Ini Dia 10 Anime Militer yang JOI Rekomendasikan Untukmu

September 9, 2018 4:11 pm
Ini Dia 10 Anime Militer yang JOI Rekomendasikan Untukmu

Minggu lalu, JOI mencoba untuk merekomendasikan 5 anime terbaik yang pernah dibuat oleh P.A. Works, studio yang bisa dibilang terbaik saat harus memeras perasaan dan air mata. Namun melihat respon kamu, sepertinya 5 anime saja memang tidak cukup, karena itu minggu ini saya akan menambahkan jumlah rekomendasi anime jadi 10. Selain itu, tema minggu ini juga sangat bertolak belakang dengan minggu lalu, minggu ini saya ingin merekomendasikan 10 anime militer yang harus kamu tonton.

Sebelum memulai, kembali saya harus mengingatkan kalau anime-anime di bawah ini adalah rekomendasi pribadi, dan tidak mengacu kepada survey manapun. Rekomendasi ini sangat subjektif kepada saya sendiri sebagai penulis, dan sangat mungkin berbeda dengan pendapat milik kalian soal genre ini.

10. Strike Witches

Sepertinya seri militer tidak akan lengkap tanpa adanya seri yang satu ini. Kombinasi antara gadis moe dengan tema militer. Pada awalnya, saya juga bingung dengan seri yang satu ini nggak kelihatan militer-militer amat, apalagi dengan level fanservice yang mereka tebarkan.  Seems like someone in Gonzo realize that they don’t have to beat around the bush anymore, they want pantsu? Let’s give them pantsu.

Namun believe it or not, Strike Witches tidak hanya mengenai pantsu saja, tapi juga persahabatan, kode etik militer, and kicking some ass. Menggunakan propeller di kaki terlihat kurang aman, tapi justru itulah yang membuat seri ini menarik, cute girls fighting aliens with guns and world war 2 planes? Sign me up.

9. Haifuri

Kalau Strike Witches merupakan sebuah seri yang menggunakan teknologi Perang Dunia Kedua di dunia alternatif, Haifuri menggunakan teknologi yang sama namun di dunia yang jauh lebih modern. Untuk menjadi Blue Mermaid, sebuah pasukan maritim khusus Akeno harus belajar di SMA Maritim yang terkenal.

Seri ini bercerita mengenai gadis-gadis SMA yang berlatih mengoperasikan kapal perang dunia kedua. While I do think that it’s an incredibly difficult and near impossible feat to do in the real world, namun gadis-gadis ini dapat mengoperasikan destroyer Harekaze dengan baik. Sayang sebuah insiden membuat mereka harus berhadapan dengan salah satu kapal perang terbesar masa Perang Dunia Kedua, Musashi.

8. Joker Game

Setelah kita membahas seri penuh gadis cantik, pilihan berikutnya jatuh kepada sebuah seri yang penuh dengan bara-bara ganteng. Ya, Joker Game adalah seri nomor 8 yang saya pilih, karena walaupun tidak penuh dengan pistol dan peperangan, peperangan Joker Game terjadi di balik layar, ya perang espionage.

Joker Game menggambarkan usaha Jepang untuk membentuk agensi mata-mata mereka sendiri supaya mereka bisa memiliki keuntungan dalam perang yang akan datang. Bagaimana mereka mengemban tugas, berbaur dengan orang-orang tanpa diketahui, dan pedihnya hidup sebagai mata-mata yang harus gugur dalam tugasnya. Kalau kamu belum baca review JOI tentang Joker Game, boleh baca dulu lewat tautan ini.

7. Zipang

Saya nggak bisa menyangkal kalau dibilang tertarik dengan dunia angkatan laut Jepang karena sebuah seri yang bernama KanColle. Namun saya menemukan sebuah seri yang lebih menarik dari anime-nya KanColle di kemudian hari yang bernama Zipang. Yes they do have a lot of men on board, in fact all of them were men IIRC. But damn it’s really, really good.

Zipang bercerita mengenai kapal Destroyer modern Jepang Mirai  yang secara magis terlempar ke era Perang Dunia kedua. Dengan kekuatan satu buah destroyer tersebut, secara teori mereka bisa saja langsung memenangkan Perang Dunia Kedua untuk Jepang, namun para kru sadar kalau mereka tidak boleh merubah sejarah secara sembarangan. Bisakah kru Mirai kembali ke masa depan tanpa merubah sejarah?

6. Ginga Eiyuu Densetsu

Menjauh sedikit dari Bumi dan peperangan angkatan darat, udara, maupun laut; sekarang kita pindah ke medan perang yang lebih luas. Di nomor 6 ada sebuah seri lawas yang berjudul Ginga Eiyuu Densetsu, atau yang lebih dikenal dengan judul Inggrisnya, Legend of the Galactic Heroes yang menceritakan akhir dari perseteruan 150 tahun antara Galactic Empire dan Free Planet Alliance di tangan generasi baru.

Seri ini juga baru saja mendapatkan adaptasi baru yang tayang di musim semi 2018 lalu, dan sudah ada 3 buah movie ngantri untuk ditayangkan. Seri ini tayang cukup panjang, yaitu 110 episode di seri awalnya, namun semuanya tayang dengan kualitas yang stabil dan terjaga. Some people even named it an ‘even better Star Wars’ that put George Lucas’s work to shame.

5. Full Metal Panic

Kalau berbicara mengenai anime militer, sepertinya tidak bisa lepas dari judul yang satu ini. Judul ini bahkan sempat tayang di Indonesia dulu banget, yaitu Full Metal Panic. Sousuke Sagara, adalah seorang sersan dari organisasi militer Mithril yang harus melindungi seorang gadis bernama Chidori Kaname jatuh ke tangan musuh. Sousuke yang sejak kecil tumbuh dengan cara militer harus bergabung dengan SMA publik yang penuh dengan orang-orang normal, bisakah dia bergabung?

Seri Full Metal Panic ini merupakan sebuah seri hit buatan Gatoh Shoji yang sempat jadi meme karena season ketiganya (season 4 for some people) tidak kunjung datang. Akhirnya, season ketiganya tayang juga (Invisible Victory) di season kemarin. Apakah kamu termasuk orang-orang yang sudah menunggu kedatangan season terbarunya?

4. Girls und Panzer

Bisa dibilang Girls und Panzer ini sangat mirip dengan seri Strike Witches, namun satu hal yang berbeda adalah atmosfir di sekitar serinya. Girls und Panzer lebih santai karena mengambil tempat di era modern dan di hari-hari sekolah. Bisa dibilang Garupan adalah sebuah perpaduan sempurna antara Haifuri dan Strike Witches, tanpa tekanan peperangan yang ditemui dari kedua seri tersebut.

Garupan sangat cocok buat kamu yang mencari seri yang cukup ringan dan bisa ditonton tanpa banyak berpikir, tapi masih ingin melihat strategi perang yang mumpuni serta entah kenapa membangkitkan semangat ingin menyoraki gadis-gadis tersebut.  Sesuatu yang belum saya temukan di Haifuri ataupun Strike Witches, but it’s probably ends up being a matter of taste.

Girls und Panzer sempat delayed sampai 2 kali untuk serinya, movienya juga sempat di-delay ke bulan November 2015. Namun tidak mengaburkan fakta kalau seri ini telah menelurkan banyak OVA dan sebuah movie yang cukup sukses.

3. GATE

Kalau kamu adalah orang yang suka dengan militer dari segala macam era, dan segala macam dunia, kamu pasti suka dengan seri yang satu ini. Seri ini bercerita saat Youji Itami, seorang anggota JSDF yang juga otaku sedang bersiap untuk pergi ke doujin market, namun tiba-tiba sebuah gerbang terbuka dan keluar monster serta makhluk-makhluk magis lainnya. 3 bulan setelah kejadian tersebut, JSDF dikirim masuk ke dalam ‘GATE’ tersebut untuk menyelidiki fenomena apa yang sedang mereka hadapi.

Seri ini adalah salah satu seri yang sangat digemari oleh para otaku, tidak hanya karena unsur isekai dan militernya, tapi juga peperangannya yang seru. There’s something magical about destroying tens of thousand of middle age troops with few tanks and dozen of explosives.

2. Code Geass

Sepintas, Code Geass sepertinya memang bukan seperti acara militer, di atas tema militernya masih ada tema fantasi karena kekuatan Geass itu terlalu OP. Namun bukan berarti unsur militernya lemah, malah unsur mililternya sangat kental. Untuk melawan kerajaan Brittania yang sudah berkuasa, Lelouch harus bisa mengumpulkan kekuatan militer dari berbagai tempat dan berbagai negara. Tidak hanya peperangan strategi, peperangan politik pun terjadi

Bagi saya, Code Geass bisa menangkap perhatian banyak orang, mulai dari orang-orang yang suka dengan unsur militer, mereka yang suka dengan unsur supernatural, mereka yang senang dengan drama, mereka yang suka dengan mecha, dan masih banyak lagi. Hal ini membuat saya merasa kalau Code Geass adalah “THE” anime to recommend to anyone.

1. Gundam MS 08th Team

Technically, semua seri Gundam bisa saja masuk ke dalam daftar ini dan saya cukup yakin semua seri Gundam memiliki tema militer. Well, selain seri Build Fighters/Divers yang lebih menekankan ke penjualan mecha dan waifunya. Namun seri 08th MS Team memiliki rasa yang berbeda bila dibandingkan seri-seri Gundam lain.

Seri Gundam lain mengedepankan kekuatan MS mereka serta kepiawaian dari para pilotnya untuk bertarung dan melawan musuh. Kebetulan mereka semua dibekali dengan Gundam terbaru dan juga pilot-pilot terbaik. Tapi Shiro Amada bukanlah pilot terbaik, dia juga tidak dibekali dengan Gundam termutakhir. Dia hanyalah prajurit biasa yang dibekali dengan Gundam yang kemampuannya tidak lebih baik daripada unit mass produce lain.

08th MS Team lebih mengedepankan strategi-strategi untuk bertarung di medan perang dibanding muncul mencolok bak malaikat dan menghancurkan banyak unit musuh sekali tembak. Mereka lebih memilih strategi yang lebih konservatif dan real dibandingkan seri Gundam lain. Kapan lagi kamu bisa lihat manusia menang lawan Zaku hanya menggunakan 1 buah bazooka?

Di luar seri-seri di atas, ada juga seri-seri lain yang pantas untuk disebutkan, di antaranya adalah salah satu seri terfavorit saya sepanjang masa, yaitu seri Macross. Walaupun Macross sangat dikenal dengan cinta segitiganya, namun unsur militernya juga jauh lebih kental. Selain itu masih ada judul seperti Jormungand yang menekankan dunia mercenary-nya, atau Youjo Senki yang kelihatan sedikit mirip Strike Witches, cuma ekspresi pemeran utamanya agak, err, gila.

Mungkin sampai sini dulu saja rekomendasi saya untuk anime militer yang patut untuk ditonton, apakah kamu punya rekomendasi lain?