Seiyuu ‘Nidome no Jinsei o Isekai de’ Mundur dari Proyek Anime Akibat Kontroversi Penulis

June 6, 2018 3:49 pm
Seiyuu ‘Nidome no Jinsei o Isekai de’ Mundur dari Proyek Anime Akibat Kontroversi Penulis

MINE selaku penulis orisinal dari “Nidome no Jinsei o Isekai de” akhir-akhir ini didera oleh kontroversi akibat konten dari LN isekai miliknya sekaligus opini rasis terhadap China dan Korea Selatan. Hal ini berujung pada mundurnya seiyuu Toshiki Masuda, Megumi Nakajima, Kiyono Yasuno, dan Nanami Yamashita dari peran mereka masing-masing.

Dasar dari kontroversi ini adalah latar belakang Renya Kunugi yang merupakan veteran perang Jepang-China saat Perang Dunia 2. Dirinya dikatakan telah membunuh lebih dari 3.000 orang dan ini dilihat beberapa pembaca luar, terutama dari China, bahwa dirinya terlibat pada pembantaian pada perang tersebut. Tentu ada yang melihat deduksi terhadap latar belakang ini terlalu berlebihan dan lebih mudah berasumsi bahwa penulis LN yang berasal dari situs Narou itu cenderung masih belum terlalu pandai mendeskripsikan skala kekuatan. Oleh karena itulah kuantitas orang yang pernah dibunuh dijadikan standar.

Hanya saja MINE sendiri memiliki reputasi jelek mengenai topik tersebut Twitter. Pengguna Twitter @SonmiChina memposting gambar Twitter yang sudah pernah dihapus dari 2012 hingga 2015 yang menghina China dan Korea Selatan, di mana dia pernah memposting bahwa China adalah “Negeri Serangga”. Hal ini membuat lebih banya netizen yang berpendapat bahwa staf produksi anime kurang pantas mengerjakan seri seperti ini.

MINE sendiri telah meminta maaf kepada berbagai pihak dan memutuskan untuk segera menghapus akun Twitter miliknya. Dirinya meminta maaf “tulisan buruk” novelnya mengakibatkan kontroversi dan mencabut novelnya dari situs Narou dan berencana untuk berkoordinasi dengan penerbit untuk mengkoreksi isi cetakan selanjutnya novelnya. Situs resmi anime ini juga sudah tidak dapat diakses dari luar Jepang.

Staf produksi anime ini adalah:

  • Sutradara: Keitarou Motonaga
  • Komposisi Seri: Takamitsu Kouno
  • Skrip: Takamitsu Kouno, Touko Machida, Koujirou Nakamura, Chabo Higurashi
  • Desainer Karakter: Makoto Takahoko
  • Studio: Seven Arcs Pictures

Seri ini menceritakan tentang Renya Kunugi yang meninggal secara alami pada usia 94 tahun. Hanya saja seorang gadis yang mengaku merupakan seorang dewi menunggunya di alam selanjutnya dan memintanya untuk menetap di dunia lain. Tentu saja dia akan diberikan kekuatan luar biasa serta tubuh baru yang lebih muda di dunia baru tersebut. Renya memutuskan untuk menerima tawaran ini setelah mendengar tentang makanan yang hanya ada di dunia tersebut.

MINE merilis seri ini pada Januari 2014 di situs Narou, pada November 2014 seri ini mendapatkan publikasi resmi dari Hobby Japan dan sudah rilis sebanyak 18 volume.

Ini bukan berarti anime ini akan dibatalkan, hanya saja mundurnya agensi seiyuu yang umumnya terlibat dengan komite produksi itu sangat menyakitkan untuk kesehatan sebuah proyek anime.

Header: ANN (1,2)