Simak Wawancara Kamikaze Douga Tentang Produksi Anime Mereka

September 22, 2018 2:47 pm
Simak Wawancara Kamikaze Douga Tentang Produksi Anime Mereka

Kali ini JOI bekerjasama dengan Tokyo Otaku Mode dan berbagai media negara lainnya, di mana untuk beberapa minggu kedepan akan mewawancarai berbagai kreator di industri anime yang cukup tenar di pasar global. Wawancara dilakukan untuk mencari tahu bagaimana para figur ini mendapat ide untuk membuat karya mereka dan perasaan mereka saat membuatnya. Subjek kali ini adalah studio yang terkenal oleh karya 3DCG mereka, Kamikaze Douga.

Portofolio dari Kamikaze Douga yang cukup terkenal akhir-akhir ini adalah Batman Ninja , Pop Team Epic , pembuka dari tiga bagian Jojo’s Bizarre Adventure, penutup Touken Ranbu: Hanamaru , video musik Idolish7 “WiSH VOYAGE” dan banyak lagi.

Sesuatu yang tidak bsa dipungkiri dari karya Kamikaze Douga adalah visual yang unik dan padat pada tiap adegannya. Pada paruh awal 2018 mereka merayakan penayangan Pop Team Epic yang sangat unik dan penayangan orisinal film pertama mereka, Batman Ninja. Setelah 15 tahun dari pendiriannya, Kamikaze Douga telah menjadi figur besar di industri anime Jepang.

Thibault Tresca. Sutradara segmen Japon Mignon di Pop Team Epic

Nama “Kamikaze” digunakan karena memiliki arti “melakukan sesuatu dengan nekat sepenuhnya”. CEO Kamikaze Douga sekaligus sutradara Batman Ninja, lagu pembuka ketiga arc awal Jojo, dan lagu penutup Touken Ranbu: Hanamaru; Junpei Mizusaki 

Saya Ingin Membuat CGI Yang Cocok Untuk Orang Jepang

Tolong beri tahu kenapa Anda membuat studio ini

Mizusaki: Sudah lama saya bicara tentang mendirikan studio. Pada awalnya, saya tidak menyangka akan membuat studio yang akan menangani proyek dan genre dengan skala sebesar ini. Pada awalnya, studio adalah unit produksi berisi tiga orang yang bekerja tanpa membentuk perusahaan resmi.

Saya pikir tidak banyak anime yang dibuat oleh orang sesedikit ini dua puluh tahun yang lalu. Tapi kami memulai Kamikaze Douga sebagai tes untuk melihat apakah kami bertiga bisa membuat anime menggunakan software CGI, yang kami lihat sebagai anggota tim.

Kami tidak ingin tampil dengan model realistis atau visual seperti Pixar dan studio Hollywood lainnya, jadi kami bereksperimen dan meneliti apakah kami dapat menggunakan CGI sebagai pengganti animasi cel.

Ini adalah sesuatu yang kebanyakan orang belum coba, dan apa yang kami hasilkan memenangkan sebuah kontes film karena metode ini sangat jarang. Kami memutuskan untuk menjadikannya sebagai pekerjaan kami dan kami memulai sebuah studio sebagai perusahaan

Kami memiliki masalah dengan industri film dan anime Jepang yang cenderung ingin CGI yang terlihat seperti Pixar dan studio Hollywood lainnya. Mengapa mereka menggunakan CGI untuk membuat gambar yang terlihat Amerika? Kami memilih nama studio dengan perasaan kuat tentang “apa salahnya dengan orang Jepang yang berusaha sekuatnya untuk membuat CGI yang sesuai untuk orang Jepang?”

Tingkatkan Kualitas Adegan Terburuk

Kamikaze Douga memiliki visual yang unik. Saya percaya bahwa studio ini bertujuan untuk membuat sesuatu di antara 2D dan 3D dengan cara yang hanya bisa dilakukan oleh studio ini. Dari mana keunikan itu berasal?

Mizusaki: Saya tidak merasa bahwa kami memaksa diri untuk bekerja ke titik itu, tetapi itu basis kami. Saya misalnya suka kepadatan sampul depan Weekly Shonen Jump.

Memiliki pengalaman desain grafis sangat berguna. Saya tahu cara menangani selebaran, situs web, tata letak halaman, penyusunan huruf, gambar, dan blok salinan. Jika saya meletakkan ini di sini, itu akan terlihat lebih padat atau jika saya meletakkannya di sana, itu akan meningkatkan susunan. Landasan ini sekarang pada dasarnya adalah memori otot, jadi bila film itu mungkin terlihat sangat padat, sepertinya kita tidak melakukan lebih banyak pekerjaan dari biasanya. Kami hanya fokus pada di mana dan bagaimana menempatkan sesuatu.

Hal lain yang kami lakukan dengan lugas adalah melihat keseluruhan film, memilih adegan terburuk, dan meningkatkan kualitasnya. Ketika melakukannya, kami dapat menemukan adegan terburuk kedua. Ini bukan tentang membuat adegan baik lebih baik, tetapi untuk menemukan sesuatu yang berkualitas rendah dan memperbaikinya. Dengan melakukan itu, kualitas rata-rata secara alami meningkat.

Kami akan mengatakan hal-hal seperti, “Ini mengganggu saya, tetapi itu tidak penting sehingga kami dapat meninggalkannya.” Tetapi hari berikutnya akan diperbaiki. (Semuanya tertawa) Saya benar-benar berterima kasih kepada semua orang.

“Berkompromi Adalah Kematian”

Moto favorit perusahaan. Yang dicetak juga di gelas perusahaan

Apa periode tersulit perusahaan?

Mizusaki: Saat ini, sebagai seorang sutradara, saya berada di posisi di mana saya dapat membuat semua orang mendapat pengalaman dan melakukan peran yang berbeda, tetapi itu adalah yang paling sulit ketika saya berada di garis terdepan.

Kami mencoba untuk bekerja menggunakan teknik produksi animasi yang tidak diakui oleh dunia, jadi saya secara pribadi bertanggung jawab atas jumlah adegan CGI tertinggi. Jumlah pekerjaannya gila. Selama 21 hari itu, ada hari saya tidak terbaring tidur.

Kemudian, titik balik datang dalam bentuk video musik yang dibuat menggunakan animasi. Jika kami berhasil dengan proyek itu, maka posisi Kamikaze Douga akan berubah.

Di akhir proyek, saya menyerah pada satu adegan. Itu adalah adegan yang tidak akan diperhatikan orang normal. Itu bukan kesalahan kritis dan kami dapat merilisnya dengan kualitas terbaik yang kami bisa, tetapi karena saya benar-benar berada di ambang kehancuran, kami merilisnya tanpa memperbaikinya. Saya biasanya tidak akan melakukan hal semacam itu.

Tetapi setelah itu, saya harus melihat adegan pada waktu lain, dan itu membuat saya gelisah. Saya tahu bahwa saya adalah satu-satunya yang tahu, tetapi saya hanya memikirkan bagaimana membuatnya sedikit lebih baik. Saya merasa sedikit tidak bersemangat ketika saya melihatnya dan saya tidak dapat yakin tentang hal itu. Meskipun itu adalah sesuatu yang dibuat oleh semua orang dengan bangga, saya merasa bersalah tentangnya.

Itu membuatku merasa seperti orang mati. Anda akan mati jika Anda berkompromi. “Berkompromi adalah kematian” tidak berarti, “Jangan berkompromi,” bukan juga berarti, “Anda harus mati jika Anda berkompromi.” Itu berarti, “Apakah Anda memiliki tekad untuk membawa proyek ini hingga kematian Anda?”.

Saya Ingin Melihat Idiosinkrasi Yang Dibuat Orang Yang Puas

Mizusaki: Kami sudah bicara tentang bagaimana kami bekerja dari bawah ke atas dari adegan terburuk, tetapi industri animasi Jepang umumnya punya sudut pandang yang sama. Saya tidak suka cara pikir “industri animasi Jepang seperti ini, normalnya jadinya begini”. (Merujuk ke kualitas lingkungan kerja industri anime Jepang pada umumnya)

Di Kamikaze Douga, kami telah menciptakan lingkungan ketja dengan semua yang dibutuhkan anggota staf. Kami menerima jumlah uang yang dibutuhkan selama produksi. Itu suatu keharusan. Tidak ada anggota staf yang bekerja lembur, dan jika mereka lembur, mereka dibayar sepantasnya. Hal ini seharunya alami, tetapi saya ingin menjadikan hal ini normal (di industri ini).

Saya ingin melihat bagaimana animasi Jepang berubah melalui idiosinkrasi orang-orang yang puas dengan pola makan dengan benar, menikmati hidup diri mereka sendiri, menghabiskan waktu bersama keluarga mereka, berlibur, membaca manga favorit mereka, dan menonton film favorit mereka.

Tidak Ada Yang Namanya Jawaban Benar Yang Mutlak

Pengalaman seperti apa yang membuat Anda mendirikan studio ini?

Mizusaki: Saya tidak tahu apa alasan tepatnya, tetapi saya selalu berpindah-pindah. Ayah saya berada di Pasukan Bela Diri Jepang, jadi setiap empat tahun, kami akan pindah. Saya tinggal di empat area berbeda di sekolah dasar dan menengah, jadi saya menyadari banyak hal setelah melihat berbagai daerah.

Tidak ada jawaban yang benar mutlak di masa dewasa. Di sekolah dasar yang berbeda, mereka melakukan hal yang berbeda. Sama dengan sekolah menengah. Meskipun buku-buku teks itu sama, para guru memiliki cara berpikir yang berbeda. Tetapi setiap guru memiliki sesuatu yang mereka yakini benar mutlak. Saya mulai berpikir bahwa mungkin orang dewasa menyajikan ide-ide tidak logis kepada anak-anak. Itu mungkin menjadi dasar bagi organisasi ideal saya.

Bagaimana seharusnya orang-orang di atas berperilaku? Mungkin ada saat-saat di mana saya menjadi sumber sesuatu yang irasional. Bagaimana saya bisa menghindarinya? Saya terus mengembangkan perusahaan sambil terus bergulat dengan masalah-masalah ini.

Salah satu perbedaan besar yang saya miliki dengan orang lain adalah bahwa saya tidak memiliki kampung halaman. Saya tidak tahu bagaimana rasanya kembali ke kampung halaman. Mungkin karena saya tidak memiliki tempat khusus untuk saya, saya ingin membuatnya. Mungkin studio ini.

Saya Ingin Orang Tahu Anime Jepang

Tolong izinkan saya mengajukan beberapa pertanyaan tentang Anda bukan sebagai CEO studio, tetapi sebagai Mizusaki sang sutradara. Sebagai sutradara Batman Ninja, pesan apa yang ingin Anda berikan kepada penggemar anime internasional?

Mizusaki: Ketika kami membuat Batman Ninja, pemikiran kami yang terkuat adalah kami ingin orang-orang mengetahui anime Jepang. Kami ingin mereka tahu apa itu anime Jepang. Kami tidak ingin memaksakan diri untuk cocok dengan orang-orang di daerah berbahasa Inggris melalui suasana atau jiwa atau semangat, tetapi membuat film untuk memamerkan berbagai manfaat anime Jepang.

Jumlah film Hollywood berdasarkan cerita Jepang telah meningkat. Banyak dari mereka telah diadaptasi dengan cara yang sangat berani. Jadi, kali ini, ketika kami diberi Batman untuk dikerjakan, kami memiliki ide “ketika di Roma, lakukan seperti yang dilakukan oleh orang Roma.”

Jika dia akan datang jauh-jauh ke Jepang, kami tidak akan membiarkan dia datang ke rumah kami dengan sepatunya. Kami akan tetap tegas meskipun dia adalah Batman. Karakter lain tidak berbahasa Inggris, dan meskipun dia mencoba untuk menang menggunakan Batmobile dan sistem komunikasinya, mereka tidak berguna. Dia harus bertarung menggunakan metode Jepang pada waktu itu. “Ketika di Roma, lakukan seperti yang dilakukan oleh orang Roma” adalah salah satu tema dari cerita.

Saya memberi tahu DC Comics dan Warner Bros. untuk menyerahkannya kepada saya dan memberi waktu agar saya dapat membuat anime Jepang menggunakan semua kekuatan yang saya miliki. Mereka mengizinkan saya untuk menggunakan karakter penting mereka, Batman, jadi saya berjanji untuk tidak merusak karakternya dan kemudian pergi dan membuat anime dengannya. DC Comics benar-benar dermawan dengan mengizinkan saya melakukan itu.

Ketika kami memutar film di WonderCon di Anaheim, saya pikir para penggemar akan benar-benar marah. Sebaliknya, bagian-bagian yang kami rancang untuk menjadi lucu atau bersemangat bisa dinikmati pemirsa dengan sempurna. Batman memiliki sejarah panjang dan ada banyak Batman yang berbeda. Ini sebenarnya adalah serial yang sangat lucu, jadi saya benar-benar senang bahwa humor yang kami sertakan di Batman Ninja dapat diterima oleh pemirsa.

Apa Itu Ide Yang Luar Biasa?

Sebelum kami memulai proyek wawancara ini, kami mensurvei 300 penggemar anime internasional dan menanyakan apa yang ingin mereka tanyakan kepada kreator anime Jepang. Pertanyaan yang paling banyak muncul adalah, “Bagaimana Anda menghasilkan ide-ide luar biasa seperti itu?”

Mizusaki: Saya tidak berpikir orang yang membuat anime merasa semua ide mereka luar biasa. Kami menghadirkan nilai dan ide kami yang kami anggap hebat tanpa rasa malu, dan kebetulan saja penonton merasa idenya luar biasa.

Saya juga berusaha untuk memikirkan penonton, sudut pandang mereka, dan bagaimana mereka menonton ketika saya memikirkan ide. Apakah itu di Youtube? Apakah mereka akan menontonnya di bioskop? Sebagai contoh, ketika saya datang dengan komedi yang sulit untuk Pop Team Epic, saya berpikir bahwa orang yang memahami referensi dan mereka yang tidak, bisa berkomunikasi satu sama lain tentang hal itu, jadi saya memutuskan untuk membuat beberapa bagian tanpa punchline lebih keras. Penonton bertugas sebagai reponden humor, jadi kami membuat klip yang akan membuat penonton bereaksi pada adegannya di media sosial.

Saya telah menghilangkan kata “motivasi” dari kosakata saya, karena wajar kalau saya harus penuh dengannya. Itu bakat. Jika Anda tidak termotivasi, maka ini bukan industri untuk Anda. Jika pembuat konten tidak didorong untuk membuat anime, maka hasilnya tidak akan menarik.

Spielberg Membuat Saya Tidak Tumbuh Dewasa

Apakah ada kreator asing yang memengaruhi Anda?

Mizusaki: Pertama, ada Michel Gondry, sutradara Eternal Sunshine of the Spotless Mind, yang memulai syuting video musik. Keahlian untuk mampu melakukan video musik untuk film panjang adalah mimpi, tetapi juga karyanya sangat bagus, seperti “Come Into My World” oleh Kylie Minogue. Itu ide yang sederhana, tetapi saya dapat menontonnya selamanya.

Ada juga Brad Bird. Iron Giant itu luar biasa. Dia awalnya bekerja di The Simpsons tetapi dia mampu menyutradarai Mission: Impossible juga. Itu luar biasa. Saya telah lama menjadi penggemar berat The Simpsons.

Saya tahu ini adalah jawaban klise, tetapi saya tidak bisa melewatkan Steven Spielberg. Ketika saya masih di kelas satu, ayah saya membawa saya dan semua teman lingkungan saya untuk melihat E.T. Film sukses besar, tapi film bahkan lebih sukses di kota kami. Suasana film, alam semesta itu… Itu menakutkan tetapi penuh mimpi. Saya menggambar begitu banyak gambar E.T. dan keriputnya. Saya terus dipengaruhi oleh dia sedikit demi sedikit, seperti dengan Jurassic Park dan Minority Report.

Mr. Spielberg tidak akan membiarkan saya tumbuh dewasa. Ketika Gundam muncul di Ready Player One, saya kembali berumur enam tahun.

Saya Ingin Orang-Orang Menikmati Pesona Anime Jepang Yang Ditargetkan Secara Domestik

Tolong berikan beberapa kata untuk penggemar anime di seluruh dunia.

Mizusaki: Saya pikir kami bisa membuat anime Jepang berkualitas tinggi sekarang, tetapi saya tidak tahu apakah itu akan berlanjut. Saya merasa was-was bahwa mungkin industri anime Jepang akan kehilangan kekuatannya.

Saya merasa seperti saya harus memberi tahu penggemar di seluruh dunia bahwa anime Jepang akan terus berlanjut. Karena saya merasa sangat bersemangat tentangnya, saya pikir semangat ini mungkin muncul di Batman Ninja.

Saya suka kalimat “Fenomena Galapagos,” mengacu pada bagaimana produk Jepang sering hanya dimaksudkan untuk pasar domestik. Karena Jepang adalah negara kepulauan, geografi dan sejarahnya menjadikannya sebuah negara yang memiliki karakteristik uniknya sendiri. Tidak ada perbatasan nasional yang menyentuh wilayah kami dan kami masih belum terbiasa dengan kerja sama internasional. Kami tidak pandai dalam hal itu.

Tapi saya pikir fenomena Galapagos itu menarik. Penting untuk tidak terpengaruh oleh standar internasional dan tetap bekerja serius pada proyek kami dengan cara yang sesuai bagi kami.

Jika fans anime di seluruh dunia ingin terus melihat karya kami, saya ingin memenuhi harapan mereka.