[JOI Spotlight] Count Your (Dragon’s) Sins Edition

June 19, 2018 7:30 pm
[JOI Spotlight] Count Your (Dragon’s) Sins Edition

Selamat datang JOI Spotlight libur lebaran ini. Para staf memang masih libur mudik namun berkat penyesuaian jadwal kami untung bisa menyempatkan diri memberikan impresi untuk berbagai seri yang kami tonton di minggu lalu.

Uma Musume 12

Kaptain

Called it, bener kan pertandingan finalnya all star match. Nyaris lupa kalau ini itu ada panggung idol juga saking jarangnya, yang nunjukin kalau stafnya punya prioritas yang bagus.

Caligula 10

Kaptain

Episode terapi buat para anggota klub. Sayang aja backstory Kotono dilewatin, dia itu single mom yang kesulitan beradaptasi dengan tanggung jawab barunya setelah hidup urakan. Daya tarik Caligula itu adalah luka mental para karakter seri ini, jadi nyaris semua konten tersebut dijejalin di episode ini itu sayang banget.

Golden Kamui 10

Kaptain

Awalnya saya rada risih dengan karakter yang sangat vital pada ceritanya seperti Kiroranke hadir di akhir masa tayang musim anime ini, cuma kalau dipikir lagi kemunculan awal dia itu emang baru sebatas sumber eksposisi. Masih soal karakter yang dikenalin di akhir masa tayang, that freaking Hotel, harapan saya kalau si pengawet nongol ilang deh.

Legend of Galactic Heroes 10

Kaptain

Kurang lebih menjabarkan sesederhana mungkin rencana invasi FPA ke Empire yang pada dasarnya itu 1. Ini ide yang sangat buruk 2. Reinhard bakal ngubah ini jadi bencana buat FPA. Beda dengan Empire yang paling nggak bisa nyalahin kejelekan di faksi mereka ke para bangsawan, Yang sendiri nekanin kalau para politisi yang ngasih lampu hijau ke rencana ini itu dipilih secara demokratis, so that sucked.

Lost Song 10

Kaptain

Masih ke Rin yang akhirnya dapat jawaban untuk latar belakangnya dan apa yang harus dia lakukan untuk Finis. Kayaknya timeline si Rin nggak sampe sebulan tapi udah bisa aja Al yang awalnya bikin alat kupas & petasan sekarang bikin jetpack.

Comic Girls 11

Etherlite

Akhirnya… Memang ga se-epic episode 10 kemarin, tapi dari segi lain rasanya lega Kaos-chan bisa bikin draft yang ga ditolak. Selain itu ternyata Kaos-sensei sendiri pengarang seri ini! Ingin coba baca manganya tapi saya ragu bisa se-immersive animenya, apalagi di manga ga ada teriakan Fuura-senpai yang bikin bulu kuduk berdiri…

Toji no Miko 23

Etherlite

Setting berantem di higher dimension of time jadi biar uda tinggal beberapa menit mau diabuse lebih juga ga masalah, tapi saya ga protes disini. Lihat preview episode berikutnya baru saya protes, kalo climaxnya mendadak diskip trus jadi epilogue sih ga lucu abis. I kinda hope Minato balik taking over/fusing with Kanami ngelawan Tagitsu-hime. Mimpinya Kanami yang banyak kabut agak mirip dengan border world tempat mereka berantem (sebelum pindah ke dimensi waktu).

On another note, itu suits sebenernya ada gunanya ga sih? Hiyoyon tanpa suit aja bisa lebih kuat dari Kaoru, Mai & Ellen.

Megalo Box 11

Kaptain

Oke, saya nggak nyangka insert song ala film Disney bakal nongol di anime ini. Sachio punya prospek jadi penerus Joe karenanya so that’s a pleasant surprise. Team Nowhere kembali bersatu walaupun Nanbu sudah banyak kehilangan, cuma ya saya juga kaget si bos mau aja “cuma” nerima bayaran dari Nanbu.

Joe kembali pake Gear, yang sekarang saya harap rusak permanen; karena dia balik jadi badut dan bukan petinju lagi. Makanya timing dia kembali jadi petinju sungguhan yang dibarengi dengan runtuhnya Gear miliknya itu keren banget.

Hinamatsuri 11

Kaptain

Episode khusus Nitta, yang karirnya naik dengan cara yang paling nyebelin baginya (tapi lucu buat semua karakter lain) dan akhirnya bisa sementara jadi bapak yang ideal. Setelah Utako ngilang dari opening dan ending sekarang giliran Hina.

Episode resor ski bakal jadi arc penutup, beda dengan dugaan awal saya di mana arc terakhirnya itu saat “pindah rumah”. Anime ini juga masih butuh nyambung ceritanya dengan timeskip episode awal

Darling in the Franxx 22

Kaptain

Saatnya bikin daftar untuk karakter yang super dead, kayak kebanyakan manusia, Delta, dan Werner yang paling nggak mati bahagia. Karakter yang ditunjukin mati di akhir episode biasanya bakal balik lagi di episode selanjutnya, jadi saya nggak terlalu khawatir dengan 02. VIRM akan balik lagi, cuma seberapa cepat nggak jelas berhubung perang ini sudah berjalan selama puluhan juta tahun, what’s another million years for them?

Pimpinan sudah hilang, para parasites, termasuk yang sudah dewasa sekarang harus berdiri sendiri. Agaknya perwira tertinggi yang tersisa dan punya nama tinggal Hachi doang, cuma berhubung Hiro sekarang selaku “pemilik” Strelizia Apus entah dia mau apa nggak ngambil inisiatif buat ngambil alih. Nines selaku loyalis masih jadi beban di sini, begitu juga dengan para parasites seperti Ikuno yang sekarat, jadi walaupun Hiro punya mecha paling kuat di planet ini entah gimana cara mereka ngumpulin cukup aset untuk ngelawan VIRM nanti.

bukan_randy

Okay, where do we go from here? Musuh saat ini sudah mundur dan kemungkinan balik lagi bakal cukup lama, sementara pihak manusia butuh waktu untuk rebuilding atau setidaknya regroup. Time skip inbound?

Sama seperti Kaptain, saya yakin 02 masih bakal balik lagi, lengkap dengan form baru Strelizia yang lebih compact a la Diebuster yang raksasa kemudian jadi Nono doang.

Gundam Build Diver 11

bukan_randy

Jadi guild lamanya Ayame itu guild SD-only, tapi ngotot pingin top ranking di PVP? Terus begitu capek kalah, Gunpla original yang jadi maskot guildnya dikasih ke orang buat dituker sama… vanilla V2AB? Ga bisa beli dan/atau rakit sendiri atuh? Maap deh Ayame, tapi ketua guild lama situ goblok.

Seperti biasa, seri ini selalu membawa pertanyaan “how does X works in this game?” tiap minggunya, dan pertanyaan minggu ini adalah “how does cheats works in this game?”. Karena meski para Mass Diver pakai cheat kebal, tetap saja unit mereka hancur kalau kena serangan yang cukup kuat.

Pertarungan Kyoya dengan salah satu Mass Divernya sendiri memiliki pesan menarik di mana player yang cinta dengan gamenya melawan player yang hanya ingin menang tanpa player lain, tapi sayang eksekusinya kurang bagus.

Hisone to Masotan 10

Dangit Joie Lady, i though you’re cool

Kaptain

Dipastikan di episode ini kalau rencana si menteri itu buat “inokulasi” agar D-pilot nggak dicerna sama OTF setelah bencana kemarin. A ballsy move by Zaito yang setuju ngelukain Hoshino, cuma ngelihat Hoshino yang jadi dapet luka dalam di proses inokulasi ini, bisa dimengerti kalau Hisone memutuskan untuk mundur. Bagi dia No dream is worth this kind of heartbreak.

Boku no Hero Academia 49

Kaptain

Masih ngikut untuk ngeliat adaptasi momen kuat di animenya. Sama seperti Shimura Nana dulu, giliran All Might dan All for One sudah selesai dan sekarang giliran Deku dan Shigaraki. Kalau dipikir lagi, kayaknya saya juga bakal ngikutin Kimetsu no Yaiba dengan format yang sama kalau dah nongol nanti.

Kamen Rider Build 40

bukan_randy

Menarik juga Genius Form menggunakan gabungan voiceover Build Driver dan Sclash Driver. Lucunya minggu lalu saya sempat berpikir kalau Smash sudah sama sekali tidak muncul lagi di acara ini, lalu tahu-tahu episode ini muncul lagi Smash, meski hanya recolor.

Di pertengahan awal seri ini, saya ragu apakah Gentoku bisa face-turn jadi teman Sento dkk mengingat dia sudah membunuh beberapa orang on-screen. Sekarang Gentoku udah jadi full time good guy yang ditunjukkan dari dia dapat jatah ngelawak habis-habisan. Mungkin dosa-dosanya bisa agak di-handwave dari rasa bersalahnya yang dia sebut di episode lalu dan efek pandora box yang membuatnya dan pemimpin Hokuto & Seito jadi agresif, tapi saya nggak nyangka satu episode setelah pengakuan bersalahnya langsung dikasih lawak yang lebih koplak daripada hobi karaokenya di sidestory ROGUE.

Fate/Grand Order

Etherlite

RIP tabungan quartz buat Summer 2018. Oh well, masih Agustus jadi harusnya masih sempat nabung lagi. Also RIP tabungan QP dari event Apocrypha kemarin, dari sekitar 600jt jadi sisa 6jt, ludes buat grail & skill max beberapa servant. #DeritaKebanyakanSSR

NA Server

Same

Kaptain

Damage ladder selesai. Cuma butuh 2 turn buat ngelumat Raid 3 BP berkat Jalter dan buat ngebalance ini tentu aja nanti bakal repot sama break gauge. Tinggal grinding buat toko aja.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Liburan mudik masih berjalan namun kami harap aktivitas JOI bisa kembali jalan seperti biasa di pertengahan minggu ini. Kami harap liburan mudik kalian dapat berjalan dengan baik juga.

Header: shinonoko_54