12 Majalah Manga Berakhir di Paruh Awal 2018

August 30, 2018 5:10 pm
12 Majalah Manga Berakhir di Paruh Awal 2018

Sankei News melaporkan pada hari Minggu bahwa sudah ada 12 majalah manga yang mengakhiri publikasinya pada paruh awal 2018 ini. Penurunan sirkulasi ini diprediksi akibat berbagai metode baru untuk membaca manga seperti lewat smartphone.

Rekor sebelumnya dipegang oleh tahun 2014, di mana 14 majalah berhenti di paruh awalnya dan di akhir tahun 36 majalah telah berhenti. Perwakilan industri menjelaskan bahwa pemberhentian di tahun tersebut terjadi pada publikasi yang memang kurang populer, namun di tahun ini majalah yang berakhir berawal dari publikasi besar seperti Bessatsu Hana to Yume, You Magazine, Young Animal Arashi, dan Monthly Comic Birz.

Profesor publikasi Yashio Uemura melihat banyaknya aplikasi manga yang mayoritas gratis membuat generasi baru tidak bisa membaca manga cetak, karena aplikasi memperlihatkan manga secara vertikal dan bukan horizontal. Di sisi lain peneliti Kyohei Shibata melihat metode unik yang dilakukan penerbit untuk meningkatkan penjualan seperti  Shonen Sunday S yang memberikan bonus merchandise yang bertemakan Toru Amuro dari Detektif Conan. Penjualan cukup laris untuk menghabiskan stok buku untuk Juni dan Juli.

Sementara perusahaan Tetsudou Kousaikai, perusahaan yang mendistribusikan majalah di kios kereta api Jepang mengumumkan bahwa mereka menghentikan bisnis distribusi majalah mereka. Majalah mengaku pendapatan mereka hanya 10% dari puncak penjualan mereka, dan distribusi akan diambil alih oleh Tohan.

Header: Esuteru

Sumber: ANN