PlayStation Store, PlayStation Now, dan lainnya).

Kalian bisa membaca lengkap presentasi Sony Investor Relations Day 2018 di link berikut.