‘Pokemon Let’s Go, Pikachu’ & ‘Pokemon Let’s Go, Eevee’ Resmi Diumumkan

May 31, 2018 11:56 am
‘Pokemon Let’s Go, Pikachu’ & ‘Pokemon Let’s Go, Eevee’ Resmi Diumumkan

Ternyata game utama yang diumumkan dalam Pokemon 2018 Video Game Press Conference adalah “Pokemon Let’s Go, Pikachu” dan “Pokemon Let’s Go, Eevee” yang akan hadir untuk Nintendo Switch.

Kedua game ini terinspirasi dari Pokemon Yellow yang pertama kali rilis untuk Game Boy pada tahun 1999. Tidak hanya itu, game ini juga bisa terhubung dengan Pokemon Go. Kalian akan bisa menjelajahi wilayah Kanto bersama rekan kalian Pikachu atau Eevee. Keunikan lainnya adalah ketika kalian menangkap Pokemon liar, kalian akan menangkapnya dengan cara seperti di Pokemon Go. Game ini juga mendukung permainan local co-op untuk menjelajahi Kanto bersama teman kalian.

The Pokemon Company juga menyiapkan controller baru yang bernama Poke Ball Plus yang bisa digunakan dalam Pokemon Let’s Go, Pikachu, Pokemon Let’s Go, Eevee, dan Pokemon Go. Controller berbentuk Poke Ball ini dilengkapi dengan control stick dan tombol di sisi atas untuk mengendalikan game-nya serta LED dan suara untuk notifikasi. Pada saat dihubungin dengan Pokemon Let’s Go, Pikachu dan Pokemon Let’s Go, Eevee, Poke Ball Plus akan berfungsi seperti Joy-Con. Selain itu, kalian juga bisa memasukkan salah satu Pokemon ke dalam Poke Ball Plus untuk dibawa bersama pada saat kalian pergi keluar. Sedangkan pada saat dihubungan dengan Pokemon Go, Poke Ball Plus akan bekerja seperti Pokemon Go Plus.

The Pokemon Company menutup presentasinya dengan mengumumkan bahwa core Pokemon RPG yang diumumkan dalam E3 2017 akan rilis pada paruh akhir 2019.

Detil lebih lanjut mengenai game-game yang diumumkan terungkap melalui sesi tanya jawab:

Pokemon Let’s Go, Pikachu dan Pokemon Let’s Go, Eevee

  • 151 Pokemon dari generasi pertama dan beberapa Alolan form (seperti Exeggutor) akan hadir dalam game ini.
  • Tidak ada pertarungan melawan Pokemon liar, tetapi kalian bisa bertarung melawan trainer lain.
  • Akan ada 1 Pokemon yang benar-benar baru. Kalian bisa bertemu dengan Pokemon baru ini dengan cara menghubungkan game-nya dengan Pokemon Go. Pokemon Let’s Go, Pikachu dan Pokemon Let’s Go, Eevee bisa terhubung ke Pokemon Go melalui Bluetooth. Ada ide gameplay lainnya yang masih dirahasiakan ketika game-nya dihubungkan. Pemain yang bermain kedua game akan mendapatkan hadiah.
  • Pokemon Let’s Go, Pikachu dan Pokemon Let’s Go, Eevee dipandang sebagai langkah selanjutnya untuk para pemain Pokemon Go, karena itu sistem menangkap dan model Pokemon-nya serupa.
  • Kalian akan tetap bisa bertukar dan bertarung, tetapi kalian akan memerlukan beberapa konsol Nintendo Switch. Namun kalian bisa memiliki beberapa akun di konsol yang sama.
  • Insinyur dari Nintendo membantu pembuatan Poke Ball Plus. Konsepnya adalah membuat alat yang paling menyerupai dengan Poke Ball nyata dan terasa di dalamnya ada Pokemon.
  • Rekan kalian (Pikachu atau Eevee) tidak bisa berevolusi, tetapi kalian bisa menangkap Pikachu atau Eevee liar untuk dievolusikan.
  • Pokemon rekan kalian akan mengambil 1 slot dari party yang terdiri dari 6 slot, dan kalian akan bisa menaruhnya dalam box. Cara kerja box sedikit berbeda karena sekarang berada dalam tas kalian.
  • Fitur untuk transfer dari Pokemon Go ke Pokemon Let’s Go, Pikachu dan Pokemon Let’s Go, Eevee akan dibuka sekitar pertengahan game-nya. Akan ada juga mini-game yang bisa kalian mainkan ketika memindahkan banyak Pokemon.
  • Candy dari Pokemon Go tidak memiliki efek di Pokemon Let’s Go, Pikachu dan Pokemon Let’s Go, Eevee. Junichi Masuda tidak mengkonfirmasikan apakah kalian bisa transfer Pokemon dari game Switch dan mengubahnya menjadi candy.
  • Karakter pemain akan otomatis naik ke Pokemon apa pun yang cukup besar.
  • Tidak ada HM.
  • Kalian akan mendapatkan EXP dari menangkap Pokemon dan pertarungan melawan trainer.
  • Event Pokemon dari Pokemon Go tidak bisa ditransfer ke Pokemon Let’s Go, Pikachu dan Pokemon Let’s Go, Eevee.
  • Kontrol pada saat menangkap Pokemon di handheld mode akan membuat kalian harus menggerakan konsolnya dan menekan tombol untuk melempar Poke Ball. Tidak ada kontrol touch screen dan fungsi gyro diperlukan.
  • Tidak ada informasi mengenai Z-Mode atau Mega Evolution di Pokemon Let’s Go, Pikachu dan Pokemon Let’s Go, Eevee.
  • Mereka masih belum memutuskan bagaimana experience dari menangkap Pokemon dan pertarungan trainer akan dibagi (secara rata, per Pokemon, lainnya)
  • Menukar dan bertarung akan bisa dilakukan lewat local wireless antar Switch atau di layar yang sama. Pertarungan online masih belum jelas karena banyak informasi beredar yang bertolak belakangan.
  • Peta Kanto akan sangat menyerupai dengan peta aslinya, tetapi ada perbedaan grafis. Kalian tidak bisa pergi ke Johto.
  • Walau ada Alolan form dari beberapa Pokemon, Pokemon Let’s Go, Pikachu dan Pokemon Let’s Go, Eevee tidak memiliki hubungan dengan dengan Pokemon Sun dan Pokemon Moon.
  • Perbedaan antara Pokemon Let’s Go, Pikachu dan Pokemon Let’s Go, Eevee masih sama dengan game-game Pokemon sebelumnya.

Pokemon RPG baru yang rilis akhir 2019

  • Pokemon RPG baru yang akan rilis pada akhir 2019 adalah game yang benar-benar baru dan bukan sekuel dari Pokemon Let’s Go, Pikachu dan Pokemon Let’s Go, Eevee, dan tidak terpengaruh Pokemon Go. Pokemon Let’s Go, Pikachu dan Pokemon Let’s Go, Eevee akan lebih berfokus pada home gaming, sedangkan Pokemon RPG yang rilis pada akhir 2019 akan lebih berfokus pada elemen-elemen dari handheld game. Game-nya sudah dikerjakan sejak Switch belum rilis.

Pokemon Quest

  • Tidak ada fitur data terhubung antara versi Switch dan mobile dari Pokemon Quest. Kalian tidak memerlukan koneksi internet untuk memainkan game ini.

Pokemon Let’s Go, Pikachu dan Pokemon Let’s Go, Eevee akan rilis di seluruh dunia pada tanggal 16 November untuk Nintendo Switch.

Sumber: Gematsu (1, 2)