Buku Terbaru Ghibli Ungkap Praktik Buruk Isao Takahata

August 14, 2018 5:44 pm
Buku Terbaru Ghibli Ungkap Praktik Buruk Isao Takahata

Produser Studio Ghibli Toshio Suzuki telah mendapatkan wawancara yang transkripnya ditulis pada buku berjudul Ghibli no Kyokasho 19 Kaguya-hime no Monogatari yang mendetilkan proses produksi film terakhir mendiang Isao Takahata. Hanya saja buku tersebut mengungkap Takahata sebagai figur yang merepotkan di tempat kerja dan etos kerjanya yang menyebabkan meninggalnya desainer dan sutradara animasi Ghibli, Yoshifumi Kondo.

Suzuki mendeskripsikan Takahata sebagai orang yang menempatkan pekerjaan diatas segalanya bahkan setelah pekerjaan tersebut “menghancurkan banyak orang.” Suzuki mengunjungi Kondo di Sendai setelah menyelesaikan produksi Mimi o Sumaseba (Whisper of the Heart) dan Kondo khawatir Takahata “mencoba membunuhnya”, membayangkan Takahata sekalipun membuat Kondo merinding.

Kondo meninggal tahun 1988 di usia 47 tahub setelah produksi Mononoke. Suzuki, Miyazaki, Takahata, dan animator yang disebut Suzuki sebagai “S-san” menghadiri kremasinya.  S-san bekerja bersama Takahata dan Miyazaki sejak mereka berada di Toei Animation. Saat kremasi S-san mengatakan “Paku-san (panggilan Takahata) yang membunuh Kon-chan, ya kan?” temperatur ruangan mendingin, sampai akhirnya Takahata mengangguk.

Menurut Suzuki hanya Miyazaki yang selamat dari Takahata. Studio terus kehilangan talenta dan kesulitan regenerasi akibat tuntutan kerja Takahata. “Kamu akan sangat kelelahan. Bersiaplah untuk hancur,” kata Suzuki.

Penerbit Shinchosha, Takashi Nitta yang terlibat pada produksi Graveyard of The Fireflies berkata pada Suzuki kalau dia pernah bekerja dengan penulis seperti Seicho Matsumoto, Renzaburo Shibata, dan Kobo Abe, namun dibandingkan dengan Isao Takahata, mereka terlihat normal. Suzuki mengatakan Takahata tidak pernah berterimakasih pada staf Ghibli atas hasil kerja mereka.

Di akhir wawancara, dikatakan film terbaru Miyazaki Kimi-tachi wa Do Ikiru ka dibuat berdasarkan Takahata, namun meninggalnya dirinya membuat produksi Storyboard berhenti selama dua bulan terakhir.

Sumber: ANN