Apa Saja Anime Movie Tahun 2018 yang Harus Kamu Antisipasi?

Menonton film anime ternyata tidak hanya bisa dilakukan di layar lebar saja, karena kini ada juga alternatif lain yaitu dengan menonton film-film streaming seperti di beberapa layanan streaming berikut ini. Selain kemudahan untuk menonton di mana saja, menonton streaming juga memiliki keuntungan tayangannya bisa dinikmati berkali-kali sepuasnya. Kalau kamu nonton di bioskop kan nggak mungkin kamu nyuruh mas-masnya buat ngepause filmnya.

Tahun 2018 pun sebenarnya tahun yang baik bagi moviemovie Jepang untuk masuk ke Indonesia, karena ada beberapa judul yang saya sangat antisipasi. Sebagian dari judul-judul tersebut juga sudah masuk ke Indonesia dan mungkin beberapa dari kamu juga sudah sempat menontonnya. Penasaran film-film apa saja yang tayang di tahun 2018? Berikut ini adalah beberapa film yang cukup saya tunggu:

Hibike! Euphonium: Liz to Aoi Tori

Sebuah ‘spin-off‘ dari seri Hibike! Euphonium ini bercerita mengenai 2 orang murid kelas 2, Mizore Yoroizuka dan Nozomi Kasaki yang tergabung dalam klub musik. Film ini seperti sebuah angin segar bagi penikmat genre Yuri, karena dari tema yang dibawakan, saya tidak perlu menjelaskan lagi hubungan antara Mizore dan Nozomi. Dari serinya pun keduanya sudah menjadi teman yang dekat.

Yang membuat seri Liz to Aoi Tori ini menarik tidak hanya karena film ini menceritakan side story keduanya, tapi juga pembawaan gambarnya yang seperti menggunakan lukisan cat air. Pembawaan ini memberikan kesan artistik yang tidak banyak ditemukan di animasi lain. Selain itu, penyutradaraan dari Naoko Yamada yang menyutradarai “Koe no Katachi” –and most other KyoAni works, really– menjanjikan roller coaster of emotion ditemani attention to detail Kyoani yang sudah terkenal.

Batman Ninja

Jujur saja, ini mungkin salah satu judul yang tidak saya duga sebelumnya, karena it’s not really Japanese, ya kan? Bahkan saya baru tahu adanya film ini setelah menjelajah internet mencari film-film menarik apa yang tayang tahun 2018 ini. Di sini Batman dan keluarganya terlempar ke era Sengoku akibat mesin Gorilla Grodd, Batman yang kehilangan berbagai teknologinya harus bekerja sama dengan keluarganya dan melawan berbagai supervillain yang menjadi daimyo dunia ini agar bisa kembali ke masa depan.

Batman Ninja dikerjakan oleh 3 studio, Kamikaze Douga, Yamato Works, dan Barnum Studio, namun Kamikaze Dougalah yang menjadi studio utamanya. Film tentang Batman ini sepertinya sangat gila menarik dan cocok untuk dimasukan ke dalam daftar tontonan kamu.

Chuuniibyou demo Koi ga Shitai Movie: Take on Me

Bagi para penggemar seri Chuunibyou,  movie yang satu ini mungkin menjadi sebuah salvation bagi kamu-kamu yang shipping Yuuta dengan Rikka. Karena Touka ingin membawa Rikka ke Italia, Yuuta dan Rikka harus mengambil langkah ekstrim untuk melanjutkan hubungan mereka, dan langkah tersebut adalah kawin lari!

Seri Chuunibyou sendiri bagi saya sudah cukup menarik, karena ceritanya yang cukup ringan namun dibarengi dengan lelucon-lelucon jenaka. Apalagi film ini juga dikerjakan oleh KyoAni yang kamu tidak perlu lah tanyakan kualitasnya. Film ini tayang di awal tahun 2018 ini di Jepang, tepatnya pada tanggal 6 Januari, dan pada tanggal 23 Mei lalu film ini juga tayang di bioskop-bioskop lokal. Apakah ada dari kamu yang sudah menonton film ini?

Maquia: When the Promised Flower Blooms

Drama besutan Mari Okada yang satu ini memang sedang hangat-hangatnya dibicarakan, karena Ponimu baru saja mengumumkan kalau mereka akan membawakan film layar lebar yang satu ini ke Indonesia. Drama ini adalah sebuah drama yang sudah ditayangkan di bioskop berbagai negara, dan dia juga memenangkan penghargaan best animation di Shanghai Movie Festival.

Drama ini akan menekankan sisi keibuan Maquia yang harus merawat bayi manusia dari kecil sampai dewasa, namun bagaimana sang anak bisa menjelaskan fenomena sang ibu yang tidak menua akan dituangkan semua dalam film tersebut. Makoto Shinkai sendiri juga memuji film layar lebar debut dari Mari Okada tersebut, jadi film ini harus masuk dalam daftar tontonan kamu.

Gekijouban Shingeki no Kyojin Season 2: Kakusei no Houkou

Memang film yang satu ini hanyalah recap semata dan hanya meliputi arc Clash of the Titans, namun ini merupakan salah satu arc paling penting dalam seri ini. Apalagi bagi kamu-kamu yang masih sibuk bekerja dan tidak punya waktu untuk menonton satu seri penuh, kamu hanya perlu 2 jam waktu luang untuk menonton film yang satu ini, sehingga kamu siap untuk melanjutkan ke season yang berikutnya. Atau recap movie yang berikutnya lagi.

Natsume Yuujinchou: Utsusemi ni Musubu

Kalau season 6-nya masih juga kurang, bagaimana dengan movie Natsume Yuujin-chou: Utsusemi ni Musubu, film ini akan tayang pada bulan September tahun ini di Jepang. Film ini juga akan memiliki cerita orisinal yang diawasi langsung oleh Yuki Midorikawa. Dalam film ini, Kengo Kora akan menjadi bintang seiyuu untuk mengisi suara Rio Tsumura, seorang pria muda yang menjadi teman Natsume.

Belum banyak yang bisa kita ketahui tentang film yang satu ini, namun saya harap akan ada lisensor yang bisa membawa film ini untuk masuk ke Indonesia.

Mirai of the Future

Hanya seminggu berselang sebelum penayangan perdana film Mirai of the Future di tanggal 20 Juli mendatang, dan tentu film ini juga sudah banyak ditunggu orang-orang. Film arahan dari Mamoru Hosoda ini akan bercerita mengenai Kun, seorang anak manja berusia 4 tahun yang bertemu dengan Mirai, saudarinya yang kembali dari masa depan untuk mengajarkan bagaimana Kun harus bersikap bersama adiknya yang baru lahir.

Siapa yang tidak kenal dengan Mamoru Hosoda, beliau telah memproduksi banyak film-film menarik sepanjang karirnya, mulai dari Summer Wars, Digimon Movie, Toki wo Kakeru Shoujo, dan masih banyak judul-judul besar lain. Saya cukup yakin judul barunya yang satu ini juga bisa memukau para penontonnya minggu depan.

Boku no Hero Academia The Movie: Futari no Hero

Boku no Hero Academia, adalah judul yang sedang naik daun belakangan ini dan kesuksesan seri manga serta anime-nya kini membuat dia juga mendapatkan sebuah film layar lebar. Boku no Hero Academia: The Movie adalah sebuah film yang bercerita saat U.A. bersiap untuk melaksanakan kamp training musim panas. Namun Deku dan All Might menerima undangan misterius dari seseorang untuk datang ke pulau I-Island. Di sana, Deku bertemu dengan gadis misterius bernama Melissa.

Film ini pertama kali ditayangkan di Amerika dalam gelaran Anime Expo pada tanggal 5 Juli lalu, namun di Jepang sendiri film ini baru akan tayang pada tanggal 3 September mendatang. Film ini juga sudah dipastikan akan tayang di Amerika Serikat dan Kanada di musim gugur tahun ini.

Sebenarnya juga masih banyak judul-judul yang menarik selain judul-judul di atas, namun bagi saya secara pribadi judul-judul di ataslah yang paling menarik perhatian saya. Masih ada movie Code Geass yang akan membuka season ketiganya, ada juga movie Macross DeltaGundam OriginServampPeacemaker Kurogane, dan masih banyak lagi.

Dari film-film di atas, kira-kira film mana saja yang ingin kamu lihat di Indonesia? Secara pribadi saya sangat ingin ketiga film terakhir dalam daftar ini untuk tayang. Yaitu Natsume Yuujin-chou, Mirai of the Future, dan juga Boku no Hero Academia.

Alternatif kita untuk menonton film layar lebar pun tidak terbatas di bioskop saja, karena kini situs-situs streaming juga punya kemampuan untuk membawakan film-film di atas ke depan pangkuan kita. Tentu menonton via komputer atau laptop tidak semegah di bioskop-bioskop, namun kita bisa mengontrol langsung tayangan yang mau kita tonton, serta kita bisa nonton berkali-kali sampai puas. Kecuali harga tiket bioskop bukan halangan bagimu.