Manga Tentang Kontroversi Online Dibatalkan Akibat Kontroversi Online

July 30, 2018 3:53 pm
Manga Tentang Kontroversi Online Dibatalkan Akibat Kontroversi Online

“Honjitsu Watashi wa Enjou Shimashita” adalah manga karya Dogeza yang menceritakan tentang siswi SMA yang menggunakan konten kontroversial agar halaman MeTube miliknya lebih populer. Hanya saja pada 19 Juni publikasi manga ini dihentikan setelah pertimbangan oleh editorial Manga Time Kirara Max dan sang mangaka akibat kontroversi online.

Hal ini disebabkan oleh Netizen yang menemukan postingan Dogeza di Twitter yang berisikan komentar diskriminatif terhadap Korea, orang asing, dan warga Jepang yang mendapat santunan dari pemerintah. Setelah postingan ini menjadi populer editorial memberikan hiatus sementara untuk seri ini, namun berkembang menjadi pembatalan.

Dogeza telah meminta maaf lewat Twitter pada 25 Juni akibat “komentar yang mengganggu orang tertentu” dan menekankan bahwa dia meminta maaf atas kontroversi ini. Dogeza lalu beristirahat dari Twitter selama sebulan, namun setelah itu kembali marah-marah di Twitter mengenai komentar dan pesan yang menyebalkan. Saat ini Twitter milik Dogeza sudah dihapus.

Sumber: ANN