Lupa Mematikan Webcam, Idol Membongkar Penghasilan Stream dan Profesinya

September 6, 2018 4:17 pm
Lupa Mematikan Webcam, Idol Membongkar Penghasilan Stream dan Profesinya

Saat selesai melakukan streaming, tidak jarang streamer lupa atau tidak sadar stream masih berjalan. Hal ini kadang menyebabkan streamer yang merasa sudah mendapat privasi melakukan hal yang membuatnya kehilangan fans atau bahkan di-blacklist situs stream. Bibian Murokawa adalah idol grup HKT48 asal Fukuoka yang melakukan kecerobohan yang sama, namun untungnya insiden ini memiliki efek positif terhadap dirinya walaupun informasi yang harusnya dirahasiakan sayangnya bocor.

Setelah memberikan salam penutup, Murakawa yang berusia 18 tahun dan merasa sudah mematikan perlengkapan streaming langsung melepaskan image idolnya. Sambil melihat ponsel dia mengatakan “Jadi untuk dapat 16.000 Yen (2,2 juta Rupiah) harus buat video macam itu ya.” Kuantitas yang lumayan untuk sebuah stream sederhana, namun kemudian terdengar suara yang lebih tua yang kemungkinan besar berasal dari ibunya yang mengatakan “Kalau buat 10 kali lagi, itu bisa sampai gaji sebulanmu.”

“Yang bener!?” kata Murakawa yang nampaknya belum menghitung penghasilannya. “itu sama saja dapat bonus” katanya sambil menahan tawa. Senang mendapat uang itu normal, namun untuk seorang idol yang image dirinya itu didesain sebagai figur yang ada hanya demi para fans, hal ini mungkin akan membuat fans kecewa sampai tweet diatas juga memberi peringatan atas pecahnya kayfabe ini. Namun untungnya para fans cukup positif melihat sisi lain idol ini:

“Wajar kok senang dapat 16,000 Yen. dia itu anak yang baik.”
“Senang aja dia nggak ngehina otaku setelah stream selesai.”
“Kayak dia ngehina fans aja.”
“Mungkin fans malah senang melihat sisi barunya.”
“Idol itu profesi. Profesi manapun bakal senang dengan bonus”
“Idol juga manusia.”
“Gajinya kecil amat”

Ada juga yang menghitung kalau gaji perbulan idol ini itu 160.000 yen (22 juta Rupiah) per bulan, yang seperti yang dikatakan salah satu komentator, untuk ukuran Jepang memang tidak banyak. Kemungkinan besar karena inilah respon fans bisa positif terhadap idol yang tidak sombong dengan mudahnya mendapat uang, namun bisa menghargai 16.000 Yen tambahan.

Tapi perlu diketahui juga kalau Idol umumnya mendapat bonus dari acara tertentu dan insentif lainnya, jadi bisa saja penghasilan per bulan ini hanya estimasi penghasilan minimum dan bukan penghasilan rata-ratanya.

Sumber: Soranews