[JOI Spotlight] Got Gainaxed Edition

June 10, 2018 8:36 pm
[JOI Spotlight] Got Gainaxed Edition

Selamat datang JOI Spotlight sebelum lebaran. Para staf sudah mulai siap-siap berangkat mudik dan/atau nerima tamu minggu depan, jadi selagi sempat kami tentu memberikan berbagai seri yang kami tonton di minggu ini.

Lost Song 1-9

What’s this?

Fantasy Macross. Then stuff get’s REALLY weird.

Kaptain

Awalnya saya rada sebel dengan setting yang generik, desain karakter yang dangkal, editing yang aneh, dan cerita yang sangat by-the-number. Ternyata itu semua disengaja agar twist ceritanya bisa berfungsi dan cukup nekat juga seri ini baru melakukannya di penghujung akhir masa tayangnya.

Tanpa nge-spoil twist-nya, saya cuma bisa bilang: Kalian yang pernah baca Doki Doki Literature Club ingat saat kualitas penulisannya naik drastis setelah nggak perlu lagi pura-pura jadi cerita generik? Hal yang sama terjadi di Lost Song.

Uma Musume 11

Kaptain

Berhubung ini bentar lagi masa tayangnya kelar seharusnya Spe-chan bakal langsung menang ngelawan Broye. Cerita macem ini biasanya klimaksnya melibatkan balapan terakhir untuk semua karakter sentral yang relevan

Caligula 09

Kaptain

Subplot yang tersisa dijejalin ke “final” dungeon ini, makanya episode ini rasanya sesak. Nggak masuk akal juga grup yang jelas-jelas nyerang dari depan kaget kalau rencana mereka ketahuan musuh dan mikir ini cuma bisa terjadi kalau ada penghianat, the hell? Apapun keputusan Ritsu yang sekarang jelas-jelas lebih melek dengan situasi dunianya, saya harap keputusan dia bakal ngebuat kedua faksi menderita.

Golden Kamui 09

Kaptain

Bye Henmi, your shiny boner will be sorely missed walaupun dirinya nggak seganas manga-nya. Sekali lagi, duel Ogata & Tanigaki ini ngebuat saya kangen sama Tanigaki orisinal yang sekarang di manga jadi Comic Relief, bukan pemburu veteran yang ditunjukkan anime ini.

Legend of Galactic Heroes 09

Kaptain

Democracy has failed, negara mulai hancur akibat kehabisan sumber daya tapi paling nggak rating politikus tetep tinggi. Rada unik juga ngeliat di rapat semacam ini malah orang finansial yang punya argumen bermoral.

Alasan Jessica dateng ke Yang itu karena dukungan pahlawan anti perang macem Yang bakal berharga banget buat faksinya, tapi ngeliat Yang punya “anak” dirinya nggak tega ngejadiin mereka target PKC.

Comic Girls 10

Etherlite

Bisa dibilang episode yang bikin rahang sakit karena kebanyakan ketawa. Mulai dari Rukki yang sebegitu bencinya dengan Xmas (tanpa pacar), rumah Tsu-chan, sampai yang paling brengsek: Fuura-senpai voice over burning rejected drafts. Seriously, I respect her seiyuu (Ueda Reina) so much, jarang banget bisa denger suara teriakan yang sukses bikin jumpscare kayak gini.

Tapi kini kita sudah mendekati penghujung musim (dan sayangnya anime ini hanya 1 cour), minggu depan akan masuk arc terakhir. Moga-moga dapat season 2, karena Comic Girls ini anime Kirara yang paling menarik, bagaimana dengan kalian?

p.s. Untuk seiyuu Kaos-chan (Akao Hikaru) yang kemarin tersandung lalu patah tulang di lengannya semoga cepat sembuh. Moga-moga hanya kebetulan, bukan ketularan super bad lucknya Kaos-chan.

Megalo Box 10

Kaptain

Worst case scenario, Joe harus kalah di pertandingannya atau mati. Joe udah sekarat karena lukanya, tapi sekarang nyawa timnya terancam karena nolak perintah si bos. Sekarang masalahnya apakah Shirato mau intervensi untuk nyelametin tim Nowhere. Fun fact: Pepe itu diisi suaranya sama native speaker, cuma dia itu orang Spanyol asli dan bukan Meksiko.

Tada-kun wa Koi wo Shinai 10

Etherlite

Too late..?

Toji no Miko 22

Etherlite

Sudah lama ga nulis untuk yang satu ini, mostly karena sempat ketinggalan jauh waktu saya ke Jepang 3 bulan yang lalu. Jujur menurut saya lebih baik kalau diakhiri di ep 12 saja, karena plot cour kedua ini terlalu berantakan, terutama minggu lalu dan minggu ini. Kalau Tagitsu-hime bisa dengan mudah keluar dan balik menyerap yang 2 hime lainnya, dan minggu ini hiyoyon bisa keluar juga, kenapa Takiri-hime ga bisa?

Kemudian, minggu lalu Yukari bilang kalau fusion antar aradama hanya addition sementara fusion toji & aradama itu multiplication. Artinya Hiyoyon x Ichikishima-hime logically jauh lebih kuat daripada Tagitsu+Takiri+Ichikishima-hime dong? Minggu lalu Kanami bisa menang mudah lawan hiyoyon kenapa sekarang susah banget?

Hinamatsuri 10

Ibunya Hitomi dimudain habis-habisan di sini

Kaptain

Hitomi selaku manusia paling kompeten di seri ini akhirnya sadar bahwa orang dewasa seri ini pada nggak beres semua, terutama Sabu, screw you Sabu. Dengan ini perjalanan Hitomi menjadi remaja terkuat di dunia benar-benar dimulai.

Full Metal Panic Invisible Victory 08

Etherlite

Kalo Kurama tau kalo Nami ‘mungkin’ seorang Whispered… Mungkin Nami masih hidup sekarang.

Gatou sendiri nyesel bunuh Nami 10 tahun yang lalu.

Btw, minggu depan tidak ada FMPIV, hanya ada recap episode. Eh? Cuma 1 cour tapi ada 2 recap episode!? Ya, dan parahnya lagi, jam tayang FMPIV berikutnya akan digantikan oleh acara Satsuriku no Tenshi -Angel of Death- tanggal 6 Juli. Artinya hanya ada slot untuk 2 episode, sementara direncanakan 12 episode. Lalu bagaimana? Sampai sekarang masih belum ada kabar, apakah 2 episode lagi akan menjadi 1 jam special, 2 episode lagi ditunda sampai entah dapat slot kapan, atau paling buruk, jadi 2 episode special blu-ray.

Darling in the Franxx 20

Ini kena tag Oyakodon apa nggak ya?

Kaptain

Mari kita mulai dengan informasi yang nggak terlalu penting, Kokoro hamil dan manipulasi ingatan pasutri ini mulai gagal. Sekarang masuk ke perkembangan yang lebih penting, it’s aliens and the world is blowing the hell up.

Jadi manusia di bumi itu efek samping dari Klaxosaur, penduduk asli planet Bumi; yang siap-siap untuk menghadapi invasi VIRM di masa depan dengan menjadikan planet mereka senjata. Asal-usul APE, tepatnya tiga anggota awal mereka; adalah agen untuk menyabot usaha Klaxosaur dengan menggunakan umat manusia sebagai alat mereka dan “memanen” teknologi Klaxosaur. Komentar mereka kalau teknologi tersebut dapat mengubah situasi jagat raya menunjukkan kalau ada faksi alien lain selain VIRM di luar sana.

Armada VIRM yang ditunjukkan di episode ini itu ditulis sebagai armada pengintai, jadi invasi yang sebenarnya masih belum datang. Tentu aja udah jadi hukum kalau mecha segede Strelizia Apeth tentunya harus dipake buat space battle dan berhubung setengah dari APE itu bukan Alien serta planet terancam meledak, masih ada kesempatan untuk para mahkluk bumi bekerja sama. Cuma saya yakin para Nines yang sejauh ini loyal sama Papa Alien bakal jadi sumber perkara kedepannya.

Hisone to Masotan 09

Kaptain

RIP tenggorokannya Misaki Kuno, yang worth it banget buat ngejual kesadarannya Hisone. Zaitou yang awalnya nyebelin dapet banyak banget perkembangan karakter walaupun posisinya itu karakter pendukung. Hoshino & Hisone emang nyaris mati di latihan kali ini, tapi ngeliat temperamen para pelatih, ritual ini agaknya didesain untuk membunuh salah satu Miko.

Fate/Grand Order

Etherlite

Finally, something I can be angry about. Selain itu kenapa eventnya ga sehari setelah streaming kemaren sih?

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Seperti yang sudah dikatakan di atas, minggu depan lebaran dimulai jadi tentu saja para staf sementara libur dulu dari memberikan update berita dan impresi Spotlight.  Jadi kecuali ada perubahan rencana, sampai jumpa 2 minggu lagi.