‘Earth Defense Force: Iron Rain’ Detilkan Cerita

June 28, 2018 6:12 pm
‘Earth Defense Force: Iron Rain’ Detilkan Cerita

Setelah lama tidak ada kabar, D3 Publisher akhirnya merilis informasi terbaru dari “Earth Defense Force: Iron Rain.” Informasi yang dirilis kali ini berkisar pada cerita, karakter, dan musuh.

Cerita

2028: Penjajah Menyerang dari Luar Angkasa

Pada tahun 2028, bumi diserang oleh penjajah luar angkasa bernama “Aggressor.” Obyek melayang bernama Hivecraft yang diameternya sepanjang 1 km tiba-tiba muncul dari luar angkasa dan mulai menyerang berbagai belahan dunia dengan menjatuhkan berbagai serangga ukuran besar. Obyek ini bisa terbang dari Amerika Serikat ke Rusia, Timur Tengah, dan Eropa dalam waktu 3 hari saja.

Umat manusia mendirikan pasukan pertahanan bernama EDF untuk menghadapi para penjajah. Namun ternyata situasi perangnya sangat berbahaya dan menyebabkan kota-kota yang indah hancur.

Hasil dari peperangan ini adalah seluruh markas militer penting di seluruh dunia yang mungkin menghadapi penjajah dihancurkan. Umat manusia tidak bisa melakukan apa-apa lagi dan hanya bisa menunggu bumi hancur…

2032: Energy Gem dan Powered Exoskeleton

Namun pada tahun 2032, teknologi baru yang bernama “PA-Gear” membawa harapan bagi umat manusia.

Ini adalah powered exoskeleton yang dibuat oleh EDF untuk menghadapi Aggressor, yang membuat pasukan memiliki kemampuan superhuman berkat energy core yang didapatkan dari mineral energy gem di dalam tubuh Agressor sebagai bahan bakar.

Karena ini, EDF mengubah arahan untuk menggunakan senjata-senjata kuat yang dibuat untuk melawan Agressor menjadi senjata personil untuk tentara. Walau jumlahnya sedikit, pasukan darat yang mengguakan PA-Gear berhasil menghentikan serangan Aggressor. Umat manusia mulai mencari cara menyelamatkan diri dengan mengadopsi taktik konsumsi agar bisa seratai perbedaan dengan pasukan musuh yang kekuatannya luar biasa.

2033: Serangan ke Hivecraft

Pada tahun 2033, EDF mulai melakukan serangan terhadap Aggressor. Mereka melakukan serangan besar-besaran terhadap Hivecraft yang lagi menurunkan ketinggiannya di Los Angeles.

EDF memutuskan untuk membawa semua pasukan dalam operasi ini. Bahkan PA-Gear dengan energy core baru yang masih dalam tahap penelitian pun digunakan.

Pada hari itu, umat manusia berhasil menang melawan penjajah.

Akhirnya, anggota andalan dengan energy core baru berhasil menghancurkan kapal perang musuh Hivecraft. Namun, kompensasi untuk kemangan ini sangat besar. EDF kehilangan setengah dari pasukannya dan bahkan teknologi energy core baru yang mereka miliki kini…

2040: Dunia yang Terkikis Putus Asa

7 tahun telah berlalu sejak kemenangan dan pada tahun 2040, kota-kota yang tidak dihuni manusia kini menjadi reruntuhan, makhluk-makhluk besar yang kehilangan pemimpinnya Hivecraft melakukan reproduksi dan jumlahnya terus bertambah. Serangga besar kini menjadi pemimpin dunia. Ada beberapa warga yang nekat untuk tinggal di kota, tetapi sebagian besar lebih memilih mencari tempat yang lebih aman dan menjadi pengungsi.

EDF yang berhasil menjatuhkan Hivecraft tidak lagi memiliki kekuatan menghadapi makhluk besar yang jumlahnya terus bertambah. Markas utama dari EDF benar-benar mati, dan walau organisasinya masih ada, mereka tidak berarti apa-apa. Pasukan militer yang tersisa masih berusaha untuk melawan, tetapi terpaksa harus melakukan pertarungan secara gerilya dari markas yang hampir hancur.

Demi bertahan hidup di dunia yang penuh rasa putus asa, umat manusia tidak memiliki pilihan selain bertarung dalam perang tanpa akhir….

Karakter

Blast Unit

Salah satu unit militer yang dipimpin oleh EDF total commander in chief Renald Campbell.

Tidak memiliki yuridiksi spesifik, Blast Unit mengerjakan misi yang paling sulit dalam situasi perang yang masih berlanjut.

Hanya tentara terkuat yang berkumpul di unit ini, tetapi mereka semua memiliki kepribadian yang unik.

Dipimpin oleh kapten Takuma Yagami, Blast unit terkenal dan dipuji oleh semua orang karena berhasil mengalahkan Aggressor paling banyak di EDF.

Closer (Pemain)

Awalnya adalah tentara biasa yang bergabung dengan EDF.

Dalam perang 2033 melawan Hivecrat, dia berkesempatan menggunakan energy core tipe baru.

Namun dia menjadi koma selama 7 tahun karena terlibat dalam kehancuran Hivecraft. Dia kembali aktif ke EDF melawan Aggressor pada tahun 2040.

Point

Kalian bisa mengubah tampilan Closer. Tidak hanya jenis kelamin saja, kalian juga bisa ubah ukuran tubuh, suara, wajah, dan gaya rambut. Kalian juga bisa bebas memilih kostum pertarungan.

Takuma Yagami

Kapten dari EDF Blast Unit. Dia lulus dari Defense Academy dan berhasil menjadi pilot, tetapi kehilangan kedua orang tuanya dalam serangan Aggressor pada tahun 2028. Setelah itu, dia bergabung dengan EDF cabang Jepang. Takmua kemudian pindah ke Amerika Serikat untuk ikut menyerang Hivecraft pada 7 tahun yang lalu, dan setelah itu dia bergabung dengan EDF cabang Amerika Serikat.

Brenda Semenko

Kapten dari 1st Blast Team. Sniper veteran. Dia adalah perempuan yang sangat serius dan keras kepala, dan sering berbicara mewakilkan tentara EDF lainnya. Kepribadian dia yang “tidak main-main” membuat masa remaja dia sulit. Dan pada saat itu. instrukturnya menyarankan Brenda untuk bergabung ke EDF. Banyak orang yang tertarik dengan penampilan Brenda, tetapi sayangnya keangkuhannya membuat hubungan Brenda dengan orang lain tersendat. Guilty pleasure dia adalah pada saat ration cokelat dibagikan, tetapi dia akan marah jika ada yang mengatakan hal tersebut.

Michael Morris (Mike)

Kapten dari 2nd Blast Team. Dia memiliki rasa keadilan yang tinggi. Walau anak buahnya sering menggodanya, dia sangat dipercayai oleh anak buahnya. Dia senang menggunakan heavy weaponry seperti rocket launcher. Ayahnya bergabung dengan US Army, tetapi wafat dalam serangan pertama pada tahun 2028. Di tahun 2035, Morris kehilangan kakaknya (tentara EDF) yang lebih tua 2 tahun dalam kudeta oleh pemberontak. Dia adalah claustrophobe.

Phillip

Anggota paling muda dari Blast Team, yang menjadi “adik laki-laki” dari timnya. Dia adalah fans berat dari Radio DJ Olivia, dan selalu menantikan siarannya. Karena dia pemalu dan kadang tidak bisa diandalkan, dia sering digoda oleh tentara perempuan yang lebih kasar di timnya.

Mert

Dia adalah salah satu anggota paling tua dari Blast Team. Dia tidak tertarik untuk naik pangkat, jadi dia tetap menjadi tentara biasa. Dia adalah orang pria paruh baya yang menikmati berkumpul dengan tentara yang lebih muda. Walau dia kadang mengabaikan hal dan lalai, dia disukai oleh timnya. Dia masih bergabung dengan Blast Team per 2033.

Tatiana

Tentara perempuan muda yang sungguh-sungguh. Dia salah salah satu perempuan pendiam di kalangan tentara perempuan yang kasar. Dia sering diperlakukan seperti anak buah oleh pemimpin 2nd Blast Team Mike, sering membuat Tatiana khawatir. Sebagai wanita termuda, dia sering dianggap seperti adik perempuan di timnya. Dia sebenarnya memiliki oppai yang besar.

Musuh

Siapakah “Aggressor?”

Aggressor adalah nama generik untuk alien yang datang dari luar angkasa pada tahun 2028. Selain fakta bahwa (termasuk Hivecraft yang dianggap sebagai kapal induk musuh) mereka saat ini menyerang bumi, tujuan mereka dan identitas mereka tidak diketahui.

Umat manusia menderita karena serangan serangga besar yang disebarkan oleh Hivecraft. Selain alien berbentuk serangga, terdapat juga alien yang bentuknya sangat berbeda dari makhluk di bumi dan juga mesin pertarungan yang mewakilkan tingkat teknologi tinggi.

Hivecraft

Obyek terbang yang menyerupai batu besar yang tiba-tiba muncul pada tahun 2028. Diameternya adalah 1km. Pada tahun 2028, Hivecraft bergerak dari US ke Rusia, Asia, Timur Tengah, dan Eropa dalam waktu 3 hari saja. Obyek ini melepaskan Storm Ant dan Scourger di seluruh dunia, yang membuat banyak negara dan wilayah hancur.

Hivecraft terus terbang mengelilingi dunia. Berdasarkan ini, Hivecraft diperkirakan sebagai kapal induk Aggressor, tetapi fakta sebenarnya masih penuh misteri.

Batu besar yang berada di tengah dianggap sebagai tambang Energy Gem, dan area disc disekitarnya diperkirakan sebagai pabrik yang memproduksi Giant Creature dan Ravager.

Di antar Storm Ant juga terdapat makhluk besar yang menyerupai kumbang bombardier. Tubuhnya yang penuh gas membuat kumbang ini dapat meledak ketika diserang.

Storm Ant

Giant Creature pertama yang disebarkan oleh Aggressor. Ukuran Storm Ant kurang lebih 10-11 meter dan beratnya diperkirakan 25-30 ton. Rahang atasnya sangat kuat hingga bisa menghancurkan semen, dan dapat menembakkan asam yang bisa melelahkan metal.

Menyerang dalam jumlah besar, mereka bertanggung jawab atas kehancuran berbagai kota. Dilindungi dengan exoskeleton yang setara dengan armor tank, Storm Ant hanya bisa dilkukai oleh senjata api yang didesain untuk menembus materi yang keras.

Kekuatan gravitasi bumi seharusnya mencegah serangga untuk tumbuh sebesar ini. Tetapi setelah meneliti dari mayat Storm Ant, Science and Technology Bureau dari EDF menemukan bahwa tubuh besar dari serangga ini bisa terbentuk berkat sumber daya bernama Energy Gem.

Karena 90% dari DNA Storm Ant berasal dari serangga bumi, dipercaya bahwa Aggressor menggubah DNA dari makhluk hidup dari planet yang mereka jajah untuk membuat senjata hidup.

Storm Ant berkembang di bumi, mengubah bangunan yang hancur sebagai markas dan terus bereproduksi. Jumlahnya kini diperkirakan sudah melebihi dari sisa manusia yang masih bertahan hidup.

Per 2040, misi utama dari EDF adalah menghancurkan sarang mereka, tetapi ternyata sulit dilakukan karena populasi manusia tidak bisa mengikuti jumlah Storm Ant yang bertambah dengan cepat.

Bomb Beetle

Giant Creature yang menyerupai bomb beetle dan muncul bersamaan dengan Storm Ant. Bomb beetle normal merilis gas dengan suhu tinggi untuk melarikan diri. Namun Bomb Beetle ukuran besar ini membuas gas dalam tubuhnya dengan cara menggesek kulit tubuhnya untuk bergerak atau sebagai flamethrower.

Setelah dibunuh, gas yang bocor dari tubuhnya bisa meledak, jadi tentara harus harus hati-hati ketika di dekat mereka. Karena itu, meski apinya sudah padam, area yang ditempati oleh Bomb Beetle akan sulit untuk dibangun kembali karena kontaminasi gas.

Sideros

Giant Creature misterius yang jatuh dari langit seperti meteor. Tubuhnya memiliki energy gem lebih banyak daripada Giant Creature lainnya, jadi penghancuran mereka adalah prioritas tinggi bagi EDF Command. Namun karena mereka liar dan cepat, ditambah dengan kekuatan yang dapat menghancurkan bangungan dalam 1 serangan, melakukan misi ini sulit.

Di EDF Kanada, tempat Sideros pertama kali muncul, banyak pasukan yang dibentuk dengan tujuan untuk mengumpuilkan energy gem sebagai hadiah. Walau Energy Gem berhasil dikumpulkan, jumlah kematian sangat tinggi. EDF Kanada sendiri kehilangan 60% pasukannya dalam waktu 2 hari saja.

Analisa mayatnya mengugkapkan bahwa tidak ada organ dalam bagian badan mereka. Namun banyak energy gem ditemukan dalam bagian tubuh yang seperti tangan.

Scourger

Ravager yang berjalan 2 kaki ini disebarkan di seluruh dunia. Ujung tangannya dilengkapi dengan kuku besar dengan pulse laser dengan suhu tinggi. Dadanya dilengkapi dengan beam cannon yang dapat membuat bangunan tinggi langsung hilang. Hal ini membuat banyak kota hancur dalam semalam saja.

Tidak ada yang tahu kenapa bentuknya seperti manusia walau dia dari luar angkasa. Ada yang percaya ini untuk membaut manusia takut, dan ada juga yang mengatakan didesain agar bisa beradaptasi dengan gravitasi bumi.

Armor-nya lebih kuat daripada exokeleton Giant Creature lainnya, pada saat perang dimulai, senjata baisa tidak bisa melukainya. Scourger pertama kali bisa dihancurkan pada tahun 2032, setelah PA-Gear dan senjata-senjatanya dikembangkan. Per 2040, sebagian besar Scourger sudah tidak berfungsi. Namun mereka melakukan reboot ketika mendeteksi manusia didekatnya, dan akan terus menghancurkan sekitarnya hingga berhenti bergerak.

Attack Pod

Aggressor berupa kapal perang yang mematikan. Dengan ukuran 10 meter, dia adalah salah satu Ravager yang ukurannya paling kecil. Namun gerakannya sagant cepat, bahkan hingga terlihat seperti teleport di mata manusia. Sistem motion-control-nya tidak pengaruhi gravitasi dan inersi, jadi kemampuan terbangnya melebihi helikopter dan pesawat jet yang dibuat di bumi.

Di awal perang, ribuan Attack Pod dilepas di bumi, yang menyebabkan pasukan udara berbagai negara hancur. Attack Pod menggunakan energy gem sebagai mesin anti gravitasi. Hal ini membuat banyak ilmuwan untuk mengungkapkan cara kerjanya. Contoh hasil penelitiannya adalah mekanisme kontrol gyroscopic dari EDF Gunship.

Harvester

Ravager berkaki 4. Semua Aggressor terlihat menyerang manusia tanpa pandang bulu, tetapi Harvester mengeluarkan tangan dari tubuhnya berbentuk kubah untuk menangkap manusia. Manusia yang tertangkap disimpan secara hidup dalam penjara.

Karena itu, tentara yang melawan Harvester berusaha untuk menyerang kapsul, tetapi kepala kecil yang dipercaya sebagai kelemahannya. Namun sayangnya hal ini sulit untuk dilakukan. Karena bertarung melawan mereka sering berakhir menembak manusia, pertarungan melawan Harvester sering membuat trauma bagi tentara EDF.

Ada banyak teori mengapa mereka menangkap manusia, tetapi beberapa orang percaya manusia ditangkap sebagai sandera atau perisai dari serangan EDF. Ada juga yang percaya ditangkap untuk eksperimen. Namun kenyataan sebenarnya masih misteri.

Tidak ada tentara yang ditangkap berhasil kembali selamat.

Earth Defense Force: Iron Rain akan rilis pada tahun 2019 untuk PlayStation 4.

Sumber: Gematsu