[JOI Spotlight] Modern Flamboyance Edition

August 26, 2018 7:28 pm
[JOI Spotlight] Modern Flamboyance Edition

Selamat datang di JOI Spotlight terakhir untuk bulan Agustus ini. Saya sendiri masih capek akibat lebaran Idul Adha kemarin dan keliling venue Asian Games Palembang, namun kami untungnya bisa menyempatkan diri untuk memberikan impresi seri yang sudah tayang minggu ini.

Asobi Asobase 07

Kaptain

Saya harap Fantomas bisa jadi reguler seri ini, berhubung anime ini punya rekor bagus dalam ngembangin throwaway joke dengan baik.

bukan_randy

Setelah ada parodi musik Detektif Conan di episode 1, akhirnya ada lagi parodi musik ternama dengan parodi musik Rocky di training montage episode ini. Atau sebelum-sebelumnya juga ada tapi saya tidak sadar saja?

Hanebado 08

Kaptain

Walaupun seri ini dipenuhi orang brengsek, kayak si pelatih yang tampangnya itu “antagonis doujin NTR”; Ayanon sekarang mulai ngebangun dirinya sebagai final boss. Kurang sreg aja masalah kakinya Nagisa baru diungkap sekarang biar pertandingan kali ini dapet drama. Kalo aja si pelatih bilang “pake taktik ini buat ngabisin stamina lawan” dan bukan “pake metode ini buat ngeakhirin karir lawan sebagai atlit” bisa aja mereka menang.

Planet With 07

Kaptain

Saya setengah bener, latar belakang dari planet Sirius yang ternyata merupakan faksi yang agresif sampe akhirnya hancur gara-gara ngebuat marah pihak yang salah. Soya itu satu-satunya yang selamat dari Sirius dan faksi Sealing sekarang jadi ‘antagonis’ ceritanya. Cuma saya nggak yakin mereka bakal jadi boss terakhir berhubung mahluk yang bentuknya sama dengan kakaknya Soya sekarang terlibat dengan ceritanya.

Shingeki no Kyojin 05

Etherlite

That’s some swift resolution for the coup d’etat. Also intriguing question by Armin: Kalo kyojin dapet kekuatan dengan cara kyojin makan orang yang bisa jadi kyojin, Eren dulu makan siapa? Atau adakah cara lain supaya orang bisa punya kekuatan untuk jadi kyojin?

Angolmois 07

Another doomed pair

Kaptain

Jadi Teruhi itu keturunannya Yoshitsune, jadi ada alasan kenapa Jendral Mongol yang kemungkinan besar di timeline ini itu dipimpin Yoshitsune itu tertarik sama dia. Pasukan Tsushima sekarang punya benteng, tapi entah bakal efektif apa nggak dengan pasukan yang tersisa.

High Score Girl 06-07

Kaptain

Ono resmi balik, and boy she’s pissed. Sebagai seri romance udah jelas Yaguchi gagal nangkep kalau hubungan dia sama Hidaka itu biang keroknya, tapi kombinasi antara ini dan fakta kalau Ono, dan remaja pada dasarnya itu payah banget nyampein perasaan dengan sehat bakal jadi drama beberapa episode ke depan. On that note bulan depan manga-nya akan tamat saya harap resolusi anime ini bisa bagus.

Chio-chan 08

Kaptain

Segmen Shinozuka selaku karakter paling disiplin dan waras di akhir episode tuh penting untuk nunjukkin kalau walaupun mayoritas karakter seri ini emang nggak waras, paling nggak mereka tahu cara nyembunyiin keanehan mereka biar bisa tetep normal di sekolah, makanya kebanyakan segmen cerita seri ini itu di luar sekolah.

Harukana Receive 08

Etherlite

Ingin dipeluk mama Marissa juga…. Tapi gaya nyetirnya mengingatkan saya pada Irisviel…

Hataraku Saibou 08

Kaptain

Akhirnya ada juga episode yang bener fokus sama eritrosit selaku heroine seri ini. Kurang pas juga sih bilang ini episode istirahat setelah kanker kemarin, karena ceritanya balik lagi keahlian anime ini, hardworking cells being cute.

Revue Starlight 08

Kaptain

Episode yang mastiin kalau ya, Banana itu si final boss dan dia berambisi untuk menjaga status quo di cerita tentang menerima perubahan. Saya nggak nyangka aja level final boss nya dia itu sampe “bikin stable timeloop”, dan Hikari datang buat jadi Homura Akemi seri ini.

Sama kayak Hisomaso kemaren, ngilangin lirik dari ED itu cara simpel dan efektif buat bikin akhir episode jadi mencekam.

Kamen Rider Build 49

bukan_randy

Sejujurnya saya merasa bagian-bagian akhir Kamen Rider Build sepertinya terkena rewrite/penulisan ulang naskah, terutama sejak arc Shinobu Katsuragi. Beberapa plot point terkesan sia-sia, seperti misalnya subplot kalau Evolt sudah tidak menggunakan badan Soichiro lagi. Peran Vernage juga berkurang drastis, meski saya yakin ini sebagian besar akibat cederanya tenggorokan Amamiya Sora.

Beberapa episode terakhir Kamen Rider Build adalah perjalanan yang seru dengan berbagai campuran emosi, meski seringkali di-spoil sama preview next episodenya dan Misora yang perannya seperti hanya untuk melotot dan mewek. Pada akhirnya Evolt dikalahinnya bukan dengan penggabungan dua dunia, tapi dari combined effort antara Build, Cross-Z, dan Rogue; yang mana saya lebih suka.

Sayangnya penggabungan dua dunianya menghasilkan versi non-bittersweet dari ending JoJo part 6, di mana berbagai kerusakan dan kematian yang terjadi di sepanjang seri Build kurang lebih dihapus. Ga berarti jelek sih, tapi saya jadi teringat masa-masa Kamen Rider Faiz & Blade di mana sebuah acara Kamen Rider bisa diakhiri dengan bittersweet.

Saya cukup senang dengan final battle di mana sang tokoh utama menggunakan berbagai macam form kecuali form terakhirnya. Sayangnya harus diakhiri dengan CGI abomination.

Bookend ending di mana ceritanya tamat dengan Sento menulis naskah 49 episode dan menjadikan meta commentary tiap awal episode menjadi canon itu aneh tapi juga lucu, meski entah bagaimana dia bisa membujuk yang lain buat ikutan komentar. Setidaknya dengan ini saya bisa menganggap kelakuan aneh Gentoku di beberapa episode itu hanyalah karangan Sento.

Sepertinya ending Build akan bersambung langsung ke Zi-O mengingat Sento terbangun sambil memegang Ridewatch Cross-Z entah dari mana. Untungnya Zi-O tidak asal nangkring dan ikut-ikutan di episode terakhir Build ini.

In any case, thank you Kamen Rider Build, for being one of the best Heisei Rider shows.

Fate/Grand Order

Who is Fate? Fate is Nasu Kinoko

Etherlite

Mungkin diantara kalian ada yang sudah membaca transkrip presentasi produser Shiokawa dan beberapa staff Delight Works lainnya pada event CEDEC 2018, terutama mengenai stancenya yang tidak memberikan ‘toleransi’ bagi user yang tidak menikmati FGO. Memang kesannya kasar, tapi menurut saya ia benar.

Mengutip pengarang novel A Song of Ice and Fire, George R.R. Martin: “Art is not a democracy”. Percuma memaksakan perubahan-perubahan agar FGO bisa diterima lebih banyak kalangan masyarakat apabila ini membuat FGO menjadi kehilangan ‘karakter’-nya sendiri, dan berpotensi mengurangi kepuasan para user yang bisa menikmati FGO. This is already proven by FGO managing to achieve their heights without the need to cater for more people. Saya yakin kalau DW meladeni kaum-kaum SJW ga akan ada summer event atau servant-servant dengan design seperti Jack the Ripper, Kiara atau Shuten Douji.

Tentu bukan berarti keluhan dari para user diabaikan. There is always a room for improvement, but it should never deviate from the core values of FGO.

Signum

Kita baru saja melihat seorang wibu Game of Thrones mencoba untuk memasukkan ideologinya dan secara subliminal ingin mempopulerkan acara tersebut kepada kamu semua dengan menyelipkannya di rubrik Spotlight ini.

Saya baru saja kembali ke permainan yang satu ini setelah kelamaan berkecimpung di GBF, gimana nggak, GBF lebih baik sama saya. Cuma ternyata, F/GO belakangan ini malah bersikap jauh lebih baik (baiknya F/GO tetep ngeselin) dengan memberikan 3 incaran saya over the last 2 months.

NA Server

Kaptain

Chloe get, cuma ngarepin CE aja dan saya dapet cukup + tamacat NP2. Ga tertarik sama Ilya berhubung dah punya Xuanzang. Sama kayak collab sebelumnya event ini jauh lebih gampang dari event biasanya, cuma ya sebagai orang yang punya Tamalancer, Rhyme, & Jalter saya bukan orang yang cocok buat naksir tingkat kesulitan. Saya paling dapetin biji, rantai, sama gold mat doang dari shop.

Granblue Fantasy

Signum

Cheers to kehidupan budacc GW satu minggu mendatang. SAYA MAU LIBUR NGGAK MAU NGEBUDACC. Gotta say that I’m very satisfied with how far my water team has progressed. 2 bulan pre-GW saya benar-benar bingung karena bakal jadi dead weight banget buat crew. Untungnya bisa dapat Diantha jadi tetap bisa otk EX+ dan nggak perlu pusing-pusing cuma buat cari daging doang. Apalagi di grid water minimum snek yang sama sekali belum disentuh sama magna 2.

Girls Frontline

bukan_randy

Akhirnya dapet G36 juga. Wishlist saat ini tinggal G11. Selain itu, rasanya fokus utama saya saat ini adalah ngecoba naikin CE tim HGRF saya setinggi mungkin. Entah apakah bisa sampai 35k tanpa ngasin cincin.

Kaptain

Kitsune Event. Event filler yang saya nggak akan nolak karena resource masih sekarat. Sama kayak kebanyakan filler event, ini bisa dimenangin dengan barengan ngejalanin daily quest.

Yakuza 0

Kaptain

Tamat. Ga nyentuh minigame gambling, shogi, sama mahjong makanya persenan ga gede amat. Saya bisa liat kenapa banyak yang bilang ini game Yakuza terbaik, saya lebih ngerasa entri ini lebih ditopang dengan cerita Majima. Ini bukan berarti cerita Kiryu jelek, ceritanya dia itu punya villain yang bagus banget, cuma saya lebih suka aja dengan transformasi Majima jadi Mad Dog of Shimano.

Kemungkinan besar saya bakal ngelewatin Kiwami 1 dan nunggu aja buat Kiwami 2. Berhubung yang pertama itu lebih kayak expansion pack buat 0 dan saya juga dah liat konten tambahan dan dah namatin game pertama di era PS2 dulu.

Monster Hunter World

bukan_randy

Tamat high rank. Kayaknya saya bakal rehat MHW dulu untuk sementara untuk lanjutin Yakuza 0 dan Dead Cells.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Kalo aja videonya dah nongol saya mau ngepost Jam Project yang ngekover Snow Halation buat penutup.