[JOI Spotlight] Oolong Tea Editon

July 15, 2018 7:04 pm
[JOI Spotlight] Oolong Tea Editon

Selamat datang JOI Spotlight kedua untuk anime musim panas tahun ini. Tentu belum semua seri hadir pada minggu ini dan kami juga masih mengumpulkan seri untuk ditonton, untuk sekarang staf tentunya akan memberikan impresi berbagai seri yang sudah tayang minggu ini.

Jashin-chan Dropkick 01

What’s this?

Modern Dokuro-chan

Kaptain

Mulai dari tengah biar para karakternya bisa langsung ngumpul. Saya mau protes tentang para karakter yang dijejalin di episode pembuka, tapi to be fair karakter seri ini juga nggak kompleks banget dan ya humornya juga repetitif. Alasan seri ini bisa cukup tahan lama itu karena ceritanya juga rajin ngenalin karakter baru dengan gimmick mereka sendiri yang tentu aja malah bikin karakternya kebanyakan.

Etherlite

Mulai-mulai langsung chapter 59 manga-nya, without any explanation or character introduction. Plotlinenya juga cuma Jyashin-chan plotting murder -> stupidly foiled -> kena siksa instead *insert grotesque scene* ad infinitum. Dropped.

P.s. Official twitternya mengumumkan: bagi yang pengen episode menjelaskan karakternya, manga chapter para karakternya pertama nongol bisa dilihat gratis. Bikin jadi proper episode anime aja kenapa?

Back Street Girl 01

What’s this?

A more honest look on idol industry

Kaptain

Anime 24 menit yang dikasih budget anime 5 menit. Saya nggak ngeliat nilai tambah dari nyimak anime ini dibandingkan dengan ngebaca manga-nya.

Bakabon 01

What’s this?

Remake seri gag klasik lagi.

Kaptain

Saya nggak ngeliat hook yang bagus untuk adaptasi modern ini. Osomatsu dulu ngelakuin hal yang sama dengan lebih baik dan juga di season pertama punya “parodi seri fujo” sebagai hooknya. Bahkan kalau saya boleh kasar episode pembuka ini setara sama episode lemah season dua Osomatsu. Not impressed at all.

Angolmois 01

What’s this?

Invasi pertama Mongol ke Jepang before they died in a Tornado~

Kaptain

Bau-baunya sih seri seinen kompeten yang nggak ada satupun orang yang nonton. Tsushima itu setting yang cukup underused walaupun memiliki peran besar sebagai gerbang antara Korea-Jepang, markas besar bajak laut Jepang, dan saat perang Russia Jepang nanti. Ceritanya kayaknya mengambil teori kalau Yoshitsune pergi ke Mongolia dan jadi Khan di sana.

Pembuka bagus untuk seri sejarah yang kualitas produksinya cukup kompeten dan saya harap bisa populer berhubung di E3 kemarin ada game yang juga berfokus pada konflik ini. Will be watching this, walaupun saya yakin filter gambarnya bakal bikin banyak orang ngedrop.

Banana Fish 02

Kaptain

Pembunuhan anak dan CP. Told you 80’s shoujo was wild. Saya emang nggak banyak ngikut seri BL, tapi mood whiplash antara semua kebrutalan episode ini dengan Ash yang ngeliat Eiji sebagai malaikat kayak ini itu seri olahraga sekolah itu saya asumsi merupakan hal yang umum di genre ini.

Chuukan Kanriroku Tonegawa 02

bukan_randy

Masih terjebak di pacing lelet yang ngerusak jokejokenya, dan entah kenapa Tonegawa jadi suka ngeluarin random English word dan/atau random Engrish accent. Tapi untungnya beberapa visual gag baru yang tidak ada di manganya berhasil memperkuat jokenya. Episode kali ini juga mengambil 2 chapter manganya ketimbang episode 1 yang mengadaptasi 1 chapter saja, sehingga jumlah filler dan recapnya tidak sebanyak episode 1. Untungnya naratornya juga ga bicara sebanyak di episode 1.

A surprising improvement, meski saya nggak yakin kualitasnya saat ini masih bisa bikin saya nonton sampai tamat. Mari kita lihat apakah episode 3 makin membaik lagi atau nggak.

Harukana Receive 01-02

DAT ASS

What’s this?

Kirara anime venturing ke ranah sports, lengkap dengan fanservice.

Etherlite

Animation? Decent, meskipun character designnya agak kurang. Cerita? Komposisi moe, sexy & fiery sports genrenya cukup menarik untuk lanjut ditonton.

Grand Blue 01

*gambar tidak representatif dengan isi anime(?)*

What’s this?

Diving Anime..?

Etherlite

Kalau kalian belum pernah baca manganya, Grand Blue adalah anime minum ‘air’ dan ‘oolong tea’ yang kadang-kadang diselingi dengan diving.

Kaptain

Ngeliat episode pertama ini saya jadi inget kenapa saya males ngelanjutin seri ini. Saya sangat sangat sangat nggak suka Chisa, dan nantinya juga adiknya si Iori. Di musim yang komedinya banyak “assholes being assholes to each other” ini, karakternya yang tipenya no fun allowed kayak dia itu kentara banget ngeselinnya. Karakter macam ini juga yan bikin saya kehabisan kesabaran sama Baka Test dulu berhubung penulisnya juga sama.

Bakal lanjut, tapi saya bakal skip adegan yang ada Chisa-nya.

bukan_randy

An okay adaptation. Kalau sudah baca manganya, episode 1 ini terasa agak kurang karena meski jokenya memiliki bahan yang ekstrim, eksekusinya agak terlalu mediocre. Desain karakter-karakter cowoknya persis seperti di manga, tapi desain karakter-karakter ceweknya terasa cukup berubah, terutama Azusa dan apalagi Chisa rambutnya berbeda dan dadanya diperbesar.

Chio-chan no Tsuugakuro 02

Kaptain

Untungnya jauh lebih mendingan berkat interaksi antara Chio & Manana yang tetep bagus dan bab yang diadaptasi jadi ada 3, makanya pacing jadi lebih terbantu. Opini saya tentang adaptasi ini mulai bisa diperbaiki, cuma mari kita lihat Kabbadi anime ini bakal kayak gimana jadinya.

Revue Starlight 01

What’s this?

Super Powered Gay Drama Troupe

Kaptain

Holy transformation scene Batman 7 menit terakhir episode ini was certainly something dan memastikan ini bukan seri slice of life atau olahraga biasa. Luar biasa flamboyan, berhubung sutradaranya itu salah satu staf sentral Ikuhara. Saya penasaran siapa yang bakal jadi the gayest show of this season, ini atau Banana Fish.

Hataraku Saibou 02

Kaptain

Episode yang saya tonton sekarang lebih deskriptif tentang cara kerja sel tubuh, so that’s nice. Fun fact: Sel yang jadi sumbat fibrin bakal mati, never ever trust the lolis.

bukan_randy

Sedikit mengulang kata-kata Kaptain minggu lalu, ini anime edukasi yang bagus karena sisi entertainment-nya sangat cukup sebagai pelumas edukasinya. Saya sempat kaget melihat isi animenya penuh darah (baik secara harafiah maupun kiasan, meskipun terbalik-balik juga) sebelum menyadari kalau anime edukasi ini itu tayangnya pas di tengah malam.

Yuuragisou no Yuuna-san 01

What’s this?

Supernatural To-Love-Ru

bukan_randy

Sejujurnya saya sama sekali ga berharap dengan animenya, karena selain makin ke belakang manganya makin penuh dengan fanservice filler, biasanya saya tidak akan suka dengan adaptasi dari manga yang fanservice sekalipun saya menyukai manganya, karena seringkali pacing dan adegannya ditekankan ke bagian fanservicenya.

Episode 1 was just alright though. Kalau dilihat dari OPnya, sepertinya animenya hanya akan sampai ke arc Dragon Palace. Saya agak terkejut dengan suara karakter-karakternya yang berbeda dari dugaan/lebih bagus dari dugaan saya, sayangnya itu tidak termasuk suara Nonko dan sang titular heroinenya sendiri, Yuuna.

Fate/Grand Order

Etherlite

As expected, Lostbelt chapter 2 baru akan mulai minggu depan setelah live broadcast. Sementara itu kita dapat preeventnya yang… kurang menarik. ¼ AP for main story part 1, ½ AP for main story Anastasia (yang dua-duanya sudah saya selesaikan sejak lama). Paling tidak bagi yang kelar main story Anastasia sebelum tanggal 27 akan diberikan 10 quartz. Oh and also Napoleon gacha. Stats & skillnya setronk, but nope, ga niat roll untuk batangan.

NA Server

Kaptain

Masih grinding & rank up servant buat farming summer event nanti. Antara itu atau gacha Camelot 2 yang paling nggak ngasih saya waktu buat ngumpulin SQ buat 10 roll.

Girls Frontline

bukan_randy

Berhasil hoki dapet tim SGMG yang saya inginkan, dan langsung saya latih (meski MG5 di gambar saya ganti dulu dengan AR-15 sebagai “tukang GB” dan lagi kekurangan core buat nge-link dia juga). This kind of backfired, karena konsumsi ammo & ration echelon ini benar-benar menguras resource saya.

Kaptain

Miskin core setelah dua echelon nyentuh level 90 semua. Exp bonus bentar lagi kelar, semoga aja keburu naikin level tim HGRF buat Cube nanti.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Kalau dipikir lagi di musim ini banyak ya seri yang kovernya sangat nggak sama dengan isinya.