[JOI Spotlight] Second Week of Fast Edition

May 28, 2018 7:08 pm
[JOI Spotlight] Second Week of Fast Edition

Selamat datang JOI Spotlight di minggu kedua bulan puasa ini. Yang maaf kali ini telat karena staf lagi banyak dapet undangan buber. Tentu saja kami akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang sudah tayang minggu lalu.

Uma Musume 09

Kaptain

Episode yang ekspresif. Suzuka resmi nggak jadi dikirim ke pabrik lem pet food  pensiun dan El Condor got dunked. Cuma ngeliat latihan kali ini ngebuat saya penasaran, kenapa cuma balapan sirkuit? Kenapa nggak ada lebih banyak balapan resmi alternatif macem triathlon, marathon, atau malah balapan chariot dan jousting sekalian. Saya bersedia keluar duit banyak buat ngeliat Uma Musume: Pretty Furusiyya.

Caligula 07

Kaptain

Timeskip sebulan. Entah kenapa salah satu Musician lompat kapal jadi anggota klub, planning to explain that anytime show? Dari awal sudah ditekanin kalau Muse itu sama sekali nggak ngerti bagaimana cara membantu manusia, makanya tipe AI antagonis yang jujur cuma ingin membantu ini jadi punya horror tersendiri.

Legend of Galactic Heroes 08

Kaptain

Oberstein resmi gabung dengan timnya Reinhard. Di OVA, Castrop bisa pede memberontak karena punya sistem pertahanan Artemis Necklace yang bisa mukul mundur armada Empire dan Kircheis harus kreatif untuk menghadapinya. Di novel konflik ini cuma makan dua paragraf dan untuk adaptasi ini strategi Kircheis itu lebih berat di “berdoa pimpinan musuh itu bego banget” yang to be fair berhubung Castrop aja nekat memberontak tanpa superweapon yang bisa ngatasin pasukan yang mau dateng, ini merupakan observasi yang masuk akal.

Comic Girls 08

Etherlite

Kaos-sensei kelebihannya memang bisa bangkit lagi setiap kali menghadapi kegagalan, tapi dari segi story, art maupun characternya ga ada kemajuan… Meanwhile, bu guru cosplay JKnya lewd banget.

Golden Kamui 07

Kaptain

Bye Nihei, welcome to the club Ainu dog & Tanigaki. Sebenarnya habis duel antara Nihei dan Retar ada eksposisi tentang catatan sejarah kepunahan Serigala Ezo/Sakhalin, cuma saya yakin ini dilewatin karena kesannya ngebuat klimaks emosional dari duel pemburu ini terlalu depresif.

Megalo Box 08

Kaptain

Bukan episode yang jelek, tapi saya nggak yakin anime ini punya cukup waktu untuk subplot semacam ini. Kita udah tahu konflik perusahaan keluarga Shirato dan Joe pasti bakal ngelawan Mikio, jadi saya nggak yakin jatah episode yang tersisa malah dipakai untuk tim Nowhere yang sibuk debat dengan manajemen perusahaan + yakuza gara-gara kemakan bluff.

Full Metal Panic Invisible Victory 06

Buat apa Chidori kalo ada… eh…

Etherlite

Akhirnya jelas kenapa Sousuke main-main di Namsac. But then again, uda tau nyari jalan masuk ke sarang musuh, kenapa masih pake nama asli? Langsung ketauan deh…

Hinamatsuri 08

Kaptain

Ikaruga saya nyaris lupa ada di seri ini, tapi Shinjou saya akui bener-bener lupa. Shinjo itu tipe karakter yang pasti dipotong dari adaptasi berhubung di manganya sendiri saya nggak inget dia ada cerita selain ini.

Darling in the Franxx 19

Kaptain

Kebanyakan informasi dari episode ini mengkonfirmasi kebanyakan prediksi dari sebab situasi dunia ini, jadi saya akan fokus ke informasi yang bener-bener nggak saya duga. Pertama timeline dunia ini ternyata tidak terlalu jauh, baru sekitar 50 tahun sejak dunia hancur akibat kombinasi serangan Klaxosaur dan kerusakan alam akibat tambang magma.

APE adalah organisasi independen yang secara efektif menguasai dunia berkat teknologi mereka. Semua anggota atau paling nggak sebagian dari mereka bukan manusia, dan fakta bahwa mereka tiba-tiba muncul, teknologi andalan mereka itu magma, dan Klaxosaur itu punya peradaban memberi cukup petunjuk dari mana mereka datang.

Werner Frank. Manusia yang terobsesi dengan batas sekaligus potensi sebuah spesies. Ada yang bilang kalau wujud mudanya yang mirip sama Hiro itu petunjuk kalau Hiro itu kloningannya dia, tapi saya lebih ngeliat ini sebagai Frank yang merupakan bapak teknologi kloning dunia ini sebagai orang tua semua Parasite. Orang ini ngeliat sang Putri Klaxosaur sebagai mahluk paling sempurna dan melihat manusia dunia ini sudah macet akibat keabadian mereka, dan nampaknya dia merencanakan Hiro dan 02 sebagai penggantinya. Saya melihat tujuan utama episode ini adalah untuk menekankan posisi cerita dari Dr. Franxx selaku individu yang paling “berjasa” memulai cerita seri ini.

Misi episode selanjutnya itu kemungkinan besar misi bunuh diri melihat APE nggak keberatan buat kesepakatan dengan tim 13 yang pada dasarnya pengen desersi. Cuma berhubung minggu depan ada special broadcast lagi, kita mesti nunggu lebih lama.

bukan_randy

Sepertinya memang ada hukum wajib bagi anime mecha yang settingnya di bumi untuk memastikan kalau Australia bonyok sebelum cerita dimulai ya hahaha.

Episode backstory reveal yang cukup banyak dengan hal-hal yang sudah diperkira/di-foreshadow. Yang saya kaget itu Klaxosaur benar-benar murni muncul sendirinya atau bukan akibat dari Dr. Frank ataupun APE, setidaknya sejauh yang disebut di episode ini. Saya masih merasa ada misteri lain antara hubungan APE dengan Klaxosaur, mengingat sang Klaxosaur princess sendiri bertanya-tanya kenapa manusia membunuh Klaxosaur.

Kemunculan Klaxosaur sendiri bagi saya terasa seperti hukuman ironis bagi manusia yang menjadi hidup kekal. Manusia yang sekarang tak lagi butuh pasangan maupun beranak kini malah butuh pasangan cowok-cewek anak-anak untuk melindungi mereka dari Klaxosaur.

Jadi tampaknya para anggota Nines adalah klon dari sang Klaxosaur princess, dengan 02 sebagai salah satu klon tersuksesnya. Sepertinya ini juga menjelaskan mengapa para Nines bisa melakukan pasangan cowok-cowok dalam memiloti Franxx.

Saya cuma merasa agak sayang urutan ceritanya adalah Dr. Frank sudah membuat Franxx sebelum bertemu dengan Klaxosaur princess, karena seandainya dibalik, itu bisa menjadi penjelasan jelas tentang mengapa desain Franxx terutama kokpitnya seperti itu, mengingat semangat hidupnya adalah karena nafsuan sama dino princess.

Hisone to Masotan 07

Kaptain

Walaupun premis bikin para pilot patah hati bikin saya khawatir bakal bikin bom drama lagi, nyatanya episode ini bisa ngasih karakterisasi yang bagus banget ke banyak karakter mulai dari movie buff, slutty, dan suka banget Kingdom. On that note bab yang dipegang Jimmy itu emang bab Kingdom yang paling baru dan seiyuu dia dan si menteri itu udah nikah IRL.

Kamen Rider Build 36-37

bukan_randy

Maju-mundur berkali-kali antara Evolt dan para Kamen Rider dalam waktu yang cukup singkat, sampai-sampai dalam 2 episode bisa muncul 3 form baru (terus episode depan Mad Rogue juga debut). Saya agak bingung dengan makna form Great Cross-Z Dragon kalau ujung-ujungnya tetap akan pakai form Cross-Z Magma lagi, tapi setidaknya saya bersyukur form Magma tidak hanya nongol 3 kali sebelum diganti dan form terakhir Cross-Z bukanlah color swap, nggak kayak Evolt, yang lucunya base formnya malah jauh lebih warna-warni ketimbang final formnya.

Saya sudah bilang begini minggu lalu, tapi saya akan terus memuji sebuah cerita yang masih bisa memasukkan komedi lucu yang ngena meskipun kondisi para protagonis sedang terpuruk.

Saya juga kaget melihat Vernage muncul lagi dan berbicara, mengingat seiyuunya sempat sakit tenggorokan.

Girls Frontline

Kaptain

Event pertama. Beda dengan server KR yang harus mati-matian grinding buat ngedrop FiveSeven, global cuma perlu dapet poin dari event. Udah pada ngehemat tiket+data training buat minggu 2-3 kan? Saya nggak yakin sih bisa sempat ngebuka equipment calibration selama event walaupun doll udah mulai 4x link.

Praregistrasi server JP buka akhir Juni nanti, jadi harusnya kuantitas fanart bakal naik juga di bulan Juli.

bukan_randy

Beberapa unit echelon utama saya sudah mulai memasuki 4x link, yang mana juga jadi pedang mata dua buat saya karena saya juga akhirnya mendapatkan kedua wishlist utama saya, Lee Enfield dan Vector, dan minimnya core karena digunakan untuk 4x link membuat saya kerepotan menaikkan mereka berdua.

Saat ini saya tinggal butuh Welrod & MchG5, setelah itu kemungkinan untuk waktu yang cukup panjang saya akan masuk tahap “craft karakter cuma demi core”. Tapi besok mau ada beberapa karakter baru sih.

Fate/Grand Order

3 lagi bisa 1 page full

Etherlite

What to discuss? Saya sendiri ga gitu semangat ngerjain eventnya. Setelah dapat material yang diperlukan, sekarang cuma mengandalkan natural AP regen untuk pelan-pelan ngumpulin 1jt point each.

NA Server

Kaptain

Tanpa niat main sekalipun entah kenapa kesampean 300 juta damage point. Xuanzang tiga hari lagi dan saya cuma minat ngeliat story sama ngeroll ngarepin Li doang. Ngeliat flow grinding-nya aja udah eneg.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Maaf kalau di bulan puasa ini jadwal JOI Spotlight rada variatif karena para staf juga lagi banyak acara di luar dan siap-siap mudik.