[JOI Spotlight] Summer Midseason 2018 Edition

August 12, 2018 7:48 pm
[JOI Spotlight] Summer Midseason 2018 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk pertengahan musim panas ini. Comiket 94 sedang berjalan dan tentunya berbagai karya fans yang dinantikan mulai mengalir. Untuk sekarang mari kita lihat impresi para staf untuk seri yang hadir minggu ini.

Asobi Asobase 05

Kaptain

Sejauh ini kualitas gag anime ini nggak pernah berhenti, karakter baru yang diperkenalin juga menarik semua. Ngeliat proyeksi keparahan gagnya sih saya prediksi bakal ada orang yang mati sebelom musim ini kelar.

bukan_randy

Beneran jadi horor dengan main hitori kakurenbo.

Planet With 05

Kaptain

Props buat si mbah yang “main” dulu dengan ilusi faksi seal. Sekali lagi, pace ceritanya itu nggak mau buang-buang waktu dan bener-bener fokus ke plot point yang paling penting dan masing masing faksi sekarang ngelawan antagonis besar mereka. Faksi seal yang secara artifisial “menyelesaikan” beban emosional korban mereka bisa dilihat efek perawatan mereka sekarang, yang sebenarnya nggak mematikan, tapi cukup buat orang merinding ngeliat karakter anime jadi manusia yang “stabil”.

Hanebado 06

Seragamnya tim si Connie malah kayak seragam pilot mecha super robot.

Kaptain

Di manga sebenarnya Riko menang, tapi di sini malah kalah untuk maksimum drama. Kalau kedepan sampe nggak ada karakter yang neriakin ibunya Ayanon pas identitasnya ketahuan, i’m done with this show dan mending mulai ngejar High Score Girl.

Grand Blue 05

Kaptain

Dan balik lagi ke aspek yang paling saya nggak suda dari Grand Blue, mahasiswa yang ngeliat roman kayak anak SMP. Protagonis yang digilas karena dikira punya pacar itu aspek paling usang dari Baka Test, dan sekarang balik lagi di sini. Untung aja bagian Goukon Scum Squad dah lebih mendingan.

Angolmois 05

Kaptain

Udah nongol aja pasukan reguler Mongol, yang untungnya di lawan di hutan dan chokepoint yang tentu aja bikin pemanah dan kavaleri susah gerak. Latar belakang kenapa Kuchii kehilangan pangkat dan diasingkan diungkap di sini, dan sebagai orang yang nggak mau ngorbanin bidak, kecil kemungkinannya dia akan pergi hidup-hidup dari Tsushima.

Chio-chan 06

Kaptain

Adaptasinya kayak dah kehabisan napas, berhubung pas adegan PTSD kabaddi itu jelas-jelas padding banget. Paling nggak bagian keduanya mendingan karen segmen di mana Chio & Manana ngadalin satu sama lain itu nggak pernah jelek. Episode depan dah balik lagi tiga cerita dalem satu episode, saya harap bisa lebih mendingan.

Persona 5 19

Kaptain

Adaptasi ini emang banyak kekurangannya, tapi jelas staf tahu budget seri ini pantasnya dikemanain. Palace Spaceport itu segmen paling lemah di game ini dan jujur aja dramanya Morgana itu padding.

Begitu juga dengan party member baru yang desain gameplaynya itu pada dasarnya “punya sisa skill yang nggak dimiliki member lain” dan ceritanya sendiri kesannya diburu-buru perkembangannya.

Iya saya nonton episode ini buat Kawakami doang, what gave it away?

Hataraku Saibou 06

Kaptain

Unik juga ngeliat cerita di mana pabrik “bayi” itu dilihat sebagai hal positif. Eritrosit walaupun kurang becus kerjanya terbukti punya bakat besar dalam kabur dari invasi. Ini masih pertengahan musim, tapi udah langsung aja ngelawan kanker. Berhubung ini pertama kalinya sebuah episode ngasih 2 cerita sekaligus, episode selanjutnya bakal gede konfliknya.

Revue Starlight 05

Kaptain

Setelah istirahat dari aksi kemarin, duel kali ini kayak eksekusi Danganronpa. Argumen yang Karen kasih itu sebenarnya bisa diaplikasiin ke siapapun dan nggak ngurus masalah fundamental kalau Mahiru itu dicuekin, makanya ini ekstra nyakitin buat didenger. Emang dari akhir episode agaknya obsesinya udah teredam, tapi Mahiru itu emang nggak punya karakter lain selain “terobsesi sama Karen” dan kayaknya dia seterusnya bakal jadi comic relief doang. Saya harap prediksi saya salah dan ada perkembangan dari hubungan ini, karena penyelesaian ini itu sangat nggak memuaskan.

Begitu juga dengan Banana-chan yang jelas terobsesi untuk ngejaga status quo, karakter kayak gini justru paling berbahaya.

Chuukan Kanriroku Tonegawa 06

bukan_randy

Tumben hukumannya ringan untuk orang yang berani lancang sama Hyoudou. Kocak juga sih satu episode penuh cuma buat red herring.

Kaptain

Salah satu adegan anime favorit saya jadi gag di sini, nggak cuma metafora penyeberangan aja, tapi juga “hantu” di akhir episode. THIS IS GREAT.

Kamen Rider Build 47

bukan_randy

Final form yang cuma muncul satu kali. Rasanya terakhir kali begini itu cuma terjadi di Kamen Rider Kuuga. Episode berikutnya gantian Gentoku yang kena death flag. Then again, dengan skala kehancuran dan jumlah korban rakyat sipilnya, saya ga heran kalau nanti tamatnya itu mayoritas karakter mati lalu restart/rebuild universe ala JoJo part 6.

Fate/Grand Order

Etherlite

Summer… yang kali ini belum bisa benar-benar saya mainkan karena sedang banyak urusan, tapi tentu sempat gacha & khilaf bakar duit demi Jeanne summer (NP2). Tapi saya heran kenapa malah keluar Xuanzang & Tamamo dari 16 tiket. #PickupIsALie

Minggu ini saya juga bertemu dengan teman lama saya yang juga merupakan founder dari App Saviors.

Top: his, bottom: mine. Level kakinnya jauh.

NA Server

Kaptain

Dengan ngebakar 150 Quartz dan 20 tiket, saya dapet Xuanzang, Tama Lancer, NP2 Anne, Caster Marie, dan Ruler Martha. Saya vonis Summer Event ini sebagai banner yang produktif, sisa Quartz juga bikin saya cukup nyaman untuk ngelempar 10 roll buat event yang bakal dateng kedepannya.

Yakuza 0

Kaptain

Real Estate Royale kelar. Semua stance kecuali Dragon dah maksimum, jadi timesink game ini tinggal Cabaret si Majima doang. Beta patch buat Tamiya sekarang juga dah ada jadi kalian yang masih belum ngelarin tuh substories sekarang nggak kehalang crash lagi.

bukan_randy

Real Estate tinggal media king sebelum progress berhenti karena MHW.

Monster Hunter World

ASTRONAUT SUIT CAT

bukan_randy

Setelah ganti komputer 3 tahun lalu, akhirnya saya nemu game yg agak terlalu berat untuk spek saya, terutama di map Rotten Vale.

Anyway, setelah dulu cuma bisa main MH3rd Portable solo karena ga ada teman main, akhirnya saya main MH lagi. Meski sistem menunya (item sorting, cara join online, dll) masih terasa ketinggalan zaman/ribet, secara gameplay ada banyak fitur yang di-streamline dan jauh lebih nyaman. Sayangnya koneksinya online-nya sering dc.

Time to grind, goodbye productivity for a week.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Berhubung kita sudah masuk tengah musim, menurut kalian apa seri yang paling must watch untuk musim ini? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.