[JOI Spotlight] Konde Edition

June 25, 2018 10:53 am
[JOI Spotlight] Konde Edition

Selamat datang JOI Spotlight terakhir untuk bulan Juni ini. Anime musim ini sudah mulai tamat, jadi saatnya para staf memberikan impresi akhir untuk berbagai seri yang kami tonton di minggu lalu.

Uma Musume 13 (End)

Kaptain

Antara pertandingan ini berbaik hati banget ngasih semua kuda naik panggung atau hasil pertandingan ini adalah 16 kuda bisa-bisanya seri. The cycle continues. Berhubung si trainer ini adalah perwakilan protagonis gamenya, tentu aja begitu unit udah maksimum saatnya ngerjain unit lain.

Overall, sebuah anime yang premisnya sangat ketolong banget dengan eksekusi yang sangat-sangat kompeten. Staf produksinya juga minta fans untuk nggak buat fanworks yang kurang senonoh, because that request never backfires. Udah gitu nih anime juga hobi banget nampilin kuda hamil gemuk.

Caligula 11

Kaptain

Now that’s a good twist. Alasan Ritsu bawel itu karena memang di dunia nyata dirinya kesulitan bersosialisasi. Rada kasihan juga sih sama si ketua tim karena dia cuma ingin ngebantu, tapi malah disumpahin sama Ritsu. Udah jelas banget sekarang kalau wujud Mobius dan wujud dunia nyata tiap karakter berbeda tapi Wicked ini kasus yang cukup menarik melihat dirinya itu pasien kritis/koma yang tentu aja mengamuk setelah diberi kesempatan.

Lost Song 11-12 (End)

Kaptain

Sebelumnya saya minta maaf bila tidak banyak menceritakan tentang isi cerita episode ini, karena Lost Song merupakan seri yang sangat underwatched dan saya optimis seri ini bakal sering direkomendasiin kedepannya, makanya saya mending tutup mulut dulu soal perkembangan ceritanya biar lebih banyak orang yang bisa ngejar.

Lost Song mendedikasikan aset produksinya untuk dua hal: 1. Musik 2. Impact emosional Episode 8.  Di satu sisi ini membuat aspek lainnya cukup dangkal, namun fungsional; dan di sisi lain 2 aspek tersebut itu benar-benar bagus. Seri ini bukan Anime of the Season saya, namun episode kedelapan Lost Song merupakan kandidat utama Episode of the Season saya.

Golden Kamui 11

Kaptain

Satu hal yang saya suka dari paneling manganya adalah struktur hotelnya yang jelas, jadi posisi jebakan dan jalan rahasia gampang dimengerti. Saya seneng tipe cerita di mana antagonis yang ngandalin jebakan atau tipuan itu triknya sama sekali nggak efektif berkat target yang terlalu nggak waras.

Legend of Galactic Heroes 11

Kaptain

Saya tahu FPA kehabisan orang kompeten, tapi bisa aja orang yang secara mental dan fisik nggak pantes banget dapet posisi tinggi seperti ini. Hal ini juga kayaknya terjadi juga di HRD militer karena solusi yang diberikan dokter adalah “pastiin nggak ada satupun hal yang buruk terjadi”, dan bukan, you know, jangan pasang manusia kayak gini di posisi yang sangat vital.

Comic Girls 12 (End)

Etherlite

Nice end. Agak jahat juga sih foto barengnya ga pas Fuura-senpai masih ada, though kalo ada Fuura-senpai rasanya bakal jadi supernatural photo. Season 2 please?

Tada-kun wa Koi wo Shinai 12

Etherlite

Next episode will be the last, yet all signs are pointing to bad end. Yang penting asal jangan Ijuin end aja deh. Mukanya Teresa di sini cocok banget buat dikasih line dari telenovela (e.g. Kamuh! Kenapa kamu masih hidup!?)

Megalo Box 12

Kaptain

Kayaknya para sponsor bakal ngambek ngeliat pertandingan finalnya. Megalo Box: Pretty much regular boxing. Yuri sekarang terancam mati juga, melihat operasi pelepasan Gear adalah homage untuk diet ekstrim Rikishi seri sebelumnya. Sekarang kedua petinju sama-sama melihat pertandingan final ini sebagai misi bunuh diri. Cukup kagum juga si Mikio jadi jinak banget setelah kalah.

Hinamatsuri 12 (End)

Kaptain

Paruh akhir episode lebih seperti OVA bonus dibandingkan dengan penutup cerita. Sayang banget versi SMA para anak nggak diliatin. Untuk kalian yang ingin lanjut melihat ceritanya, saya sangat sarankan baca manganya dari awal karena secara pribadi anime ini lebih ditopang oleh sumber materinya yang bagus dibandingkan dengan kualitas produksinya. Hitomi dan Anzu emang karakter yang bagus, tapi Nitta, Hina, dan klan Yakuza yang merupakan daging dari seri ini malah jadinya kurang dapet jatah tayang.

Toji no Miko 24 (End)

Etherlite

A beautiful end. Episode 13-23 itu ampas & ga penting, tapi demi leading to this end, semua dimaafkan.

Full Metal Panic Invisible Victory 09

Etherlite

Tessa being rude lol. Al pretty much intact in form of ARX-8, sekarang hanya bagaimana Sousuke ketemu dengan Mithril lagi, terutama dengan Wraith untuk mengambil Laevateinn. Tapi sisa 3 episode lagi entah hanya sampai mana, apalagi 2 episode lagi masih ga jelas kapan bisa ditayangkan.

Gurazeni 12 (End)

Karakter sentral lagu ending tapi baru nongol di episode penutup.

Kaptain

Seri yang nggak saya tulis tiap minggunya akibat pengetahuan baseball saya yang terbatas, namun saya sangat menikmati black comedynya. Seperti yang sudah saya jelaskan di awal musim, ini adalah seri baseball namun bukan seri olahraga melihat fokusnya di pekerjaan sehari-hari atlit profesional yang dibandingkan dengan pertandingan yang klimatik.

Bonda Natsunosuke adalah protagonis favorit saya untuk musim ini. Seorang atlit mid tier yang punya kelemahan besar yang ngebuat dia sulit naik tingkat, namun punya harga diri profesional yang tinggi yang ngebuat saya gampang bersimpati dengannya. Oktober nanti seri ini bakal dapet musim kedua jadi saya nggak terlalu sedih dengan berakhirnya musim ini.

Hisone to Masotan 11

Kaptain

Dari temperamen ceritanya saya optimis nggak ada yang mati di ritual generasi ini. Paling banter ya palingan Sada yang jelas masih cinta dengan tumbal sebelumnya, yang ngebuat dirinya yang sinis sama pilot lain yang jatuh cinta ngeselin, which is the point. Ngilangin vokal itu cara yang bagus untuk ngebuat lagu penutup yang upbeat jadi lebih mencekam.

Darling in the Franxx 22

Kaptain

Panen gagal, infrastruktur hancur, moral rendah, para Nines termasuk 02 tubuhnya mulai hancur, and worst of all they lost Strelizia Apus. “Jadi pengen metode aborsinya gimana?” Itu adalah kalimat yang paling messed up dari semua dialog karakter yang saya dengar di musim ini. Kokoro got screwed (in the bad, figurative, and unsexy way) really hard.

Saya seneng walaupun para Parasites bebas mereka masih harus hidup di dunia yang sudah hancur dan bahkan bimbang apakah mereka pantas menggunakan magma lagi. Untung aja Hachi dan Nana (yang orisinal) mulai ambil kendali dan bisa mulai beres-beres. Parasites yang dibekukan mungkin akan berguna untuk SDM tambahan, cuma saya penasaran database orang “dewasa” mau buat apa. Dan Naomi ternyata beneran masih hidup, holy hell. Cuma ya kayaknya dia nggak akan sempat ikut rombongan ke Mars.

Berhubung Darlifra udah full Gainax, tinggal dua aspek cerita aja yang masih belum jelas. Apakah 02 bakal Nia dan apakah bakal ada sambutan emosional saat tim pulang nanti.

ROGUE 02

bukan_randy

Jomplang banget nonton ini setelah nonton Build episode minggu lalu. Ketika di Build episode minggu lalu Gentoku loncat-loncat jadi pinkyman, di ROGUE ini dia muntah darah seember dan hampir jadi korban prison rape. Mentang-mentang nggak tayang di TV, langsung dihajar segala macam hal ekstrim hahaha. Sayangnya ceritanya sendiri terasa cuma manjang-manjangin waktu dengan adanya karakter “Kamen Rider Rogue sementara” yang tiba-tiba nongol, tiba-tiba menang, dan tahu-tahu tiba-tiba kalah. Saya kira spinoff ini bakal langsung tamat di episode 2, ternyata masih lanjut sampai episode 3.

Fate/Grand Order

Etherlite

Nobbubu, nobu~ (Niat, pret).

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Kita sudah mendekati akhir musim semi dan mari kita siap-siap dengan entri anime musim panas nanti.