[JOI Spotlight] End of Spring Season 2018

July 1, 2018 7:20 pm
[JOI Spotlight] End of Spring Season 2018

Selamat datang JOI Spotlight terakhir untuk musim semi ini. Anime musim panas sudah akan mulai minggu depan jadi walaupun memang belum semua seri musim semi tamat para staf sekali lagi akan memberikan impresi penutup untuk berbagai seri yang kami simak.

Caligula 12 (End)

Kaptain

Backstory Kotono itu single mom paling nggak bisa dimuatin di episode akhir ini. Semua pasien paling nggak bisa mulai menyembuhkan diri, kecuali Wicked, sucks to be you. A meh anime overall. Namun saya sangat ingin lebih banyak adaptasi game melakukan hal serupa dengan cerita anime ini, membuat cerita baru yang relatif lebih mudah diceritakan lewat anime.

Golden Kamui 12 (End)

Kaptain

Lebih tepatnya sih istirahat daripada tamat. Seperti yang udah ditulis kemarin, cour selanjutnya tayang Oktober makanya anime ini bisa nekat nampilin karakter penting di akhir musimnya. Tapi walaupun udah diumumin masih ada banyak jatah tayang tetep aja arc ceritanya dijejalin, dan bahkan dipotong habis-habisan seperti aksinya Hijikata di episode penutup ini.

Ini bukan adaptasi yang bagus, cuma ya Golden Kamui itu merupakan seri yang sangat sulit untuk diadaptasi karena manganya sendiri adalah kombinasi yang sangat bagus dari dokumenter sejarah Hokkaido, ultraviolence, dan komedi. Studio Geno bukanlah studio yang bisa saya percaya mampu melakukannya melihat anime ini di tiap episodenya cuma mampu fokus ke satu aspek saja. Satu lagi seri yang saya sarankan membaca manganya saja dari awal kalau kalian tertarik dengan seri ini.

Uchuu Senkan Tiramisu 12 (End)

Kaptain

Seri mecha yang  menyenangkan dari awal sampai akhir sekaligus memiliki tipe slice of life favorit saya, the daily life of ridiculous people in ridiculous world. Seri komedi yang cukup kompeten cuma saya sangat nggak nyaranin seri ini buat orang yang germaphobe berhubung seri ini itu seneng banget sama jembut.

Legend of Galactic Heroes 12 (End)

Kaptain

Oh snap anime ini ngakuin keberadaannya Dusty. Amritsar jadinya bakal buat filmnya nanti dan pada akhirnya fokus cerita seri TV ini adalah “FPA messed up hard”. Die Neue These pada dasarnya itu punya kewajiban untuk menjadi pendongkrak minat seri klasik semacam LOGH, dan berhubung di sekitar saya jadi banyak yang ngikut atau nonton ulang OVA lamanya, saya rasa seri ini cukup sukses.

Tada-kun wa Koi ga Muzukashii 13 (End)

Etherlite

A beautiful end, but, too good to be true? IRL kalo ada yang kayak Charles dengan mudahnya batalin engagement with royalty kayaknya bakal jauh lebih berat konsekuensinya.

Megalo Box 13 (End)

Kaptain

Itulah twist besar Megalo Box, no one dies, dan kedua rival bisa jadi teman baik sekarang, i’ll take it. Team Nowhere sekarang jadi Gym resmi dan kecuali saya salah paham, Joe sekarang jadi pelatih gym. Berbeda dengan Joe seri sebelumnya yang memiliki ending yang sangat bittersweet, Joe generasi ini bisa mendapatkan sebuah masa depan.

Ini adalah seri yang saya ngarep banget dapet 2 cour. Saya sendiri melihat pertandingan Aragaki sebagai puncak seri ini berhubung arc miliknya bisa menceritakan duel antara dua orang yang “rusak” lebih baik dari episode akhir ini, namun ini bukan berarti endingnya lemah, cuma episode 06 itu adalah episode yang bagus banget di tengah seri yang sangat solid secara keseluruhan.

Full Metal Panic Invisible Victory 10

Etherlite

Fanservice episode? Ada beberapa twist tapi not big enough, sementara tampak ada penurunan kualitas gambar yang cukup mengganggu. Sisa 2 episode lagi akan tayang bersamaan (1 hour special) tanggal 18 Juli, untung tidak jauh-jauh amat delaynya.

Gundam Build Diver 13

bukan_randy

Saya tidak sangka Astray No-Name langsung kalah (atau draw) di debutnya, tapi saya harap itu berarti arc Tsukasa sudah selesai dan akan diganti dengan villain baru, karena motivasi Tsukasa itu basically, “Kenapa orang-orang ga mau main game yang mana tiap kali kalah itu barangnya beneran rusak? Kenapa mereka maunya main game yang ga bakal ngerusak barang sendiri dan bisa main ramai-ramai secara online? Enak aja, sini gwa hack lo!”

Episode recapnya dipasang terpisah di channel youtubenya, dan dinarasikan oleh Magee. Jujur, pendapat saya tentang karakter okama (Japanese transgender man) itu sama dengan salah satu writer Drakengard pernah sebut di interview Drakengard 3, “there is no such thing as an evil okama.” Sayangnya Magee mungkin adalah karakter Okama yang paling saya kurang sukai karena dia ada hanya untuk memenuhi checklist character trope (also omaigad itu pantat lebih gede dari ukuran dada karakter cewek di seri ini).

Darling in the Franxx 23

Kaptain

Yak, resmi full Gunbuster. Arc space battle yang dijejalin di penghujung akhir masa tayang seri ini itu sangat saya sayangkan karena jelas pacenya kecepetan sampe Ikuno nggak dapet screentime, dan desain mecha baru tim 13 jadi nggak ada waktu untuk napas (dan ini buka karena mereka lagi di space). Entah episode minggu depan bakal fokus di pembangunan ulang bumi atau perang terakhir Hiro & 02 yang nganter Buster Machine 3.

Dialog akhir antara 02 dan Hiro juga ngebut banget, “I got demon horn, woman” udah gitu dia juga terlanjur nyatu sama Apus, dah telat mbak nyuruh Hiro pulang. Dan akhirnya pilot Franxx dapet helm, about damned time.

bukan_randy

We’re going Diebuster and approaching Gunbuster ending here.

Butuh 3 episode sebelum saya terbiasa dengan desain mecha di acara satu ini, tapi setelah itu tidak banyak desain aneh lain yang muncul. Whelp, kali ini di episode kedua terakhir sebelum tamat, kita kedapatan satu lagi desain yang bikin saya bingung seperti di episode-episode awal. Pendapat saya tentang desainnya masih sama dengan pendapat untuk keseluruhan tema desain acara ini: It would’ve worked if the show were full-on wacky like Kill La Kill. Saya masih suka dengan pesan-pesan di acara ini, tapi ketika episode sebelumnya sempat downer dan di episode ini juga ada resolusi dari cerita Kokoro & Mitsuru, kemunculan giantess w/ wedding dress terasa sangat janggal.

Saya cukup salut dan suka di mana resolusi cerita Mitsuru & Kokoro terjadi tanpa kembalinya ingatan mereka berdua.

Ada satu adegan action di mana animenya menggunakan 3D dan hasilnya cukup menyedihkan hahaha. Framerate jeblok dan actionnya sendiri nggak jelas.

Kamen Rider Build 41

bukan_randy

Gentoku masih lanjut jadi full-blown gag character tanpa ada sisa karakter/sifat saat masih jadi villain/anti-hero. Lucu sih lucu, tapi jujur rasanya udah terlalu kelewatan. Belum lagi gara-gara minggu lalu baru nonton episode kedua ROGUE yang EDGY.

Setengah episode recap, setengah intro ke arc baru(?). Evolt sekarang punya perasaan manusia (meski rasanya sebelumnya ga disebut kalau ga punya perasaan) setelah genetikanya berubah setelah terkena finisher Build Genius form. Lucunya saat Evolt mundur dengan santai setelah itu, Sento malah biarin Evolt pergi begitu aja meskipun ga ada yang ngehalangin Sento untuk lanjut ngehajar Evolt sampai habis dan namatin ceritanya di sana.

Saya kurang suka dengan writing di epIsode ini, tapi ada potensi menarik untuk ke depannya. Mungkin Evolt bakal ada konflik internal antara perasaan manusianya dan tugasnya sebagai Evolt?

Fate/Grand Order

Tahun ini saya kembali NTR Signum, padahal cuma niat ngabisin tIket bulanan. Lumayan NP2

Etherlite

2 tahun terakhir summer rerun itu diadakan mid July, sementara late June itu biasanya waktu untuk main story baru (tahun lalu Agartha). Mungkin kali ini dimajukan untuk karena mereka perlu waktu lebih untuk mempersiapkan Lostbelt chapter 2?

p.s. Pray for Signum yang masih belum dapet Nero Caster.

NA Server

THERE CAN BE ONLY ONE

Kaptain

Dengan ini server NA bisa duluan nginjek Gawain sebelum Hakuno Last Encore. Camelot adalah singularity yang player JP pada nggak bisa tutup mulut baik dari sisi cerita dan tingkat kesulitannya, makanya NA jadi bisa overprepare buat ngelawan para bossnya. Secara pribadi boss yang paling alot tuh Ozy Nito tag team, yang apes aja Ridertoki di focus fire dan buff Ozy nempel semua.

Saya walaupun kespoil tentang rencana boss terakhirnya dan fasilitas di gurun untung aja nggak sempat kebocoran identitas (atau lebih tepatnya arti keberadaan) sebenarnya salah satu karakter. And what a singularity it is, dari kontennya ini udah kayak game RPG “beneran” walaupun masih banyak “kita sekarang berantem, just because”. Dapet Nitocris dari tiket, berhubung summer udah deket banget dan saya nolak grinding material baru dari free quest, off to the bench with you.

Dan itulah impresi untuk game minggu ini, ada juga yang sama sekali tidak dimainkan Staf JOI, seperti

Evenicle

Dan ini gambar untuk game yang tidak kami mainkan. Iya artist-nya Yaegashi Nan selaku artist utama seri Senran Kagura

Kaptain

Yang andaikan saya mainkan opini utama saya adalah “Coba aja ada versi all agesnya” karena karakter di game ini sangat sangat likable. Cara paling singkat untuk mendeskripsikan game ini adalah “Rance Quest dengan pacing yang jauh lebih baik”, untuk standar JRPG grindingnya sangat santai. Selera humornya juga bagus.

Premis game ini adalah sebuah dunia di mana ada dua aturan yang harus dipatuhi semua manusia: 1. Jangan membunuh manusia lain 2. Hanya berhubungan intim dengan satu orang. Kegagalan untuk mematuhi aturan akan menjamin semua usaha pelanggar ke depannya gagal total. Orang dengan gelar Knight dan diatasnya dapat memiliki lebih banyak pasangan dan ijin untuk membunuh, kalau kalian merasa ini semacam sistem untuk mengendalikan populasi dan mensentralisasi kekuatan ke para kaum ningrat, that’s because it is.

Namun dengan premis seperti itu dunia Evenicle itu pada dasarnya versi lebih jinak Ranceverse, messed up stuff is still happening, tapi overall tonenya lebih upbeat. Aster selaku karakter utamanya itu “cuma” a horny dude who meant well, dan bukan psikopat kayak Rance, motivasinya dia untuk jadi Knight itu biar bisa punya istri banyak, cuma dia sayangnya nggak nyangka kalau tugas Knight kerajaan dia itu lebih seperti agen CIA dan bukan ksatria pelindung.

bukan_randy

Battle sederhana yang cukup singkat dan mudah kecuali kalau lawan megaboss, grinding yang ringan, karakter-karakter yang surprisingly likable, it’s actually pretty good. Lebih bagus dari yang saya harapkan karena sebelumnya yang saya pernah dengar tentang ini hanyalah “illustratornya itu yang gambar Senran Kagura.”

Sayangnya sepertinya cukup mustahil untuk dibuat versi all-agenya karena tema dan tujuan si MC sendiri.

Satu keluhan ringan dari saya adalah terkadang sifat karakternya kadang nggak konsisten. Riche awal-awalnya ditunjukkan suka pecicilan tapi banyak ide, dan Ramius agak bodoh dan sembrono. Tahu-tahu di event belakangan, Ramius jadi sangat kalem dan Riche jadi lebih panikan.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Berhubung pertanyaan tentang Anime of the Season itu sudah umum, mari kita coba pertanyaan yang lebih spesifik, secara individual episode mana yang merupakan favorit kalian musim semi ini? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: KiTA