[JOI Spotlight] Awful Service Edition

September 16, 2018 5:43 pm
[JOI Spotlight] Awful Service Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk pertengahan September ini. Oktober sudah dekat dan blok musim panas akan segera berakhir. Mari kita kembali melihat impresi para staf untuk seri yang sebentar lagi akan mencapai klimaksnya.

Asobi Asobase 10

Kaptain

Fujiwara, selaku karakter yang kesannya kayak karakter sekali pake langsung buang; punya masalah yang sama dengan Olivia. Sangat not nyangka cara biar she bisa terrorize klub itu by having naksir Kasumi. Setelah saya cek lagi seiyuu dia, Shuu Uchida; ternyata emang bagus english-nya karena pernah tinggal di Australia. Sebelum ini juga dia ternyata seiyuu-nya Warspite di Kancolle.

Pengumuman S2 di sketsa akhir juga jahat banget. Lucunya walopun film scifi dia itu diinspirasi oleh Star Trek, posternya malah pake desain Star Wars.

bukan_randy

Saya pribadi sangat tidak suka dengan karakter anime yang memakai logat fake English/Niplish, tapi joke-joke Fujiwara tidak hanya disampaikan dengan logat yang cukup tepat, tapi juga berhasil membuat saya cekikikan. Jadi untuk itu, saya berikan 拍手 very much. Also, Monty Python Spanish Inquisition joke.

Planet With 10

Kaptain

Childhood’s End, karya Arthur C Clarke; adalah cerita yang nampaknya menginspirasi Mizukami untuk seri ini. Granted, yang bikinan Clarke nggak ada mecha battlenya. “Untungnya” inspirasinya sebatas nama karakter, kebangkitan kemampuan psikis manusia, dan metode invasi yang “damai” berhubung ada bunuh diri massal dan bumi meledak di cerita aslinya. Timeskip 4-5 tahun jadi episode selanjtnya bisa ngasih perkenalan ulang para manusia yang jelas udah berubah banyak sejak invasi faksi sealing.

Shingeki no Kyojin S3 08

Etherlite

Masih seru, tapi saya ga suka dengan bagaimana mereka menggambarkan bapaknya Eren jadi jahat lalu hanya dengan beberapa detik flashback + Historia yang bikin pernyataan yang ga berdasar (karena dia jelas ga ada saat bapaknya ngebantai Reiss family maupun pas nyuntik Eren, thus she shouldn’t have known him at all), dan mendadak sang bapak langsung from zero to hero.

Beberapa detail lain juga maksa banget, kayak mendadak ada botol ‘armor’ keluar dari kantong doraemon tasnya Rod Reiss jadi Eren punya kekuatan baru. Udah kayak Mario dapet jamur aja.

Angolmois 10

Kaptain

Tsushima stands alone. Seperti yang ditunjukkan episode sebelumnya, pasukan reguler Mongol itu susah berperang di tempat di mana kuda nggak bisa banyak digunain, kayak hutan dan pulau kecil. Sementara strategi Jepang adalah nunggu mereka dateng ke pulau utama yang ruang geraknya banyak, this was a bad move.

High School Girl 09-10

Kaptain

Dari semua episode yang saya nonton musim ini, episode 9 ini adalah yang paling menyakitkan, in a good way. Dengan motivasinya untuk masuk ke sekolah yang sama dengan Ono, our boy grown into a man. Makanya setelah satu episode yang mendedikasikan waktu tayangnya untuk nunjukin kalau dia bersedia untuk berpaling dari tahun penting dari generasi gaming baru, papan kelulusan di akhir episode itu sakit banget diliat.

Seri ini juga akhirnya masuk arc masa SMA. Ono menyendiri lagi, Haruo kehilangan skill sebagai arcade gamer gara-gara console dan harus mulai lagi grinding dari bawah, dan Hidaka got super smug, strong, & hot. Sebagai orang yang tumbuh lewat Playstation, gampang banget lupa kalau walaupun Saturn itu nggak banyak gaungnya di global, di Jepang konsol ini cukup sukses.

Chio-chan 11

Kaptain

Segmen pertama keliatan beda banget desain karakternya, setelah ngecek ternyata: 1. Satu segmen itu emang dianimasiin satu orang 2. Animatornya emang veteran H-Anime, pantesan aja detail fisiknya Chio tumben detail banget.

Revue Starlight 10

Kaptain

Berhubung ada posisi seri di ranking, jelas bakal ada keputusan khusus untuk nentuin pemenang, seperti yang ditunjukkan tag team kali ini. Berhubung Claudine dan TENDOU MAYA itu resmi jadian walaupun kalah di Revue kali ini, Karen dan Hikari yang menang malah sekarang harus putus, sucks to be you Karen.

Seperti yang udah saya bilang di awal penayangannya dulu, dasar sistem dari anime ini adalah Takarazuka Revue. Walaupun merupakan pasangan “sekunder” saya ngelihat pasangan Claudine dan TENDOU MAYA sebagai produk utama sistem ini, pasangan aktris feminim dan maskulin yang walaupun si maskulin yang didorong produksi sebagai wajah grup, kedua pasangan ini butuh kerjasama yang erat sebagai Hero dan Heroine sebuah panggung.

Hataraku Saibou 11

Kaptain

Cara yang sangat efektif biar penonton lebih rajin dapet air, karena kuman kali ini itu ekstra ngeselin. Untung aja klimaks season ini dikasih dua episode, jadi saya lebih optimistis kualitasnya bakal lebih mendingan dibandingkan dengan episode kanker kemarin.

Kamen Rider Zi-O 02

bukan_randy

Banyak plot hole yang muncul di sini, tapi karena eps 2.5-nya sendiri bilang “yang musingin plot hole itu pantas dihukum,” saya ga akan pusingin plothole-plotholenya ataupun acara ini lagi. Kalau episode depan masih mengecewakan, saya drop langsung.

Fate/Grand Order

Event rerun ini gampang tapi sangat time consuming.

Etherlite

Battle of New York! Jujur saya berharap bisa gacha Nero bride, tapi saya juga belum punya Kinpika jadi ga nolak juga. Sebenarnya hati ini ingin Shuten, tapi material buat leveling skillnya banyak yang lagi seret jadi saya males.

NA Server

Kaptain

Exhibition match & Lotto Grind. Sama seperti advanced challenge NA sebelumnya, orang-orang dah pada tau kalau Euryale & Amakusa itu penting banget dan gimmick tiap match juga ketahuan, jadi orang-orang dah pada siap. Masuk event ini juga dapet banyak Quartz gratisan, makasih Apple dan Australia.

Girls Frontline

Kaptain

Chapter 7 kebuka dan harusnya sekarang dah pada punya SMG *5 gratis. MG Team M2HB, MG5, PKP, Mk48, & PK udah kesusun, tinggal ngumpulin core aja. Berhubung saya hari ini juga dapet Negev saya dah dapet semua MG yang usable.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Apa komentar kalian tentang episode yang sudah tayang kemarin?

Header: Orangemaru