[Waifu Wednesday] Shimada Minami

Pertama-tama saya ingin meminta maaf karena absennya rubrik Waifu Wednesday di minggu lalu, kebetulan saya juga sedang sibuk dengan urusan kantor dan kurang bisa meluangkan waktu. Kenapa? Karena hari itu Jerman main melawan Korea Selatan dan saya mau tidak mau harus mendukung tim kesayangan saya tersebut. Malang, Jerman harus tersisihkan di babak awal Piala Dunia 2018 ini karena terpaksa menelan pil pahit setelah kalah 2-0 dari Korea Selatan. Mungkin karena itu juga saya ingin menulis mengenai salah satu waifu yang sudah lama tinggal di Jerman, sambut Shimada Minami dari seri Baka to Test to Shoukanjuu.

Terus saya juga baru sadar kalau Jepang juga baru saja kalah, RIP.

Waifu kali ini kebetulan adalah seseorang yang sudah lama tinggal di Jerman, saat kepulangannya ke Jepang pun dia masih tidak fasih dalam berbahasa Jepang. Kerap kali Akihisa susah berkomunikasi dengannya, dan karena dia memang idiot, dia malah berbicara dengan bahasa Perancis. Namun di luar susahnya dia berkomunikasi, Minami adalah seorang gadis yang sangat sporty, cantik, dan pintar dalam urusan Matematika. Namun sayang, dia sepertinya bergaul dengan orang-orang yang salah.

Apakah menurutmu Minami bisa jadi waifu yang baik? Mari kita bahas kelebihan dan kekurangannya di rubrik Waifu Wednesday kali ini.

+ Waifu sporty nan tsundere

Kesan sporty selalu terpancar dari gadis yang satu ini, dengan rambut ponytail yang selalu diikat setiap hari dan kemampuan atletis yang tinggi membuat Minami cocok buat kamu yang suka berolah raga. Bayangkan setiap hari bisa olah-raga bareng, bakar lemak bareng, jadinya badan selalu fit dan bebas dari penyakit.

Sayang waifu yang ini juga punya penyakit tsundere, dia agak susah untuk menyatakan perasaan aslinya dan mungkin agak susah untuk membuatnya berkata ‘aku suka kamu’. Tapi saya agak penasaran, mungkin dia jadi tsundere karena Akihisa saja yang agak bego, kalau dia suka sama cowo lain rasanya mereka sudah bisa jadian dari lama.

+ Flat is justice

Kamu suka dengan dada rata? Well, you’re in luck karena menurut Akihisa dan Kouta, dada Minami ini ukurannya AAAA, that’s 4 As and she took that rather, unwell. Mari kita bilang kalau nasib Akihisa dan Kouta tidak begitu baik setelahnya. Tapi kalau kamu suka dengan dada rata, kamu pasti bisa mengapresiasi kelebihan Minami yang satu ini dengan baik.

+ Bisa masak is a plus

Entah kenapa sejak dulu hampir semua karakter wanita utama di anime/manga selalu tidak bisa masak, atau pemula dalam memasak. Yang bisa masak malah karakter 2nd heroine yang normalnya nggak pernah menang, atau memang bukan kandidat harem pemeran utamanya to begin with. Hal ini membuat saya berpikir, apakah banyak otaku di dunia ini yang ingin waifu yang nggak bisa masak? Kalian maso apa gila?

Tetapi, Minami jelas bisa memasak dengan baik, bento yang dia bawakan untuk Akihisa sukses dimakan habis dan tidak beracun. Setidaknya tidak membunuh seperti bento dan makanan-makanan buatan Himeji Mizuki, heroine utama yang satu lagi. Minami juga beberapa kali memasakkan makanan untuk grup Akihisa, dengan beberapa ranjau masakan Himeji.

+ Sebenernya pintar cuma yah…

Minami ini sebenarnya adalah anak yang pintar, salah satu pelajaran andalannya di Jepang adalah matematika, sehingga kamu bisa mengandalkannya dalam mengatur keuangan rumah tangga yang baik. Sayangnya, karena dia menghabiskan hampir semasa hidupnya di Jerman dan hampir tidak pernah menggunakan bahasa Jepang di sana, Minami jadi agak canggung dalam berbahasa Jepang.

Kesulitan berkomunikasi ditambah ketidakmampuannya untuk membaca tulisan kanji membuat Minami harus tinggal di kelas F bersama orang-orang ajaib tersebut. Untungnya masih ada Himeji yang tidak seajaib orang-orang lain, jadi Minami masih bisa waras.

+ Imoutonya imut

Hazuki Shimada, adalah satu lagi nilai plus bila kamu memilih Minami sebagai seorang waifu. Gadis yang imut dan kalau sudah nempel gak bisa lepas ini bisa jadi imouto yang irresistible, apalagi kalau dia bikin jealous kakaknya sendiri karena dia meluk-meluk Akihisa dengan bebas. Sayang Minaminya juga tsundere jadi kamu bisa dipeluk imouto imut sambil melihat Minami tersipu malu-malu-mau.

Tapi yah, hati-hati kalau ada polisi tahu-tahu datang menggedor rumah kamu saja.

Rambutnya digerai pun cantik.

Kurang lebih, Minami adalah seorang gadis berkualitas sebagai seorang waifu, nyaris tidak ada kekurangan yang begitu berarti selain kekurangan fisik dan kemampuan berkomunikasi. Setidaknya bahasa Indonesia mungkin lebih mudah daripada bahasa Jepang karena tidak perlu baca moonrunes yang njelimet. Setidaknya kamu juga bisa belajar bahasa Jerman atau selalu ada bahasa Inggris yang menjembatani kamu dan dunia internasional.

Tapi apa saja kelemahan Minami? Mari kita bahas di bawah ini:

– Miharu Shimizu

Adik kelas Minami yang satu ini bisa kita ibaratkan seperti Shirai Kuroko dalam seri To Aru Kagaku no Railgun. Miharu memendam perasaan cinta yang cukup dalam kepada Minami, dan dia juga tidak malu-malu dalam memperlihatkan perasaannya tersebut. Dia sering kali mendobrak ruang kelas dan langsung memeluk Minami. Minami sendiri sepertinya agak ‘lemah’ dengan Miharu dan pasrah bila dipeluk sama adik kelas yang satu ini.

Jangan sekali-kali kamu kira hubungan yuri mereka lucu dan harmless, Miharu bahkan pernah mem-blackmail Akihisa dan Yuuji supaya mereka jauh-jauh dari Minami.

– Awas rusuk patah

Biar dikata badannya mungil dan tidak begitu berisi, Minami sebenarnya punya kekuatan yang cukup besar. Apalagi bila kamu sudah (secara tiba-tiba) berada dalam kuncian submission Minami. Dia juga cukup kuat untuk ngesuplex Akihisa sampai beberapa kali digambarkan Akihisa patah tulang. Which heals everytime God knows why. Tapi badan manusia tidak dibuat sama seperti makhluk bernama Akihisa Yoshii, kalau kamu patah tulang, kamu bakal digips selama 6 bulan, ingat itu.

Di luar kelemahannya yang agak fatal, dua-duanya bisa mencelakakan kamu dalam cara-cara yang tidak terduga dan membahayakan jiwa. Namun Minami adalah salah satu calon waifu yang bisa saya katakan sangat berkualitas. Karena dia cantik dan pintar, dia juga bisa memasak dan mengurus rumah tangga, kamu juga bakal dapat adik ipar yang imut nan lucu. Bila disuruh milih, saya mungkin pilih Minami dibandingkan Mizuki, lalu bagaimana denga kamu?