Komik ‘Cloverlines’ Debut di Kickstarter untuk Menggalang Dana Cetak Internasional

October 5, 2018 7:20 pm
Komik ‘Cloverlines’ Debut di Kickstarter untuk Menggalang Dana Cetak Internasional

Ababil “Ash” Ashari, projek lead komik Cloverlines, bekerja sama dengan Webcomics Hub, komunitas pencinta webkomik berbasis di Inggris, sedang menggalang dana untuk print run internasional pertama Cloverlines. Video promo Kickstarter Cloverlines bisa di simak di bawah.

Cloverlines adalah komik komedi dengan semangat yang menggabungkan estetika warna-warna neon dari Macross, dan sensibilitas musik Vocaloid!

Ceritanya berawal dari Yuuki, seorang gitaris dengan mimpi untuk menjadi bintang rock terbesar di Milky Way. Ia kemudian bertemu Cloverlines, sebuah band yang dipimpin oleh gadis berambut biru yang nekat bernama Aimi Hoshikawa. Cloverlines baru saja kehilangan lead guitarist mereka, beberapa jam sebelum Cloverlines akan melangsungkan debut streaming untuk seantero galaksi.

Yuuki juga bertemu Damon, bassis sekaligus manager band yang pragmatis, dan Rinne, sebuah gynoid yang diprogram untuk bermain drum (alias literal drum machine), juga Karen, eksekutif Omnii Musik yang secara terang-terangan berusaha untuk melakukan sabotase pada band Cloverlines.

“Sangat menyenangkan untuk menulis karakter-karakter tersebut.” ungkap Wednesday Ash. “Dan ketika melihat subscriber terus menerus bertambah setiap bulan di Line Webtoon Discover dan Tapas, rasanya sangat luar biasa! Melihat banyaknya minat untuk komik fisik pertama Cloverlines dari subscribers kami, ya… Kami mesti mencobanya lah!”

Sementara Ash yakin dengan minat yang dapat mendukung penggalangan dana untuk komik fisiknya, Ash membutuhkan bantuan yang lebih stabil. Saat itulah ia bertemu Nen.

“Saya rasa Cloverlines bisa mendapatkan audiens yang lebih besar melalui komik fisiknya. Kemudian karena teman saya sendiri, Ash, yang meminta bantuan saya… Saya tidak bisa berkata tidak, haha!” ucap Nen yang kemudian menjelaskan hubungan baik antara server Discord “Webcomics Hub” miliknya dengan tim kreatif Cloverlines. “Mungkin akan ada lebih banyak orang yang tertarik dengan web comic dan menemukan komunitas yang baik, dimana mereka dapat menemukan banyak teman baru seperti yang saya alami.”

Karena memiliki setting cerita di masa depan, Cloverlines mesti mengusung tema fashion yang futuristik. AsteRiesling bercerita mengenai pengalamannya saat membuat karakter, “Membuat design karakter yang berada di masa depan itu menyenangkan tapi juga menantang. Saya rasa, saya masih harus banyak belajar dan mengeksplor aspek-aspek futuristik pada tiap karakter. Tapi sangat saya senang para pembaca sudah bisa menikmatinya.”

“Bukan main! Ini mimpi saya yang saya pikir tidak akan pernah jadi nyata! Kerja keras memang tidak pernah mengkhianati.” tambah lead illustrator, Nachacobana. “Dan bagaimana kami bisa berada di sini, tentu tidak bisa lepas dari dukungan tim kreatif Cloverlines dan juga pembaca!”

Jika Cloverlines Kickstarter ini telah memenuhi target, backers akan mendapatkan komik fisik, album digital lagu-lagu Cloverlines, juga art print ekslusif Kickstarter. Semua reward fisik akan dicetak oleh Ka-Blam.

“Hal tersulit dalam crowd funding seperti ini adalah eksekusinya. Salah satu alasan kenapa kami memilih Kickstarter juga karena kecemasan kami saat benar-benar mengirimkan reward–barang hasil penggalangan dananya.” jelas Ash. “Tapi dengan Ka-Blam yang menyediakan jasa printing dan pengirimannya, saya jadi tenang karena hal itu dikerjakan oleh profesional.”

Kampanye Kickstarter untuk Cloverlines #1 sudah dimulai sekarang untuk review dan pledging.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Cloverlines, ayo segera cek melalui Cloverlines.com !