[JOI Spotlight] End Of Summer Season 2018 Edition

September 30, 2018 7:15 pm
[JOI Spotlight] End Of Summer Season 2018 Edition

Kita tiba di akhir musim panas untuk JOI Spotlight kali ini. Memang ada satu-dua seri yang masih berlanjut sedikit lagi namun sudah saatnya kita bersiap-siap dengan seri musim gugur yang akan hadir Oktober besok. Untuk sekarang mari kita lihat impresi akhir para staf untuk seri yang tayang minggu ini.

Asobi Asobase 12 (End)

Kaptain

Masih ada lagi episode OVA buat November & Desember, jadi belum bener-bener tamat. Anime gag favorit saya untuk musim ini karena Seiji Kishi akhirnya dikasih spesialisasinya dia. Dibandingkan komedi lain yang biasanya komedinya itu kekurung di satu episode, seringkali hal yang kesannya kayak throwaway joke macem lasernya Maeda atau anggota klub occult yang ngilang itu ada perkembangan lebih lanjutnya.

Untuk kalian yang masih belum nonton, sekedar peringatan aja kalau Asobi Asobase itu humornya yang tipenya jorok dan kadang berdarah-darah. Melihat casting anime ini yang banyak seiyuu barunya, saya harap mereka bisa dapet kerjaan lebih banyak soalnya delivery mereka tuh bagus banget.

bukan_randy

That’s one heck of a creepy baby(?). Anyway, saya nggak nyangka di satu season yang ada dua anime komedi yg cukup saya harapkan, keduanya malah agak mengecewakan dan tahu-tahu disalip jauh oleh satu seri yang saya ga pernah dengar. Moga-moga season 2-nya bisa segera tayang dengan kualitas yang terjaga, dan moga-moga seiyuu-seiyuunya makin banyak kerjaan & tenggorokan mereka selamat.

Hanebado 12

Kaptain

“I trained her wrong, as a joke”. Nggak gitu juga sih, beberapa atlit profesional emang sengaja ngelatih pake tangan non dominan mereka biat punya opsi main yang lebih banyak, seperti yang ditunjukkan Ayanon yang akhirnya pake tangan kanan. Getting close, tapi anime ini masih belum bener-bener fix ngakuin kalau Uchika bener-bener harus disalahin karena masih aja ngeles “demi kebahagiaan badminton”.

Planet With 12 (End)

Kaptain

Soya yang memaafkan si Naga emang tipikal banget cerita Mizukami yang nggak peduli sejelek apa situasinya itu selalu punya pandangan yang optimistis untuk manusia. Si Naga emang cuma dikenal sebagai “bencana alam” di cerita ini, tapi momen saat diungkap bahwa masa paling bahagianya adalah sebagai manusia dengan keluarga was very touching.

Great anime yang bisa jadi amazing anime kalau dikasih 2-3 episode lagi. Anime dengan pacing yang sangat disiplin dan episode yang padat karena Mizukami dah “selesai” ngerjain keseluruhan storyboard dari awal, makanya ke-12 episode bisa dipake semaksimal mungkin. Saya suka anime ini, cuma saya harap manganya bisa lebih nyeritain para karakternya lebih lanjut.

Kalau ini seri Mizukami pertama kalian, buruan baca manganya dia. Yang mana aja ga masalah baik seri penuh, one-shot, ataupun coretan FGO dia. Karya dia itu minimal bagus.

Shingeki no Kyojin 10

Etherlite

Jadi Kenny pengen mewarisi the First King untuk mencoba memahami temannya? That’s a nice end to the arc.

Angolmois 12 (End)

Kaptain

Skor akhir: Teru, Kuchii, dan beberapa warga sipil. Sesuai dugaan saya di awal musim, ini emang adaptasi seri Seinen dengan kualitas produksi yang pas-pasan. Anime yang ngeadaptasi konflik yang di Wikipedia aja cuma dapet 3 kalimat ini saya rasa lebih cocok jadi film melihat keseluruhan ceritanya muat buat film 90 menit.

Kalau kalian masih tertarik dengan perang ini, game Ghost of Tsushima itu dimulai di hari kesembilannya.

High Score Girl 12 (End)

Kaptain

Heartboner the episode. Masih ada 3 OVA buat Maret nanti. Seri non-komedi favorit saya untuk musim ini yang sayangnya nggak banyak ditonton kemungkinan karena eksklusifitas Netflix dan episode pertama yang lemah. Padahal anime ini kualitasnya nggak pernah berhenti naik sejak episode pertamanya dan ngasih banyak nilai tambah buat manga yang pada dasarnya itu bagus lewat footage asli game dan animasi 3DCG yang mendingan.

Bakal bicara lebih banyak lagi di review akhir, expect it soon.

Hataraku Saibou 13 (End)

Kaptain

Untung aja budgetnya bisa tahan untuk episode klimaks ini. Mungkin karena nggak seperti kanker kemarin yang berat di aksi dan ngelibatin banyak jenis sel, bahaya kali ini lebih fokus ke eritrosit yang berjuang di dunia yang mulai sepi karena sekarat. Darah baru yang masuk bagusnya nggak sekedar beda seragam aja, tapi beda logat juga.

Hataraku Saibou itu seri yang aman banget direkomendasiin ke siapapun. Isinya edukasional dan karakternya juga atraktif dan relatif gampang di cosplay, oleh karena itulah wajar kalau seri ini sukses secara mainstream. Sekarang masalahnya adalah mana yang bakal terjadi duluan, sekuel anime ini atau spinoff macam Black.

Revue Starlight 12 (End)

Kaptain

Reveal akhir tentang identitas si Jerapah sebagai perwakilan penonton itu bagus, begitu juga penggunaan Tokyo Tower sebagai “senjata” akhir. Cuma ngeganti ending Starlight yang diadaptasi panggungnya itu tragedi ke happy ending itu ya udah jelas banget. Kayaknya kedepannya kelas 99 mesti peringatin siswi baru untuk menjauh dari lift yang mencurigakan, “kalau ngeliat jerapah langsung segera minggat.”

Saya nggak benci dengan tema dan ceritanya, cuma saya akui yang bikin saya tahan dengan anime ini sampai akhir adalah kualitas produksi dan sinematografi yang berkualitas. Saya rekomendasiin anime ini untuk mereka yang demen anime flamboyan macem buatan Ikuhara.

Fate/Grand Order

Etherlite

Setelah exhibition match 1-3 yang relatif mudah, Taiga kampret menguras sanity di exhibition match 4. Eventnya sendiri di-extend 2 hari karena mereka butuh waktu lebih untuk tuning exhibition match 5. Lumayan untuk menambah waktu farming, saya sendiri belum mulai farming serius, sekarang masih di box 21.

Exhibition 5 sendiri… terlalu njelimet jadi pusing, awalnya saya masih mencoba mengikuti permintaan dia tapi lama-lama capek, ganti setup, babat habis tanpa pikir panjang pakai Ozy.

Dragalia Lost

Kaptain

Saya nggak jauh main game ini berhubung saat saya ngeliat ada sistem uncap macem GBF (item aja sama) dan ngebayangin hellgrind yang bakal dilibatkan, saya langsung nyerah. Game ini itu Action RPG, dan saya juga nggak ada waktu buat mobage yang nggak bisa “ditinggal”, makanya saya masih tahan FGO (yang turn based) dan GFL (yang auto turn based). Kualitas produksinya bagus dan penggunaan lagu dari album Daoko itu bizzare in a good way.

NanaMiku

Saya cukup antusias dengan Dragalia Lost karena saya bisa dibilang fanboy Nintendo dan Cygames itu salah satu developer game mobile yang saya sukai. Untuk gameplay action RPG-nya cukup mirip dengan Shironeko Project atau Battle Girl High School, tetapi untuk sistem lainnya cukup menyerupai GBF (tidak aneh, mengingat dibuat oleh Cygames juga).

Untuk impresi sejauh ini sih game-nya cukup fun dan saya cukup tertarik dengan ceritanya. Sejauh ini yang mengecawakan itu adalah persentase gacha (*5 hanya 2% dan gacha-nya campur ala FGO, tapi ini ada 3 tipe) dan kontrol pada saat battle masih sedikit kurang polished. Untuk soal grindfest masih belum bisa banyak bicara karena belum merasakan, tapi cukup terlihat “menyeramkan.”

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa seri favorit kalian untuk musim panas ini? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: ReDrop