[JOI Spotlight] Soumen Edition

July 22, 2018 5:20 pm
[JOI Spotlight] Soumen Edition

JOI Spotlight akhirnya masuk minggu ketiga musim panas ini. Berbagai seri sudah masuk minggu ketiganya dan tentunya daftar tontonan untuk musim ini sudah mulai terbentuk. Seperti biasa staf JOI akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang kami saksikan minggu ini.

Hanebado 03

Kaptain

Dengan tone baru anime ini, Kaoruko kesannya jadi kayak karakter anime lain yang nyasar ke sini. Sementara ibunya Ayano merupakan kandidat mom of the season dengan penelantaran anaknya biar bisa nyari anak baru di Perancis.

Asobi Asobase 02

Kaptain

Untuk sebuah seri komedi jump scarenya banyak bener. Hina Kino selaku seiyuu Hanako itu secara pribadi performancenya paling bagus dibandingkan seiyuu komedi lain di musim ini.

bukan_randy

Hebat juga di season yang tayang bareng sama Grand Blue, bisa ada anime lain yang reaction facenya lebih kuat. Eksekusi jokenya sangat bagus dengan paduan timing, sound effect, dan tentunya reaction face yang dicomot dari film horror.

Planet With 02

Kaptain

Jadi “musuh” umat manusia ada dua, faksi Nebula yang ingin nyita mecha Grand Paladin dan faksi yang ingin manusia hidup yang lebih damai(?) dengan ilusi, pada dasarnya keduanya ingin manusia ga masuk full interstellar threat mode, karena pimpinan Paladin sendiri jelas nggak bisa dipercaya. Souya sendiri nampaknya dimotivasi dengan fakta kalau dunianya hancur akibat teknologi yang sekarang dipegang oleh manusia.

Angolmois 02

Kaptain

Sou yang impresi awalnya itu Samurai yang jelas nggak bisa bertahan sama pasukan profesional nyatanya bisa ngelakuin perlawanan yang mumpuni. Iya, di era ini Jepang masih ngeliat perang sebagai duel skala besar dan bukan pertarungan antar formasi yang terorganisir. Katana aja masih belum ada di periode ini, yang ada Tachi sama Chokutou.

Harukana Receive 03

Etherlite

Anime ini mengajarkan bahwa pengetahuan beach volleyball dari DOAX saja ga cukup, di luar itu interpersonal relationship antar karakter, terutama Kanata yang terus mendapat dorongan dari Haruka juga digambarkan dengan baik. Also plenty of high quality fanservice every week.

Chio-chan no Tsugakuro 03

Kaptain

Balik lagi ke format 2 sketsa per episode, dan komplain saya atas episode pertamanya juga balik lagi. Di episode ini Chio cuma ingin hidup tenang dan dia bisa ngubah orang yang dia sentuh jadi bom.

bukan_randy

lolwao referensi Borderlands & Bioshock.

Grand Blue 02

Kaptain

Episode beres-beres kamar, yang agak keganggu dengan filler tentang diving di paruh akhirnya.

Chuukan Kanriroku Tonegawa 03

bukan_randy

Episode yang fokus di joke di mana Tonegawa memanggang BBQ di tempat dogeza grilling machine yang nanti bakal memanggang dia di Kaiji S1, and it works. Entah apakah saya mulai terbiasa dengan naratornya atau memang sedang cocok karena setting episode ini adalah tamasya dan pesta, tapi saya cukup merasa nyaman dengan naratornya di episode ini.

Okay anime, you win. Saya bakal lanjut nonton anime ini.

Sedikit informasi tentang suara “Zawa” yang terdengar aneh beberapa episode lalu, ternyata tiap episode pengisi suara “Zawa”-nya diganti, dan tiap pengisinya adalah seiyuu-seiyuu yang memiliki kata “zawa” di namanya, dan di episode ini pengisinya adalah HanaZAWA Kana, yang mana bagus dan juga lucu di beberapa bagian.

Full Metal Panic! Invisible Victory 11-12

Etherlite

Akhirnya 2 episode yang kena delay keluar. Ga protes karena most of the animation quality is pretty decent. Entah berapa tahun lagi sampai kita bisa nonton season 5. That Karenai Hana & Tomorrow at the end though.

Hataraku Saibou 03

Kaptain

Pas banget episode ini tayang pas lagi sakit flu. Singkatnya saya mesti nunggu sel badan saya nyelesaiin arc emosional mereka sampe bisa pake Hokuto Shinken. Selagi saya pake obat, zat-zat dalem obat agakya belom dapet representasi di anime ini ya, jadi Super Hero mungkin?

Revue Starlight 02

Kaptain

Sedikit penjelasan tentang progresi pangkat Takarazuka Revue yang menjadi model seri ini. Produksi tersebut punya 5 Gumi (grup) dan tiap grup dipimpin oleh Top Star masing-masing. Top Star adalah aktris yang punya pengalaman minimal belasan tahun di teater dan begitu sampai di puncak karir mereka biasanya cuma tahan 2-4 tahun karena udah nggak ada lagi puncak untuk dicapai. Ya, kompetisi untuk menjadi Top Star itu melihat ukuran rumah produksi sangatlah brutal.

Namun seri in nampaknya ingin melawan tradisi tersebut. Karen ingin bisa berdiri bersama Hikari di panggung dan praktik yang ngebuat tiap aktris harus ngehancurin satu sama lain saat ini itu sangat tidak kondusif untuk mencapainya. Sejauh ini Revue Starlight dan Hanebado itu adalah seri yang walaupun saya masih kurang pas dengan premisnya, punya kualitas produksi yang mengagumkan sehingga saya terus ngarep nonton tiap minggunya.

Kamen Rider Build 45

bukan_randy

Evolt dapat power up lagi, dan penampilannya makin nggak menarik lagi. Final formnya ini power levelnya juga nggak main-main, di mana debut form ini ditunjukkan dengan bagaimana santainya Evolt warp ke galaksi antah berantah dan ngancurin satu planet alien, lalu dilanjut dengan ngehajar Build dengan combo yang biasa dilihat di Dragon Ball. Untungnya formnya nggak jadi form default baru buat Evolt, karena meski power levelnya kayaknya paling tinggi dari semua villain KR sejauh ini, jujur tampangnya terlalu culun.

Surprisingly, the episode ended on a positive note. Klimaks sudah makin dekat. Entah apa rencana terakhir Sento buat ngalahin Evolt, tapi saya harap bukan jadi dipaksa nyambung ke KR Zio nanti.

Fate/Grand Order

Keisan doori desu.

Etherlite

One of the best FGO arc, so much great things, so much sad things, and that END!!! THE ONE WAITING IN BALDANDERS!!!! **** ****** *******!!!!!!!!!! This is such a great time for long time Type-Moon fans.

P.s. Bagi yang ga tahu, nickname saya asalnya dari karakter ini.

Girls Frontline

Kaptain

Groza get. Masih ada sebulan buat quest jadi mereka yang baru mulai harusnya masih sempat leveling biar bisa clear map 4. Beda banget sama server Korea yang cuma dikasih seminggu buat clear nih event. Gagal dapat G11 dan PKP, tapi ya kayak ada core aja abis leveling squad ketiga ke level 90.

bukan_randy

Same here. Ga dapet G11 dan PKP, tapi seenggaknya dari situ dapet cukup banyak core buat ngegenjot Groza. Selain itu sekarang lagi genjot 416, Springfield, & NTW karena dupe mereka makan tempat.S

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Apa kalian sudah buat daftar tontonan buat musim ini? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: Hisatyu