Gamer Jepang Mengintegrasikan Daily Login Nyata untuk Melawan Depresi

August 7, 2018 4:29 pm
Gamer Jepang Mengintegrasikan Daily Login Nyata untuk Melawan Depresi

Untuk kalian yang main game modern yang ada aspek sosial atau multiplayer, kemungkinan besar akan ada sistem insentif agar kalian memainkan gamenya tiap hari, entah lewat mode gameplay yang cuma ada di jam atau hari tertentu, maupun dengan memberikan hadiah daily login agar kalian main, atau setidaknya sekedar membuka game secara teratur.

Pengguna Twitter Kyo-kun (@1122g_) mengalami depresi, dan orang yang depresi seringkali kesulitan untuk mengumpulkan niatan untuk menghadapi hari mereka. Untuk itu dirinya membuat sistem agar dia bisa menerima insentif daily login di dunia nyata dan tetap bisa “bermain” di dunia nyata.

Setelah belanja di toko diskon Daiso, Kyo-kun membeli kalender dengan kantung di tiap harinya. Dia memasukkan 500 Yen (sekitar 65.000 Rupiah) untuk tiap kantung yang bisa ambil pada hari yang relevan. Dia juga memberikan bonus 1000 Yen pada hari Senin dan hari terakhir bulan tersebut sebagai insentif tambahan.

Metode ini mendapat respon positif dari netizen lain.

“Sistem yang luar biasa untuk melalui masa sulit dalam hidup.”
“Lebih mudah untuk terus berusaha ketika tahu ada hal nyata yang bisa didapatkan darinya.”
“Saya akan coba ini untuk membantu diet.”
“Bonus tambahan saya untuk Jumat sebagai gantinya, untu tenaga dorongan terakhir minggu kerja.”
“Jadi, saat hari terakhir bulan itu juga hari Senin, apat 3.000 Yen?”

Memang pada dasarnya “bonus” ini datangnya dari kantung sendiri, namun insentif semacam ini itu lebih untuk memotivasi diri untuk terus “login” ke dunia nyata dibandingkan untuk mendapat nilai moneter. Tentu saja alasan pemberian bonus bisa diatur, seperti dengan menyelesaikan tugas atau menghindari kebiasaan jelek, cuma yang seperti ini ya jadinya daily quest, bukan daily login. Tapi kalau hasilnya positif ya peduli amat dengan semantik?

Sumber: Soranews

Header: Gamepress