[JOI Spotlight] Safe Sects Edition

August 6, 2018 6:28 pm
[JOI Spotlight] Safe Sects Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk Agustus ini. Seperti biasa para staf akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang kami simak minggu lalu.

Asobi Asobase 04

Kaptain

Oh man. Eskalasi komedinya naik drastis. Ini adalah episode dengan orang yang bisa nembakin laser dari pantat, tapi dia bukan orang paling aneh di sini. Seri ini emang nggak punya niat ngasihin karakter yang “bersih”, tapi saya nggak nyangka level keparahannya itu sampe kayak si Gyaru.

Ringtone si Sensei tuh Wedding March, that’s one way to commit with your brand.

bukan_randy

Joke yang cuma lewat sekilas di episode lalu tahu-tahu dijadikan backstory salah satu karakter yang dibahas setengah episode lebih. Mungkin dia karakter yang saya rasa paling tidak nyaman dilihat (in a good way…?) karena wajahnya sangat realistik.

Hanebado 05

Kaptain

Episode ini susah ditonton karena si Connie itu maximum sinetron. Kirain pas dia udah mulai membuka diri (heh) sama anggota timnya masalah emosionalnya dia udah mendingan, cuma di akhir episode malah nyari perkara lagi sama Ayanon dan efeknya bisa kalian lihat sendiri di atas.

Shingeki no Kyojin S3 01-03

Etherlite

Setelah season 2 yang mixed feelings, season 3 started strongly. Strong, and in high intensity! Ngebutnya ga kira-kira sampai ga sempat ambil napas… tapi menarik! Also that Levi… Levi WHO!?!? Damn I know well that last name….

Bagi yang kangen sama Linked Horizon, mereka tetap kembali, tapi kali ini mereka mengisi ending theme song untuk season 3.

Planet With 04

Kaptain

Saya lupa siapa tepatnya penulis yang bilang ini, cara terbaik untuk mengeksekusi klise atau progresi cerita yang udah jelas banget untuk pembaca adalah dengan melakukannya lebih cepat dibandingkan dengan dugaan pembaca. Itulah yang terjadi di episode ini karena bahaya kekuatannya Grand Paladin keliatan jelas di sini dan anggotanya juga mulai keluar setelah agendanya si ketua dah jelas. Semua ini terjadi sebelum anime masuk pertengahan masa tayang so kudos to you Mizukami.

Angolmois 04

Kaptain

Militer Mongol itu pada dasarnya adalah pasukan multikultural dengan kavaleri Mongol sebagai puncaknya. Makanya saya seneng anime ini nekanin para etnis pasukan invasi, kita sejauh ini baru dikenalin dengan pasukan Korea, tapi sekarang suku Jurchen juga dikenalin. Kecuali saya salah hitung Tsushima masih harus bertahan 4 hari lagi, tapi ibukota udah hancur aja.

Grand Blue 04

Kaptain

Di manga-nya sendiri festival kampus adalah momen di mana saya mulai nyaman dengan seri ini, berhubung Iori dan Kohei akhirnya bisa bekerjasama dan usaha mereka bukan untuk diri mereka sendiri. Drunk jerks ngadalin satu sama lain emang cukup untuk seri ini, tapi momen kayak intervensi buat Aina ini yang bikin saya demen.

Chio-chan ga Tsugakurou 05

Kaptain

Adaptasi ini saya vonis udah worthwhile berhubung jogetnya Mananachio dianimasiin.

Starlight Revue 04

Kaptain

Episode untuk karakterisasi bukan hanya untuk Hikari dan Karen aja tapi juga siswi kelas lainnya, termasuk si sensei yang tentu aja sebagai guru teater bisa ngeliat “sandiwara” para murid. Montage telepon antara Hikari dan Karen itu jujur aja sejauh ini merupakan momen favorit saya untuk musim ini.

Hataraku Saibou 05

Kaptain

Obat sebagai doomsday weapon. Representasi yang bagus untuk menunjukkan kenapa obat yang nggak sesuai dosis dan rekomendasi dokter itu bahaya banget berhubung kandungan obat bakal nyerang semua sel yang ngebuat perkara tanpa ampun.

Fate/Extra Last Encore 11-13

Kaptain

Saya bingung kenapa Last Encore dibuat. Pada dasarnya cerita seri ini adalah versi suboptimal dari Fate/Extra karena hasil endingnya ujung-ujungnya sama, “Benerin Moon Cell, Kirim Master terakhir ke Bumi”, tujuan ini ketunda karena Saver serius dikit dan dia akhir cerita dia malah dah minggat. Iya ada konten baru yang diperkenalkan di seri ini, tapi Amari ujung-ujungnya mati off-screen (iya saya tahu ada Drama CD) dan Deadface kesannya redundan berhubung Avenger udah ada dari dulu.

Hilangnya struktur turnamen Extra atau tim OSIS CCC merupakan masalah utamanya, karena gara-gara ini timnya Hakuno jadi susah berinteraksi dengan lawan karena mereka langsung jadi ancaman begitu tim masuk area mereka. Ngebuat timeline cerita setelah final battle Extra juga berujung ke arc ceritanya Nero selesai duluan tanpa keterlibatan Hakuno dan ditunjukin lewat flashback, kalau sampe harus gini kenapa nggak adaptasi Extra sekalian?

Suzuka, bahkan Neil punya lebih banyak screentime dibandingkan Tamamo. Which is fine, udah jadi takdir Mikon dapet pait doang di tiap entri yang ada dianya. Hakunon walaupun screentime nggak banyak, at least was cute on every single one of it. Last Encore pada akhirnya adalah sebuah metode mahal untuk Nasu belajar screenwriting, dan minimal saya harap dia bisa nangkep kalau ngarepin penontun untuk nyari blog/extra material dia biar bisa dapet penjelasan dunia itu praktik yang buruk.

Harukana Receive 05

Etherlite

Tournament start! Lawannya rata uda kayak papan penggilesan ya, Kanata aja masih ada sedikit… Saya ga ngerti sih, lawan siap nunggu pokey dari Kanata di belakang, kalo pokeynya sedikit lebih pelan (jadi drop shot) kayaknya lebih susah buat lawan…

Chuukan Kanriroku Tonegawa 05

bukan_randy

WTF Matrix reference.

Fate/Grand Order

Etherlite

Capek grinding buat cari exp/skillstone/mats/qp… dan masih kurang 30 jantung lagi untuk naikin skill Bryn-Orion… Kalau sesuai tahun lalu summer mulai hari rabu/kamis.

NA Server

Kaptain

Baru ngeroll Kamis buat Yakuza Saint. Part 1 enak berhubung saya punya mayoritas bonus servant yang relevan sama node, cuma part 2 ini roster saya lebih dikit yang pas dan rasanya sentimen kalau distribusi node+bonus servant part 2 ini jelek bukan datang dari saya aja.

Girls Frontline

bukan_randy

Dapet Welrod dan sudah dinaikin ke link x5 sehingga tim HGRF pertama saya yang beres akhirnya jadi, lalu tiba-tiba dapat WA2000. Dengan ini wishlist lama saya sudah selesai. Wishlist baru saya adalah G11 dan SR-3MP. Mungkin G36 juga karena belakangan ini saya demen dengan ilustrasi-ilustrasi Imoko.

Yakuza 0

Kaptain

Versi PC. Optimisasi bagus walaupun sedikit buggy di PC saya dan ada substories vital yang jadi unplayable gara-gara 100% crash, hati-hati aja dan bikin save slot yang banyak karena ada kasus item (kalau yang ini bisa dibenerin dengan ngesave di slot lain) dan save data ilang di forum. Agak pelan mainnya berhubung saya ngeyel git gud dulu buat baseball & Space Harrier.

bukan_randy

“Mau lanjutin story? Yakin ga mau kelarin substories-substories yang menarik ini dulu?”

“Udah kelar semua substoriesnya dan lanjut story? Good, sekarang kamu pindah karakter yang juga punya substories-substoriesnya sendiri.”

“Udah kelar itu juga dan lanjut lagi storynya? Oke sekarang ada minigame real estate yang bisa jadi sumber duit terbesar dan juga ada ministory sendiri dan substories yang terikat dengannya.”

Sekitar 80% waktu permainan saya di game ini adalah dijejelin side content, and I’m loving it. Awalnya saya niat mau 100%-in game ini, tapi langsung mengurungkan niat begitu lihat beberapa completionnya butuh memainkan semua gambling game, dan saya payah/tidak tahu peraturan/teknik dari setengah lebih gambling gamenya seperti mahjong dan shogi. Inipun saya masih belum nyentuh baseball & bowlingnya.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Apakah mendekati pertengahan musim ini kalian ngambil seri baru setelah mendengar opini tentangnya? Sampaikan di kolom komentar di bawah.