Ungkap Detil Perbedaan Versi & Lainnya, ‘Pokemon: Let’s Go, Pikachu! & Let’s Go Eevee!’ Lepas Trailer Baru

July 13, 2018 5:23 pm
Ungkap Detil Perbedaan Versi & Lainnya, ‘Pokemon: Let’s Go, Pikachu! & Let’s Go Eevee!’ Lepas Trailer Baru

Bersamaan dengan merilis trailer baru, The Pokemon Company telah merilis banyak informasi mengenai “Pokemon: Let’s Go, Pikachu!” dan “Pokemon: Let’s Go Eevee!” seputar perbedaan versi, gym, dan lainnya.

Perbedaan Versi

Walau ceritanya sama baik dari Pokemon: Let’s Go, Pikachu! dan Pokemon Let’s Go, Eevee!, ada beberapa perbedaan di masing-masing versi. Tentunya partner pertama kalian adalah Pikachu atau Eevee sesuai dengan versi yang kalian beli, tetapi tipe dan kelangkaan dari Pokemon liar yang kalian temui akan berbeda untuk masing-masing. Contohnya, Pokemon seperti Oddish, Sandshrew, dan Growlithe hanya muncul secara liar di Pokemon: Let’s Go, Pikachu!, sedangkan Bellsprout, Vulpix, dan Meowth hanya ditemukan liar dalam Pokemon Let’s Go, Eevee!

Menangkap Pokemon

Kalau kalian sudah familiar dengan game-game Pokemon RPG sebelumnya, kalian akan melihat cara menangkap Pokemon yang berbeda di game ini. Seiring kalian menjelajahi dunia game-nya, kalian akan bertemu dengan Pokemon liar. Jika kalian melihat Pokemon yang ingin kalian tangkap, kalian hanya perlu menghampirinya.

Setelah kalian menyentuh Pokemon, kalian akan diberi kesempatan untuk melempar Poke Ball dengan cara yang serupa di game mobile Pokemon GO. Pokemon liar akan bergerak dan mencoba untuk mengintimidasi kalian, tetapi kalian jangan terpengaruh. Hanya dengan mengayunkan Joy-Con dengan timing yang tepat untuk melempar Poke Ball. Jika kalian bermain Nintendo Switch dalam handheld mode, kalian akan menggerakan konsolnya untuk menentukan target dan kemudian melempar Poke Ball dengan menekan tombol A.

Kemungkinan kalian untuk menangkap Pokemon meningkat sesuai dengan timing dan posisi mendarat Poke Ball. Jika Poke Ball berada di dalam lingkaran yang bergerak maka kemungkinan sukses akan semakin tinggi, terutama apabila ukuran lingkarannya kecil. Warna lingkaran memberi tahu tingkat kesulitan menangkap Pokemon, hijau berarti mudah dan merah berarti sulit.

Menangkap Pokemon liar akan memberi Exp. Point ke seluruh Pokemon di party kalian. Setelah Pokemon mendapatkan Exp. Point yang cukup, dia akan naik level. Status Pokemon akan meningkat ketika naik level, dan kadang mereka akan belajar jurus baru.

Kalian akan bisa membuat menangkap Pokemon lebih mudah dengan mengganti tipe Poke Ball yang digunakan atau memberi Berry ke Pokemon liar. Jika kalian kehabisan Poke Ball, kalian bisa beli di Poke Mart yang tersebar di berbagai tempat, atau mendapatkan Poke Ball ketika mengalahkan Trainer lain. Seiring kalian mendapatkan lebih banyak Gym Badge, produk di Poke Mart akan bertambah dan kalian bisa membeli Poke Ball yang lebih baik.

Bertarung dengan Pokemon Trainer

Dalam Pokemon: Let’s Go, Pikachu! dan Pokemon Let’s Go, Eevee!, kalian tidak hanya berhadapan dengan Pokemon liar saja. Kalian akan bertemu dengan Pokemon Trainer yang menantang kalian ke pertarungan. Jika Pokemon Trainer melihat kalian, dia akan langsung menantang kalian. Pertarungan masih sama dengan game-game Pokemon sebelumnya, jadi kalian tidak perlu khawatir.

Selain bisa memilih jurus, kalian bisa menukar Pokemon jika sekarat atau menggunakan item. Jika kalian mengalahkan Pokemon Trainer, kalian akan mendapatkan Exp. Point untuk Pokemon, uang, dan kadang Poke Ball.

Wilayah Kanto

Pokemon: Let’s Go, Pikachu! dan Pokemon Let’s Go, Eevee! menggunakan basis Pokemon Yellow: Special Pikachu Edition, yang pertama kali rilis untuk Game Boy di Jepang pada tahun 1998. Sama seperti game aslinya, game ini ber-setting di Kanto. Wilayah ini terasa berbeda berkat visual yang berubah setelah 20 tahun.

Wilayah Kanto menghadirkan lokasi yang bervariasi, seperti kota kecil, kota besar, gunung, sungai, hutan, dan laut. Ada berbagai wilayah yang bisa kalian yang kalian nikmati. Kalian juga akan memulai perjalanan di Pallet Town, kota kecil yang juga kampung halaman dari rival kalian, yang merupakan tetangga.

Pallet Town juga adalah rumah dari Professor Oak, yang laboratoriumnya dekat rumah kalian. Dia mempelajari Pokemon dan akan memberi hadiah berharga untuk kalian yaitu Pokedex. Dia berharap suatu hari nanti bisa melihat Pokedex yang lengkap berisikan semua Pokemon.

Kota dan Pokemon Gym

Setelah meninggalkan Pallet Town, kalian akan tiba di berbagai tempat baru, termasuk Pewter City yang berada di dasar great stone mountain. Dalam kota ini terdapat juga Pewter Museum of Science yang berisikan banyak Fossil. Kalian juga akan bertemu dengan Brock, Pewter City Gym Leader.

Pokemon Gym adalah tempat untuk para Pokemon Trainer untuk membuktikan diri mereka dalam pertaurngan. Sebelum masuk Gym, kalian harus memenuhi beberapa kondisi seperti memiliki Pokemon tipe tertentu atau level tertentu. Setelah kalian memiliki kualifikasi untuk masuk, kalian akan menghadapi berbagai Trainer sebelum berhadapan dengan Gym Leader dengan harapan mendapatkan Gym Badge.

Brock adalah ahli dalam Pokemon tipe Rock, jadi kalian harus menyiapkan Pokemon yang kuat melawan tipe tersebut.

Setelah meninggalkan Pewter City, kalian akan tiba di Cerulean City, tempat yang penuh air. Di kota ini terdapat juga Squirtle yang nakal, jadi kalian harus memasang perhatian. Gym Leader di kota ini adalah Misty yang ahli dalam Pokemon tipe Water.

Berinteraksi dengan Pokemon

Di tengah kesibukan berpetualang dan bertarung, kalian bisa bersantai dengan rekan Pokemon kalian. Dalam Pokemon: Let’s Go, Pikachu! dan Pokemon Let’s Go, Eevee!, kalian akan bisa menikmati waktu bermain dengan Pikachu atau Eevee untuk memperdalam ikatan kalian. Rekan Pokemon kalian akan duduk di lengan, jadi kalian bisa membelainya, memberi makan, atau bahkan menggeletikinya. Tidak hanya untuk pengalihan ini imut, dikatakan akan ada hal bagus jika kalian dekat dengan rekan kalian.

Kalian juga bisa merias rekan Pokemon dengan bebas. Kalian bisa mengenakan kostum untuk Pokemon, memberi aksesoris, dan mengubah gaya rambut. Jadi kalian bisa menentukan penampilan dengan bebas.

Tidak hanya berinteraksi dengan rekan Pokemon, kalian juga membawa Pokemon apa saja sebagai rekan perjalanan. Jika kalian mengeluarkan Pokemon dari Poke Ball, dia akan berjalan bersama kalian. Beberapa Pokemon akan membiarkan kalian menaikinya, akan membuat kalian berjalan lebih cepat.

Bermain Bersama Teman

Salah satu fitur baru dari Pokemon: Let’s Go, Pikachu! dan Pokemon Let’s Go, Eevee! adalah Support Play, yaitu 2 pemain bisa menjelajahi dunianya bersama. Masing-masing pemain bisa mengeluarkan Pokemon untuk berjalan bersamanya.

Dengan Support Play, kalian akan meningkatkan kemungkinan menangkap Pokemon liar dengan melempar Poke Ball secara bersamaan. Kalian bisa bergabung sebagai Support Trainer hanya dengan menggoyangkan controller kedua, bahkan ketika tengah menangkap Pokemon liar. Tidak hanya membuat proses menangkap lebih mudah, kalian juga akan mendapatkan Exp. Point lebih banyak juga.

Support Play juga akan membantu kalian pada saat bertarung melawan Trainer lain. Masing-masing pemain akan bisa mengendalikan Pokemon yang terpisah.

Kalian juga bisa terhubung dengan pemain lain dan bertarung melawan mereka. Ada 2 fitur komunikasi untuk bertarung: local untuk menghubungkan 2 konsol Switch yang dekat atau internet untuk melawan siapa saja yang jauh.

Bermain dengan pemain lain bukanlah hanya bertarung saja, kalian juga bsia bertukar Pokemon untuk melengkapi Pokedex kalian. Perlu diingat bahwa fitur bertarung dan bertukar Pokemon akan memerlukan langganan Nintendo Switch Online pada bulan September.

Pokemon: Let’s Go, Pikachu! dan Pokemon Let’s Go, Eevee! akan rilis di seluruh dunia pada tanggal 16 November untuk Nintendo Switch.

Sumber: Gematsu