Nintendo Direct Umumkan ‘Luigi’s Mansion 3’ & ‘Animal Crossing’ Baru untuk Nintendo Switch

September 17, 2018 10:43 am
Nintendo Direct Umumkan ‘Luigi’s Mansion 3’ & ‘Animal Crossing’ Baru untuk Nintendo Switch

Pada hari Jumat kemarin, Nintendo mengadakan Nintendo Direct yang mengungkapkan berbagai game baru untuk Nintendo 3DS dan Switch. Ada beberapa kejutan seperti Luigi’s Mansion 3 dan Animal Crossing baru yang akan hadir untuk Switch.

Luigi’s Mansion 3

Nintendo telah mengumumkan bahwa Luigi’s Mansion 3 akan hadir untuk Nintendo Switch pada tahun 2019. Untuk versi Amerika, judulnya masih sementara. Detil mengenai game-nya masih belum diumumkan, tapi vacuum cleaner yang digunakan Luigi serupa dengan di trailer pengumuman Simon Belmont untuk Super Smash Bros. Ultimate.

Sumber: Gematsu

Kirby’s Extra Epic Yarn

Nintendo mengumumkan Kirby’s Extra Epic Yarn untuk Nintendo 3DS. Ini adalah port dari Kirby’s Epic Yarn yang rilis untuk Wii pada tahun 2010. Seluruh stage dari versi Wii akan hadir dan ada berbagai fitur baru seperti membuat bola benang yang lebih besar, dan mengumpulkan bead yang bisa mengeluarkan angin, dan juga berbagai mini-game dan juga mode baru bernama Devilish Mode.

Kirby’s Extra Epic Yarn akan rilis untuk Nintendo 3DS pada tahun 2019.

Sumber: Gematsu

Mario & Luigi: Bowser’s Inside Story + Bowser Jr.’s Journey

Nintendo akhirnya mengumumkan jadwal rilis untuk Mario & Luigi: Bowser’s Inside Story + Bowser Jr.’s Journey. Remake ini akan rilis untuk Nintendo 3DS pada tanggal 27 Desember di Jepang dan 11 Januari 2019 di Amerika.

Sumber: Gematsu

Luigi’s Mansion

Nintendo mengumumkan bahwa remake Luigi’s Mansion untuk Nintendo 3DS akan menghadirkan fitur bermain berdua secara co-op. Kalau masing-masing pemain memiliki game-nya, kalian bisa bermain game ini secara keseluruhan berdua. Kalau teman kalian tidak punya game-nya, kalian bisa bermain secara Download Play untuk melawan boss saja. Game ini juga mendukung amiibo yang akan membantu petualangan kalian.

Luigi’s Mansion untuk Nintendo 3DS akan rilis pada tanggal 12 Oktober.

Sumber: Gematsu

Splatoon 2

Pada Splatoon 2 World Championship 2018 di E3 2018 kemarin, Nintendo mengumumkan bahwa update konten untuk Splatoon 2 akan diperpanjang hingga Desember 2018. Kini, mereka mengumumkan bahwa akan ada update Version 4.0 yang menghadirkan lini senjata baru bernama Kensa Collection dan juga perubahan signifikan untuk Splatfest.

Perubahan terbesar dari Splatfest adalah adalah kini dibagi menjadi Normal dan Pro, menggantikan Solo dan Team. Dalam Normal, kalian bisa ikut Splatfest Battle sendirian atau bersama teman yang berada di tim Splatoon yang sama. Dalam mode ini, jumlah yang kalian tandai dengan tinta akan ditambahkan ke dalam bonus kemenangan untuk menentukan clout kalian. Jika tim kalian terus menang terus-terusan, game-nya akan mencoba untuk mengadu kalian dengan tim yang menang terus. Selain itu, ketika senjata, gear, dan gaya bermain ke-4 pemain berhasil memenuhi kondisi tertentu, tim kalian akan bisa mendapatkan julukan dan bonus yang seragam.

Sedangkan mode Pro ditujukan untuk kalian yang ingin membuktikan kemampuan diri dengan bermain sendiri. Dalam mode ini, Splatfest Power kalian akan dinilai. Tingkatkan nilainya hingga kalian bisa masuk Splatfest Top 100. Dalam mode ini, kalian meningkatkan clout kalian dengan mengalahkan tim lawan. Kalian akan mendapatkan clout yang lebih banyak jika mengalahkan tim dengan Splatfest Power yang lebih tinggi.

Selain itu, ada 10x Battle untuk masing-masing mode. Ini adalah pertarungan langka yang akan terjadi jika kalian beruntung. Jika kalian menang, poin kontribusi kalian akan meningkat 10 kali lipat. Dikatakan juga ada 100x Battle yang sangat langka.

Jika ada yang menang dalam 10x Battle atau 100x Battle, tim tersebut akan ditampilkan di layar besar yang berada di Inkopolis Square. Julukan untuk tim juga bisa ditampilkan dalam mode Regular.

Kini hasil Splatfest juga akan ditentukan berdasarkan 3 faktor: jumlah suara, clout dari pemain mode Normal, dan clout dari pemain mode Pro. Karena ini, meski jumlah suara untuk tim kalian sedikit, tim kalian masih bisa menang berkat jumlah kemenangan di mode Normal dan Pro. Tim Splatfest yang menang akan mendapatkan Super Sea Snails yang lebih banyak sebagai hadiah.

Pada awal Oktober, Nintendo juga akan merilis Version 4.1 yang menghadirkan stage baru, lagu baru, dan senjata Kensa Collection yang lebih banyak.

Sumber: Gematsu

Persona Q2: New Cinema Labyrinth

Atlus telah merilis trailer baru dari Persona Q2: New Cinema Labyrinth di Nintendo Direct edisi September 2018 di Jepang. Selain itu, mereka juga merilis trailer berbeda yang menyoroti bonus cetakan perdana berupa kode DLC untuk “Persona 3, 4,dan 5 Battle BGM Set.” Lagu-lagu yang hadir dalam paket ini adalah:

  • Persona 3: “Mass Destruction”
  • Persona 3 Portable: “Wiping All Out”
  • Persona Q: “Light the Fire Up in the Night ‘Kagejikan’”
  • Persona 4: “Reach Out to the Truth”
  • Persona 4 Golden: “Time to Make History”
  • Persona Q: “Light the Fire Up in the Night ‘Mayonaka’”
  • Persona 5: “Last Surprise”
  • Persona 5: “Life Will Change”
  • Persona 5: “Will Power”

Persona Q2: New Cinema Labyrinth akan rilis di Jepang pada tanggal 29 November untuk Nintendo 3DS.

Sumber: Gematsu (1, 2)

Mario Tennis Aces

Nintendo siap merilis update 2.0 untuk Mario Tennis Aces pada tanggal 19 September yang menghadirkan fitur-fitur baru. Akan ada mode permainan baru berupa online co-op yang membuat kalian harus mengerjakan misi-misi yang limited bersama pemain lain. Kalian yang berhasil menyelesaikan misi akan bisa mendapatkan kostum spesial, karakter dengan warna lain, dan lainnya. Akan ada 3 karakter baru juga yaitu Birdo, Shy Guy, Koopa Paratroopa, dan Petey Piranha.

Sumber: Gematsu

New Super Mario Bros. U Deluxe

Nintendo siap mengahdirkan New Super Mario Bros. U ke Nintendo Switch dengan judul New Super Mario Bros. U Deluxe. Port ini akan berisikan New Super Mario Bros. U dan New Super Luigi U. Ada karakter tambahan yang bisa dimainkan yaitu Nabbit dan Toadette. New Super Mario Bros. U Deluxe akan rilis pada tanggal 11 Januari 2019.

Sumber: Gematsu

Billion Road

Bandai Namco telah mengumumkan game baru berjudul Billion Road. Game ini merupakan sugoroku game yang ber-setting di Jepang. Kalian harus membeli properti untuk semakin kaya. Kunci kemenangan adalah berteman dengan monster yang jumlahnya lebih dari 50 macam. Menurut orang-orang Jepang, game ini mengingatkan akan Momotaro Dentetsu keluaran Konami.

Billion Road akan rilis di Jepang pada musim dingin untuk Nintendo Switch.

Sumber: Gematsu

Nintendo Switch Online

Nintendo telah merilis video baru yang memperkenalkan layanan Nintendo Switch Online yang akan mulai berbayar per 19 September, serupa dengan PlayStation Plus atau Xbox Live Gold. Selain itu, mereka juga mengumumkan controller baru bergaya contoller klasik NES/Famicom. Controller yang wireless ini ditujukan untuk bermain game-game NES yang menjadi bonus kalau kalian berlangganan.

Paket ini ditawarkan dengan harga 59,99 Dolar/6.458 Yen dan kalian harus berlangganan Nintendo Switch Online untuk bisa membelinya. Pre-order akan dibuka pada tanggal 19 September dan akan dikirim pada pertengahan Desember.

Sumber: Gematsu

Super Mario Party

Nintendo telah mengumumkan mode permainan baru untuk Super Mario Party. Dalam Sound Stage, kalian harus menggerakan Joy-Con sesuai irama. Challenge Road ditujukan untuk kalian yang bermain sendiri dan harus menyelesaikan tugas untuk deretan mini-game. Terdapat juga Online Mariothon untuk bertarung melawan pemain lain secara online, tetapi khusus untuk mini-game saja.

Super Mario Party akan rilis pada tanggal 5 Oktober untuk Nintendo Switch.

Sumber: Gematsu

Town (Judul Tentatif)

Geme Freak, studio dibalik seri Pokemon, telah mengunmumkan game baru yang berjudul Town (judul tentatif). Game ini hanya mengambil setting di 1 desa kecil saja. Di bawah lindungan kastil besar, desa ini menikmati kehidupan yang damai, tetapi tiba-tiba muncul monster. Kalian akan berarung melawan monster yang datang ke desa dan harus bertarung menggunakan strategi. Kalian juga harus memanfaatkan terrain, bangunan, dan juga warga desa lainnya untuk mengalahkan monster.

Town dijadwalkan rilis di seluruh dunia pada tahun 2019 untuk Nintendo Switch.

Sumber: Gematsu

Yoshi’s Crafted World

Nintendo akhirnya telah mengumumkan judul resmi dari Yoshi untuk Switch yaitu Yoshi’s Crafted World. Dalam game yang suasananya seperti di kelas seni rupa, kalian akan bisa berjalan biasa atau memutar stage-nya untuk melihat sisi baliknya. Yoshi’s Crafted World akan rilis pada musim semi 2019 untuk Nintendo Switch.

Sumber: Gematsu

Final Fantasy XV: Pocket Edition HD

Square Enix telah resmi merilis Final Fantasy XV: Pocket Edition HD versi Nintendo Switch. Game-nya ditawarkan dengan harga 29,99 Dolar, tetapi Square Enix menawarkan diskon rilis yang membuat harga menjadi 17,99 Dolar. Harga ini berlaku hingga tanggal 21 September 2018.

Sumber: Gematsu

Super Smash Bros. Ultimate

Nintendo telah mengumumkan petarung terbaru untuk Super Smash Bros. Ultimate yaitu Isabelle dari Animal Crossing. Selain itu, Nintendo juga mengumumkan bundel Nintendo Switch Super Smash Bros. Ultimate Set yang berisikan game Super Smash Bros. Ultimate versi digital, serta dock dan Joy-Con dengan tema Super Smash Bros. Ultimate. Paket ini ditawarkan dengan harga 359,99 Dolar dan akan rilis lebih dahulu yaitu pada tanggal 2 November, tetapi game-nya baru bisa dimainkan pada tanggal 7 Desember.

Sumber: Gematsu

Daemon x Machina

Marvelous telah merilis trailer baru untuk Daemon x Machina dalam Nintendo Direct September 2018. Selain itu, mereka juga merilis video bernama Advanced Gameplay Demo.

Daemon x Machina akan rilis pada tahun 2019 untuk Nintendo Switch.

Sumber: Gematsu

Animal Crossing

Presentasinya ditutup dengan mengumumkan Animal Crossing baru yang sudah lama dinantikan. Entri terbaru ini dijadwalkan akan rilis pada tahun 2019 untuk Switch.

Sumber: Gematsu